Kejutan Paket Alat Lukis untuk si Noni


Era pandemi kian menjadi. Si Noni memang sudah masuk kelas 1 SD di Tahuan Ajaran ini semestinya. Namun pandemi corona bin covid-19 belum memungkinkannya belajar secara tatap muka di kelas dengan guru dan teman-teman. Ya, sebagaimana sebagian besar anak-anak di belahan bumi manapun, anak kami juga harus menjalani sekola di rumah. Orang mengistilahkannya secara lebih keren sebagai school from home, SFH.

Secara umum, mata pelajaran siswa kelas 1 SD masih cincai lah. Untungnya semenjak TK, si Noni sudah bisa membaca dengan lancar. Walhasil ketika dengan sistem SFH seringkali guru memberikan tugas untuk membaca buku tematik halaman sekian dan mengerjakan tugas di halaman sekian, dia sudah lumayan cak-cek. Meskipun demikian, pola pembelajaran kelas rendah dengan mengandalkan alat komunikasi jarak jauh tentu seringkali menimbulkan beberapa kendala ataupun hambatan. Oleh karena itu peran orang tua untuk turut mendampingi buah hati menjadi senantiasa penting.

Diantara mata pelajaran di sekolah, adalah justru mata pelajaran yang berkaitan dengan pengembangan keseimbangan motorik siswa tidak tertangani dengan baik. Katakan saja, seperti mata pelajaran olah raga dan kesenian. Ada aktivitas kebersamaan dengan guru dan teman dalam dalam kedua mata ajar tersebut semestinya mau tidak mau harus digantikan dengan peran dan dukungan dari keluarga.

Terkait pelajaran seni lukis alias menggambar, memang dalam beberapa kesempatan guru pernah menugaskan anak untuk melukis kreasi bentuk dasar jari dan telapak tangan. Bu Guru hanya memberikan link contoh hasil gambar di dunia maya. Sungguh tak mudah bagi anak kecil untuk dapat secara langsung menemukan ide kreatifnya setelah menonton video yang dimaksud. Dalam hal seperti inilah, orang tua harus turun tangan untuk mengarahkan dan membantu anak.

Dalam kesempatan lain, Bu Guru menugaskan anak kami untuk menggambar dengan cat air. Dari dua penugasan tersebut, pengamatan kami menyimpulkan bahwa si Noni enjoy dan menikmati aktivitas menggambar sebagaimana ditugaskan Bu Gurunya. Akan tetapi, di sisi lain nampak pula ekspresi yang tertahan. Dari obrolan yang selalu kami pancingkan, dia ingin menggambar begini-begitu dengan ide yang sungguh berbinar. Akhirnya ketika kami tawarkan untuk mencoba melukis di atas kanvas, dia sedemikian antusias.

Satu ketika kami berkunjung ke toko buku di mall kampung sebelah, si Noni sangat semangat menuju pojokan alat lukis. Ada kanvas dengan beberapa ukuran, ada kuas dan palletnya, ada beragam pewarna mulai cat air, cat akrilik, hingga cat minyak. Sayangnya yang membuat kami selaku orang tua menjadi tidak tega adalah label harga pada benda-benda tersebut yang terbilang mahal untuk ukuran kami. Jadilah kami urung membeli dan berniat untuk terlebih dahulu searching alat-alat tersebut di toko online. Tentu harapannya mendapatkan harga yang lebih “rasional”.

Melalui penelusuran di toko online, syukurnya kami menemukan penjual alat tersebut yang mematok harga jauh lebih murah dibandingkan di toko buku yang kami tengok beberapa hari sebelumnya. Jadilah kemudian terpesan empat papan kanvas ukuran kecil serta dua kanvas ukuran sedang, termasuk beberapa botol kecil cat akrilik warna dasar, merah, biru, kuning, hitam dan putih. Beberapa hari kemudian, pesanan itu tiba di rumah kami. Luar biasa man-teman, si Noni sedemikia gembira menerima paketan alat lukis tersebut. Seperti apakah ekspresi kegembiriaannya? Silakan simak selengkapnya video di atas. Hayuukk.

Ngisor Blimbing, 19 September 2020

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang rakyat kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Bocah dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s