Bocah dan Tlatah Bocah


Bocah alias anak-anak adaah sebuah fase perjalanan hidup paling awal dan mendasar bagi setiap insan manusia, Karena sangat mendasar itulah, masa bocah bagaikan sebuah lapisan pondasi bagi bangunan kehidupan seseorang. Dengan demikian, masa tumbuh kembang menjadi sangat penting dan menentukan bagi keberhasilannya di masa depan. Masa bocah adalah masa dimana ia subur untuk menerima setiap benih nilai kehidupan yang singgah dan tertanan di kedalaman jiwa sanubarinya. Anak adalah sosok peniru yang paling ulung dari setiap apa yang dilihat, didengar, diajarkan atau dicontohkan oleh manusia-menusia dewasa di sekitarnya.

Seumpama pada masa yang subur tersebut, ia dihadapkan dengan kebaikan, kebenaran, kejujuran, dan segala nilai positif yang lain, maka ia akan bertumbuhkembang menjadi sosok pribadi yang baik, yang jujur, yang benar. Namun sebaliknya, jika di masa tumbuhkembangnya si anak banyak terpapari keburukan, kesalahan, ketidakjujuran, tentu sangat wajar jika jiwa dan pikirannya juga bertumbuhkembang ke arah nilai-nilai yang tidak terpuji. Kedua hal ini sangat menentukan apakah si anak akan menjadi pribadi yang berkarakter dan berjati diri kuat, atau sebaliknya menjadi sosok yang lemah karakter lemah jatidiri.

Seorang anak yang memiliki karakter dan jati diri yang kuat akan memiliki berbagai nilai luhur sebagai pedoman dalam setiap langkah hidupnya. Ibarat kata perjalanan hidup penuh rintangan, halangan, dan godaan, ia akan tetap tegar, sabar, dan istiqomah dalam memperjuangkan setiap nilai kebenaran yang telah tertanam semenjak masa kanak-kanaknya. Ia akan tampil menjadi sosok yang tampil mrantasi dan menyelesaikan berbagai persoalan di tengah lingkungannya. Setidaknya, anak dengan karakter dan jati diri yang kuat tidak akan pernah menambah persoalan hidup di sekitar ia berada.

Sebaliknya, seorang akan yang lemah karakter dan pjati diri akan sangat rentang terhadap berbagai tantangan dan permasalahan hidup. Menghadapi sebuah persoalan kecil mengeluh. Mendapat sebuah tantangan hidup pilih menghindar. Menemukan godaan hidup akan pasrah dan menyerah. Tidak saja menjadi persoalan dan tanggungan masalah bagi dirinya sendiri, sosok yang demikian juga secara langsung maupun tidak langsung akan senantiasa menjadi beban persoalan bagi orang tua, bagi keluarga, bagi masyarakat, bahkan bagi bangsa dan negara.

Ke depan persoalan hidup tentu akan semakin komplek. Setiap generasi harus menghadapi tantangan jamannya masing-masing. Kesiapan kita sebagai orang yang lebih dewasa maupun sebagai orang tua dalam membekali anak-anak kita di hari sangat menentukan warna masa depan kehidupan. Latar belakang ini menjadikan penyediaan lingkungan yang ramah anak, yang ramah bagi tumbuhkembangnya segala bakat, minat, dan juga benih nilai luhur harus menjadi perhatian bersama.

Wis wayahe! Sudah saatnya, telah tiba waktunya kita berpikir dan bertindak nyata dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak-anak kita. Tidak ada lagi saat-saat kita berpangku tangan membiarkan anak-anak menjalani masa tumbuhnya dalam gempuran arus globalisasi yang semakin tidak ramah bocah. Sudah saatnya kita cancut taliwanda. Tlatah bocah harus semakin hadir dan dihadirkan di lingkungan keluarga dan masyarakat kita.

Selamat Hari Anak Nasional. Jelang Festival Tlatah Bocah XIII, 24-25 Agustus 2019 di Dusun Bebengan, Desa Sriwedari, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, JAWA TENGAH. Wis wayahe cancut taliwanda!

Info selengkapnya: Tlatah Bocah

Ngisor Blimbing, 23 Juli 2019

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Kenyung dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s