Ranah Bocah, Rumah Ramah Bocah


Masa bocah merupakan penggal rentang masa yang sungguh menentukan perjalanan hidup seseorang. Masa bocah menjadi titik pijak awal seseorang untuk mulai mengenal dan menjelajah dunia. Ya di dalam dunia alam pikir, maupun dunia nyata atau alam fisik. Salah satu cara seorang bocah dapat mengenal dan menjelajah dunia ya dengan dolan lan dolanan, dengan main, bermain, dan permainan.

Jaman memang terus berputar. Sebuah keniscayaan bahwasanya waktu terus melaju. Dolanan atau macam permainan yang dimainkan oleh para bocah dari masa ke masa tentu senantiasa berubah, senantiasa berkembang, bahkan senantiasa berganti mengikuti tuntutan jaman. Di masa lalu, para bocah dalam melakukan permainannya lebih didominasi dengan berbagai permainan tradisional yang masih lebih bersifat fisik. Di masa kini, dimana teknologi sudah sedemikian berkembang dan perangkat canggih seperti smartphone telah menjadi pegangan bocah semenjak balita, tidak mengherankan jika para bocah seringkali lebih asyik dengan berbagai permainan online alias game online.

Dunia bocah adalah dunia bermain. Bermain dengan ragam game online memang tidak sepenuhnya tidan berguna. Ada banyak aplikasi game online yang bisa sekaligus dijadikan sarana bermain dan belajar. Namun demikian tak sedikit pula jenis game online yang lebih dominan unsur bermainnya daripada belajarnya. Akibatnya unsur kesenangan seringkali menjadi tujuan para bocah saat memainkannya. Tak mengherankan jika si bocah kemudian lebih asyik dengan permainannya daripada belajar. Belajar menjadi dikesampingkan, bahkan dilupakan. Berapa banyak kasus bocah kecanduan game online hingga perkembangan kecerdasannya terhambat, bisa jadi malah sekolahnya berantakan. Dalam situasi seperti inilah kita semestinya kembali menengok berbagai jenis permainan bocah tradisional yang syarat pesan dan nilai luhur.

Gemerlap dunia games online hanyalah salah satu sisi dunia maya yang seringnya tak ramah anak. Dengan pertimbangan tersebut bisa jadi semua kalangan yang senantiasa peduli dengan gerak tumbuh kembang anak sudah selayaknya untuk menggagas content-content positif dan ramah anak di dunia maya. Latar belakang inilah yang mendorong kami untuk turut mengambil langkah kecil dengan menghadirkan Ranah Bocah.

Ranah Bocah, alias area anak. Ranah Bocah, rumah ramah para bocah. Ranah Bocah merupakan rumah bocah di dunia maya yang ingin menggali, mengembangkan, dan menghadirkan berbagai content ramah anak. Harapannya anak-anak semakin memiliki banyak pilihan akses dunia online yang di samping mengandung unsur permainan yang menyenangkan atau menggembirakan namun sekaligus juga membawa unsur pendidikan dan pembelajaran untuk turut mengembankan jati diri, karakter, wawasan, dan tentunya kecerdasan anak-anak kita.

Niat, tekad, serta semangat langkah kecil kami dengan Ranah Bocah semoga menjadi benih yang dapat terus bertumbuh kembang dengan baik.

Ngisor Blimbing, 4 Juni 2020

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang rakyat kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Budaya dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s