Suburban Jalan Kelawai Pulau Penang


EMPAT HARI TIGA MALAM BERTUALANG KELUARGA KE PENANG (15)

Georgetown merupakan titik pusat sekaligus awal mula perkembangan kawasan kota utama di Pulau Penang. Salah satu wujud perluasan kawasan suburban Georgetown adalah Kawasan Pulau Tikus. Kawasan ini terletak di sisi barat laut, sekitar 3 km dari Komtar, dan merupakan daerah permukiman dengan konsep yang modern. Kawasan ini menjadi semacam salah satu satelitnya Georgetown.

wisata keluarga ke penang

Meskipun secara desain konsep awalnya, Pulau Tikus dikembangkan sebagai perluasan kawasan permukiman di pinggiran Georgetown, namun dalam perkembangannya kawasan ini juga menjadi pusat bisnis, perhotelan, pendidikan, juga beberapa layanan kesehatan.

Sisi utara kawasan Pulau Tikus, berbatasan langsung dengan jalur pantai. Di sepanjang jalur ini lebih didominasi dengan pertumbuhan hotel, apartemen, dan beberapa pusat perbelanjaan. Sisi pesisir pantai yang semula memiliki beberapa spot foodstreet yang terkenal dan ramai, kini tengah dalam proses proyek reklamasi untuk dikembangkan lebih lanjut. Mungkin akan ada kawasan wisata berbasis air dan pantai bergaya modern semacam Resortworld-nya Pulau Sentosa di Singapura ke depannya.

Sebagai kawasan Utama permukiman justru di bagian tengah dari Kawasan Pulau Tikus. Jika di sisi utara Jalan Kelawai sepanjang Gurney Drive yang bersebelahan langsung dengan garis pantai lebih didominasi oleh kawasan apartemen, hotel, mall dan plaza, maka di sisi selatan Jalan Kelawai inilah terdapat banyak blok-blok perumahan. Dengan demikian, Jalan Kelawai menjadi garis demarkasi yang tegas untuk membedakan kawasan bisnis dan permukiman warga.

Sebagai kawasan permukiman yang relatif baru dibandingkan dengan kota tua Georgetown, hal kontras yang paling nampak adalah ukuran bangunan dan pekarangan rumah yang luas, serta model bangunan rumah yang lebih bergaya modern. Di samping tampilan rumah-rumah tinggal yang bergaya bangunan baru, nampak sekali blok-blok antar kampung juga nampak rapi dan teratur. Masing-masing blok dengan blok lainnya dihubungkan dengan jalan yang lebar dan teraspal dengan mulus. Di setiap sisi kanan-kiri jalan juga dilengkapi dengan jalur pedestrian yang terawatt dengan baik. Terlebih di beberapa ruas jalan Utama, seperti Jalan Kelawai, Jalan Pangkor, dan Jalan Burma, trotoar sebagai jalur pedestrian memberikan rasa kemewahan tersendiri bagi para pejalan kaki. Berjalan santai bersama keluarga di pagi atau senja, di bawah keteduhan dan kesejukan jalur hijau yang ada sungguh menjadi pengalaman yang mengasyikkan bagi keluarga kami.

Penang Free Bus

CAT Georgetown 2, Penang Free Bus menaikkan penumpang di halte Jalan Pangkor

Kawasan Pulau Tikus memiliki beberapa destinasi wisata yang tidak pernah ditinggal bagi setiap wisatawan yang tengah mengunjungi Penang. Ada Dhamikarama Burmese Budhist Temple yang berseberangan dengan Reclining Budhist Temple sebagai tempat eksotik dan menarik, termasuk untuk tujuan wisata religi. Ada pula Gurney Paragon dan Gurney Plaza bagi pengunjung yang ingin bershopping ria. Mobilitas di kawasan ini langsung bisa diakses dari arah Komtar, antara lain dengan rapidPenang 102, 103, 104, bahkan ada juga bus tak berbayar CAT khusus kawasan Pulau Tikus.

Salah hal lagi terkait dengan Kawasan Pulau Tikus. Selain sebagai kawasan suburban dari Georgetown yang dinamis dan terus berkembang, kawasan ini juga menghubungkan ke beberapa kawasan lain, seperti Tanjung Pinang, Tanjung Tokong, Tanjung Bungah, Pantai Batu Ferringhi, Teluk Bahang, bahkan hingga Balik Pulau.

Kulon Balairung, 31 Januari 2019

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s