Buku Kebijakan Nasional Pengangkutan Zat Radioaktif


Kegiatan pemanfaatan tenaga nuklir dalam bentuk penggunaan zat radioaktif di tanah air terus mengalami peningkatan, baik untuk tujuan penelitian dan pengembangan serta rekayasa, maupun penerapan di bidang kesehatan, industri dan pertanian. Penggunaan zat radioaktif tidak terlepas dari dukungan kegiatan pengangkutan zat radioaktif. 

Truck icons flat set with logistics radioactive materials food international transport isolated vector illustration

Mengingat dan mempertimbangkan potensi risiko bahaya radiasi yang menyertai zat radioaktif pada saat melewati area publik, setiap pemangku kepentingan yang terkait perlu memiliki pemahaman yang mendalam mengenai kebijakan nasional yang menggariskan ketentuan dan persyaratan pengangkutan zat radioaktif dengan mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2015 tentang Keselamatan Radiasi dan Keamanan dalam Pengangkutan Zat Radioaktif secara langsung maupun tidak langsung merupakan kebijakan nasional yang berlaku di negara kita. Rumusan peraturan perundang-undangan dengan bahasa formal yuridisnya seringkali tidak serta-merta mudah dipahami oleh setiap pemangku kepentingan. Dengan demikian dibutuhkan uraian dan penjelasan yang lebih teknis, terperinci, dan panjang lebar. Untuk itulah buku Kebijakan Nasional Pengangkutan Zat Radioaktif: Telaah Teknis Yuridis Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2015 ini hadir.

Buku Kebijakan Nasional Pengangkutan Zat Radioaktif: Telaah Teknis Yuridis Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2015 ini merupakan buku yang pertama dan satu-satunya yang mengupas tuntas klausul-klausul pengaturan dalam bahasa yuridis menjadi penjelasan-penjelasan yang bersifat teknis. Buku ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi semua pihak yang terkait, mulai pemegang izin penggunaan zat radioaktif selaku pengirim atau penerima, personil atau perusahaan jasa pengangkutan, termasuk para akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang pengangkutan barang atau bahan berbahaya.

Buku ini memuat materi pengertian pengangkutan zat radioaktif, landasan hukum pelaksanaan pengangkutan, teknis keselamatan radiasi, teknis keamanan, ketentuan manajemen, kesiapsiagaan dan penanggulangan kedaruratan, tata laksana, serta sanksi yang diberlakukan.

Dengan pemahaman yang baik mengenai ketentuan dan persyaratan yang berlaku, setiap pemangku kepentingan diharapkan dapat melaksanakan kegiatan pengangkutan zat radioaktif secara syah (aspek legal yuridis), maupun secara selamat dan aman (aspek teknis). Dengan demikian potensi bahaya radiasi yang menyertai kegiatan pengangkutan zat radioaktif dapat diminimalisasi guna menjamin keselamatan dan keaman bagi personil, anggota masyarakat, dan kelestarian lingkungan hidup.

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Sastra dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s