KA Babaranjang: Batu Bara Rangkaian Panjang


Kereta api merupakan salah satu urat nadi transportasi darat yang cukup penting di tanah air. Jika jalur kereta api di Pulau Jawa lebih didominasi oleh kereta api penumpang, bagaimana dengan relasi jalur kereta api lintas Lampung – Sumatera Selatan? Rupanya selintas pengamatan kami untuk jalur tersebut justru didominasi oleh kereta api angkutan barang. Adapun rangkaian kereta barang yang paling mendominasi adalah kereta api khusus angkutan batu bara. Kereta tersebut bernama KA Babaranjang.

KA Babaranjang. Adakah yang belum mengenalnya? KA Babaranjang merupakan kereta api batu bara rangkaian panjang. Dari namanya sudah tersurat denga jelas bahwa kereta api tersebut khusus beroperasi untuk mengangkut batu bara. Adapun istilah rangkaian Panjang merujuk kepada banyaknya rangkaian gerbong terbuka yang digabung dalam satu perjalanan. Ada kereta yang menjalankan antara 40 – 50 gerbong batu bara. Ada pula yang merangkai 60 – 70 gerbong batu bara. Dengan Panjang rangkaian tersebut, KA Babaranjang merupakan rangkaian kereta api terpanjang di kawasan ASEAN.

KA Babaranjang merupakan kolaborasi kerja sama antara PT Tambang Batu Bara BukitĀ  Asam dan PT Kereta Api Indonesia. Rangkaian ini mengangkut batu bara dari Tanjung Enim (Bukit Asam) di Sematera Selatan hingga stasiun sekaligus pelabuhan angkutan barang di Tirahan. KA Babaranjang beroperasi dengan tujuan khusus untuk mendukung suplai batu bara sebagai bahan bakar pembangkitan listrik bagi PLTU Suralaya di Banten. PLTU Suralaya sendiri merupakan salah satu pemasok Utama kebutuhan listrik pada jaringan transmisi Jawa – Madura – Bali (Jamali).

Dari stasiun sekaligus pelabuhan angkutan barang di Tirahan, batu bara selanjutnya diangkut dengan kapal tongkang menuju PLTU Suralaya. Tidak kurang 40 rangkaian KA Babaranjang melintasi Sumatera Selatan – Lampung setiappp harinya. Mengingat peran strategis PLTU Suralaya, maka kehandalan dan ketepatan waktu merupakan prasyarat Utama operasionalisasi KA Babaranjang. Kita bisa bayangkan jika KA Babaranjang terganggu, maka pasokan batu bara ke PLTU Suralaya-pun akan mengalami gangguan yang berakibat lebih jauh terhada stabilitas pasokan listrik Jamali.

Mengamati perjalanan KA Babaranjang yang tengah melintas merupakan sebuah sensasi kenikmatan dan pengalaman tersendiri. Monggo.

Ngisor Blimbing, 9 Februari 2019

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke KA Babaranjang: Batu Bara Rangkaian Panjang

  1. mysukmana berkata:

    Jadi inget. Kmrn hba naik kereta PP Solo Surabaya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s