Taman Lalu Lintas Alam Sutera


Metode atau cara pembelajaran banyak rupa, banyak ragam. Salah satu metode pembelajaran yang efektif bagi si buah hati adalah dengan melihat dan mempraktekkan hal baru yang tengah dipelajari. Terkait edukasi perilaku berlalu lintas, taman lalu lintas menjadi wahana yang menarik untuk menanamkan kesadaran berperilaku lalu lintas secara benar, santun, dan bijak. Salah satu taman yang saya maksudkan ada di area Taman Danau Alam Sutera, Kota Tangerang.

Berada di salah satu tepi danau Alam Sutera dan menjadi bagian dari taman secara keseluruhan, taman tematik yang menarik ini menempati area kurang lebih 500 m2. Beberapa lintasan lurus, melengkung, berbelok, melingkar menjadi bagian utama dari jalur jalan yang ada. Jalur lintasan tersebut dibuat sedemikian rupa menyerupai jalur jalanan yang sesungguhnya. Ada marka jalan, ada jalur petunjuk arah, bahkan di beberapa titik lengkap zebra cross tempat menyeberang para pejalan kaki.

Di sepanjang tepian jalur jalanan, dilengkap pula dengan berbagai rambu lalu lintas. Ada tanda peringatan untuk berhati-hati dengan dasar rambu warna kuning, ada arahan atau petunjuk dengan dasar rambu warna hijau, ada pula rambu larangan dengan dasar warna merah ataupun warna putih dengan lingkaran merah di tepiannya. Ada pula nama-nama jalan di setiap ujung masuk suatu ruas jalan. Dari berbagai rambu tersebut kita dapat mengenal, mengerti, memahami untuk selanjutnya menaati dan menerapkannya saat berkendara atau berlalu lintas di jalanan yang sesungguhnya.

Taman Lalu Lintas sebagai suatu taman tematik secara umum memang ditujukan sebagai salah satu sarana dan wahana mengedukasi anak-anak. Semenjak dini alangkah baiknya jika anak-anak sudah memahami tata cara berlalu lintas yang aman dan selamat. Anak-anak menjadi paham tentang aturan marka jalan, rambu arah jalan, rambu tempat parkir ataupun dilarang parkir, rambu larangan berhenti dan lain sebagainya. Dengan tertib berlalu lintas keselamatan diri sendiri, pengguna jalan yang lain, ya pejalan kaki akan lebih terjamin

Taman Lalu Lintas Alam Sutera sudah beroperasi selama lebih dari 3 tahun. Tempat ini menjadi spot favorit bagi anak-anak untuk berlatih sepeda, skate board, ataupun sepatu roda. Di akhir pekan, terutama saat Sabtu dan Minggu pagi, taman ini dipadati anak-anak dan pengunjung lain untuk bersantai sambil mengingat atau mengenalkan berbagai rambu-rambu lalu lintas yang harus ditaati bersama. Mengajak anak bermain di Taman Lalu Lintas tentu akan sangat mengasyikkan bagi buah hati kita. Taman ini terbuka untuk umum dan gratis.

Ngisor Blimbin, 22 Juli 2020

 

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang rakyat kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Kenyung dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s