IconSiam: Icon Mallnya Tepian Chao Phraya Bangkok


ENAM HARI LIMA MALAM BERTUALANG KELUARGA KE BANGKOK (18)

Siam mirip pengucapannya dengan Syam. Siam ada di Asia Tenggara, sementara Syam berada di wilayah Timur Tengah tepatnya kini di wilayah Syuriah. Siam sendiri merupakan nama klasik dari Kerajaan Thailand atau yang dikenal juga sebagai Muangthai. Nama Siam kini seolah hanya tinggal tersisa sebagai nama teluk luas yang berhadapan langsung dengan garis pantai Kota Bangkok. Teluk Siam bahkan membentang sepanjang garis pantai timur Negeri Thailand, pantai selatan Kamboja hingga Vietnam. Teluk ini juga berdampingan langsung dengan Laut China Selatan yang kini kita namakan dengan Laut Natuna Utara.

Nama Siam secara sosiokultural tentu sangat mengakar di sanubari setiap warga Negeri Gajah Putih. Bahkan tidak sedikit fasilitas modern bin kosmonitan terkini di Kota Bangkok mengadopsi nama Siam, salah satunya yang terbesar adalah IconSiam.

IconSiam merupakan sebuah mall megah nan mewah di pinggiran aliran Sungai Menam Chao Phraya. Keberadaannya yang di sisi tepi barat sungai menjadikan kebanyakan pengunjung mall tersebut mengakses ke mall menggunakan sarana transportasi air yang melintasi dari dermaga Saphan Taksin. Enaknya lagi IconSiam mall secara khusus melakukan “ jemput bola” dengan menyediakan free shuttle boat. Dari arah Stasiun Saphan Taksin, kita harus berjalan menuju sisi kanan dermaga. Tepat di depan pintu dermaga terdapat jalur khusus antrian IconSiam free shuttle boat. Kita tinggal antri, naik kapal, duduk menikmati kesibukan jalur air Chao Phraya, dan tak seberapa sampai di IconSiam.

Dari tengah sungai Chao Phraya, IconSiam sudah akan segera nampak menjulang tinggi. IconSiam memiliki desain arsitektur yang sangat modern namun unik. Bangunan yang memiliki Sembilan lantai utama menjadikannya sungguh menonjol dibandingkan bangunan lain di sisi kiri kanannya. Mall ini memang menawarkan wisata belanja alias shopping tourism. Bagi wisatawan yang hoby belanja, IconSiam bisa menjadi pilihan. IconSiam terutama melayani segmen pembelanja high class society.

Sebagai mall for high class society tentu saja berbagai barang yang dijual juga merupakan barang-barang kelas mewah, alias barang bermerk bin branded, alias tentu saja barang tidak murah bahkan super mahal. Namun demikian, bagi pengunjung dengan kantong pas-pasan, setidaknya IconSiam tetap memberikan layanan wisata cuci mata yang tetap gratis. Sekedar jalan-jalan, melihat suasana tentu IconSiam akan memberikan satu pengalaman yang tetap unik dan menarik.

Di lantai IconSiam mall, pengunjung dapat menikmati outdoor longe semacam balkon raksasa. Sebuah area terbuka yang didesain sebagai taman atap langit. Di tempat tersebut, pengunjung dapat langsung merasakan teriknya sinar matahari. Pengunjung dapat menikmati semilir angina Teluk Siam yang berhembus menuju daratan di sisi utara. Di sini pula pengunjung akan dapat dengan leluasa melepas pandangan ke sisi hulu-hilir sungai Chao Phraya yang melintas tetap di depan mall. Perahu tempel kecil, kapal penumpang, kapal ferry, hingga perahu tongkang yang hilir mudik beraktivitas dapat dilihat dari sisi atas melalui outdoor longe ini.

Kehadiran pengunjung di outdoor giant balcon of IconSiam mall akan terasa lebih mengesankan dengan mengabadikan kunjungan dengan berfoto ria di area taman buatan yang tertata dengan asri. Meskipun taman buatan, bukan berarti pepohonan atau rerumputan yang ada palsu. Semua vegetasi tanaman yang ada sungguh merupakan tanaman yang asli, yang bertumbuh, yang berfotosintesa sehingga menghadirkan pasokan oksigen yang menyegarkan di siang hari. Ada beberapa kolam berair mancur di beberapa sisi yang menghadirkan suasana keasrian yang semakin membuat kerasan pengunjung.

Di samping berfoto dengan latar sunga Chao Phraya ataupun taman buatan yang ada, di beberapa spot dari outdoor longe of IconSiam mall ini juga tersedia spot berfoto yang sungguh ciamik bin asyik. Ada bola-bola raksasa yang di malam hari dapat menyala. Ada kota kubus raksasa dan beberapa bentuk bangun tiga dimensi yang juga menyala berwarna-warni di malam hari.

Selayaknya sebuah mall, IconSiam mall tidak hanya memanjakan pengunjung dengan aktivitas belanja. IconSiam Mall juga memberikan kemanjaan bagi buah hati dengan berbagai sarana permainan. Ada area took buku anak. Ada area took mainan khusus anak. Ada berbagai stand ataupun event yang digelar khusus untuk anak, semisal area mewarnai gambar ataupun lomba bongkar-pasang Menara balok. Lebih mengasyikkan lagi di lantai atas tersedia pula wahana permainan anak, semacam TimeZone-lah. Di wahana tersebut, anak-anak dapat mencoba keberania meluncur di plosotan pipa yang tinggi dan panjang. Ada area permainan olah raga, ada area ketangkasan, bahkan luncuran flying fox.

 

IconSiam Mall tentu juga menyediakan tenand restoran yang menawarkan puluhan sajian kuliner khas mall. Pengunjung dapat memilih untuk mencicipi sajian tradisional hingga yang paling modern, yang asli Thailand maupun masakan internasional dari berbagai penjuru dunia.

Ada satu lagi sajian gratis yan dapat dinikmati pengunjung. Pertunjukan air mancur menari atau fountain dancing. Pada setiap pukul 16.00 sore, air mancur akan meliuk-liuk, bergerak indah dan menari diiringi music yang mendayu. Lagu-lagu tradisional Thailand hingga lagu manca bergema mengiringkan setiap gerakan air mancur yang mengundang kekaguman bagi setiap penonton. Meskipun merupakan high class mall, namun saat pertunjukan air mancur menari sisi pelataran depan mall yang masih tetap terik tertimpa sinar mentari sore akan senantiasa dipenuhi oleh pengunjung yang rela duduk berlesehan ria, menggelesot di atas lantai tanpa alas untuk memelototi setiap gerak air mancur. Tidak hanya menari sekali, ada beberapa sesi air mancur menari di malam hari yang tentunya menghadirkan sensasi warna-warni lampu yang lebih menarik.

Dalam momen-momen tertentu, bahkan hampir di setiap weekend, di pelataran sisi kanan maupun kiri juga sering digelar pertunjukan music dengan tata panggung, lampu hingga sound system yang ciamik. Jika momentum kunjungan ke IconSiam Mall tepat, tentu tidak ada salahnya jika kita turut menikmati sajian pertunjukan yang akan membawa kenangan tersendiri bagi kunjungan kita ke Bangkok. Ke high class mall selayaknya IconSiam Mall bukan berarti harus berbelanja kan? Jalan-jalan, cuci mata, dan menikmati segala kegratisan yang ada tentu juga sudah cukup. Monggo.

Tepi Merapi, 25 Februari 2020

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang rakyat kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s