Lintas Kereta Kolong Phaya Thai


ENAM HARI LIMA MALAM BERTUALANG KELUARGA KE BANGKOK (5)

Kereta api bisa merupakan moda transportasi masal yang sudah ada pasca revolusi industri. Hampir semua kota besar di dunia memiliki atau terhubung dengan moda transportasi yang satu ini. Demikian halnya dengan Bangkok, ibukota Negeri Gajah Putih. Untuk jalur kereta api antar kota, jalur Hat Yai di ujung selatan yang bersambung ke jalur Kuala Lumpur hingga Singapura, terhubung langsung dengan Bangkok dan Ciang May di ujung wilayah utara Thailand.

Meskipun Bangkok modern telah difasilitasi dengan moda kereta layang (Bangkok Mass Transit System, skyline BTS) dan kereta bawah tanah (subway, MRT), namun sisa masa awal angkutan masal kereta api di kota ini masih beroperasi hingga hari ini. Ada beberapa jalur kereta tersebut yang masih berbasis kereta api diesel alias KRD. Kereta KRD yang melayani penduduk Bangkok umumnya sudah berumur, bahkan sangat tua. Salah satu jalur KRD Bangkok melintasi kolong jalan raya dan berpotongan sebidang dengan jalan raya yang lain. Lintas kereta api di sekitaran Phaya Thai Road ini menjadi menarik dan menjadikannya sebagai sebuah pemandangan yang unik.

Di beberapa situs online, bahkan Youtube, mungkin kita pernah menyaksikan sebuah kereta api diesel yang tengah melintas pelan di tengah pasar. Di Thailand sendiri kereta api lintas pasar tersebut memang ada. Lokasi tepat berada di sekitar Pasar Maeklong, 75 km sebelah barat daya Bangkok. Tentu lumayan jauh dan memakan waktu untuk menuju Maeklong. Hal ini tidak menjadi persoalan jika kita memiliki waktu kunjung yang lama di Bangkok. Namun jika kita memiliki keterbatasan waktu, pemandangan unik yang tidak terlalu jauh berbeda dapat kita nikmati di perlintasan kereta api Phaya Thai tadi.

Memang di area perlintasan kereta api Phaya Thai Road tidak ada pasar besar. Yang ada sebenarnya sekedar deretan pedagang kaki lima dan beberapa warung atau toko semi permanen yang cukup padat berhimpit. Di lokasi juga terdapat deretan bangku kayu di tepian trotoar sisi selatan jalur rel yang ternyata berfungsi sebagai bangku tunggu sekaligus peron untuk calon penumpang.

Pada saat menjelang perlintasan dari sisi barat, kereta api akan berhenti sejenak. Seorang petugas berbendara dan memakai baju seragam kusut mengibarkan bendera merah. Kereta api berhenti. Calon penumpang yang sebelumnya sudah menunggu segera naik ke dalam gerbong penumpang. Mereke tidak perlu membeli tiket terlebih dahulu. Pembayaran ongkos naik kereta ditarik oleh kondektur di dalam kereta. Saya sendiri sempat tidak mengerti melihat pemandangan sebuah stasiun yang teramat terbuka tanpa pembatasan akses masuk-keluar. Hal ini mengingatkan saya pada stasiun-stasiun kereta api di Jakarta sebelum eranya Jonan dimana areanya masih terbuka, tidak ada pembatasan akses massa dan semua orang bebas keluar masuk stasiun.

Ada satu lagi hal yang cukup perhatian, bentuk dari palang pintu perlintasan kereta api dengan jalan raya. Warna memang sama dengan warna palang perlintasan rel di tanah air, merah berselang-seling warna putih. Namun bentuknya sedikit berbeda. Jika palang pintu perlintasan kereta api di negara kita berbentuk batang lurus sepang kurang lebih setengan lebar jalan, maka palang di sini justru berupa batang patah. Pada posisi kereta api sedang tidak melintas, palang tersebut ditekuk di sisi tengah membentuk sudut siku. Saat kereta melintas sudut siku tersebut diluruskan dan melintang sempurna di tengah jalan raya.

Ngisor Blimbing, 14 Januari 2019

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s