Asyik Ngulik TIK di ITCamp2019


Gelombang revolusi industry 4.0. Apa gerangan itu? Semua serba alat digital. Semua serba computer. Semua serba alat cerdas. Semua serba online. Pendek kata semua serba internet, internet of things. Ilmu, pengetahuan, ketrampilan di bidang computer atau IT memerankan posisi yang sangat penting. Dengan demikian penguasaan IT menjadi sangat penting pula bagi sebuah negara.

 

Keberadaan dunia informasi yang tersaji melalui internet yang sangat terbuka menjadi peluang bagi siapapun untuk menggali hal-ihwal per-IT-an. Tidak harus sekolah atau kuliah di jurusan IT, bahkan orang awampun berkesempatan luas untuk menguasai IT. Proses pembelajaran dan penguasaan IT akan semakin menguat apabila masing-masing individu dapat saling berjejaring, baik antar personal, dalam suatu wadah komunitas, ataupun fasilitasi dari pemerintah.

Onno W Purbo merupakan tokoh yang semenjak awal terjun menekuni seluk-beluk dunia internet. Lebih dari 40 tahun masa perjalanan karirnya didedikasikan untuk turut merintis dan memajukan dunia per-internet-an di negara kita.  Salah satu bentuk dedikasi Kang Onno adalah kehadiran IT Camp. IT Camp merupakan simpul pembelajaran IT yang diselenggarakan secara santai di alam terbuka. Berkemah sambil belajar IT. Keren kan?

ITCamp2019 telah dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu lalu, 14-15 September 2019 di bumi perkemahan Citra Alam Lakeside, Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Dengan mengambil tema besar Big Data Hacking, camp ini menarik antusiasme dari 130-an peserta dari Jabodetabek, Jogja, Lamongan, Blitar, Palembang, bahkan Lombok dan Banjarmasin. Setelah sukses digelar beberapa kali, ITCamp senantiasa dinanti. Kalangan praktisi, akademisi, mahasiswa, remaja, bahkan ada pula beberapa peserta siswa SD yang tidak mau ketinggalan hadir di camp IT yang dikelola oleh Onno Center International ini.

Selain Kang Onno sendiri, beberapa narasumber praktisi IT turut mengisi sesi materi di ITCamp 2019 kali ini. Marsekal Madya Hari Pramono mengajari bagaimana mengembangkan server jaringan menggunakan aplikasi teknologi docker. Ia dapat disebut sebagai satu-satunya seorang perwira tinggi TNI AU yang menguasai dengan sangat ahli ilmu IT dan mampu membangun server aplikasi jaringannya sendiri. Aplikasi docker yang berbasis opensource sangat cocok diterapkan untuk memperluas jangkauan jaringan internet berbiaya relative murah.

Ada Ari Tjahyono, pakar jaringan fiber optic dari Fiberstar Indonesia. Seluk beluk aplikasi layanan fiber optic yang telah dikembangkan dan dibangun di Indonesia dijelaskannya secara terperinci. Pada sesi ini peserta juga diajak untuk berpraktikum dengan berbagai jenis kabel atau serat optik. Bagaimana mengenali tipe, jenis, sifat dan spesifikasi teknis serat optic dikenalkan. Bagaimana memaotong, menyambung, mengeset, menguji, hingga mengoperasikan jaringan berbasis kabel optik juga dipraktikkan.

Ada lagi Ismail Fahmi, seorang praktisi big data hacking. Khusus untuk materi dari Mas Ismail, ia memberikan teknik-teknik pengolahan big data untuk melakukan analisis dengan berbagai tujuan. Pada intinya ia menekankan agar keberadaan big data yang luar biasa saat ini bisa didayagunakan untuk turut mendorong kemajuan bangsa ini. Pengertian hacking secara positif menurutnya adalah mengolah, menganalisis, dan menggunakan data untuk kemajuan bersama. Bukan untuk melakukan tindakan criminal ataupun memperlemah sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kang Onno sendiri selaku tuan rumah di ITCamp 2019, menjadi pemateri sentral yang paling menyedot perhatian peserta. Ia menyampaikan materi berkenaan dengan deep learning, artificial intelligent, hingga mechine learning yang kini menjadi ciri sekaligus basis pengembangan Internet of Things. Tidak hanya memberikan materi secara teori, peserta juga diajari ngoprek langsung menggunakan modul tensorflow dan keras dalam bahasa pemrograman Python yang dijalankan pada sistem operasi Ubuntu versi 18.04.

Secara panjang lebar Kang Onno menjelaskan bagaimana sistem cerdas yang dijalankan oleh Google untuk memprediksi kemacetan lalu lintas. Bagaimana prinsip kerja yang diterapkan, datanya dari mana, bagaimana mechine learning Google bekerja, menjadi gamblang dan terang benderang bagi peserta. Penggunaan smartphone oleh hampir setiap orang, keberadaan GPS, data-data pribadi kita, ternyata menjadi jendela bagi Google untuk mengenali perilaku dan karakteristik kita untuk kemudian menjadi alat yang handal dalam rangka tujuan bisnis mereka. Luar biasa….

Tidak hanya riuh rendah dengan berbagai ilmu  baru yang dibabar para narasumber, dalam berbagai kesempatan peserta juga mendapatkan kesempatan meraih berbagai gift dan dooprize dari para sponsor pendukung. Ada Astra Indonesia, FiberStar Indonesia, Canon Indonesia, LinkSys dan lainnya. Dengan hadiah mulai dari power bank, flash disk, router hingga printer sungguh menambah semarak acara camp kali ini.

 

Sebagaimana nama eventnya ITCamp, tentu ada penggabungan dua konsep acara. Di satu sisi ada sesi materi berkenaan dengan IT itu sendiri. Namun di sisi lain juga ada nuansa camping yang sungguh kental. Ada tenda-tenda untuk menginap peserta. Ada tumpukan kayu untuk persiapan api unggun. Ada lapangan luas berpagar tegakan pohon pinus yang teduh. Ada danau Situ Gintung mengelilingi kami. Ada temaram malam berhias suara jangkrik dan lolongan anjing. Ada pula semilir angina sejuk dari sela-sela dahan pepohonan yang masih asri. Sungguh suasana yang dekat dengan alam ternyata sungguh asyik untuk menepikan diri dari dunia luar sekaligus mendapatkan pencerahan pengetahuan IT yang sungguh bergizi.

Salut untuk Kang Onno dengan Onne Center International, untuk Kermit, untuk segenap panitia yang telah berlelah ria. Terima kasih untuk para sponsor yang telah mendukung dengan puluhan gift dan doorpizenya. Terima kasih  ITCamp 2019. Sampai jumpa di IT Camp tahun depan!

Ngisor Blimbing, 18 September 2019

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Blogger dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s