Kek Lok Si Temple, Kuil Dewi Kwan Im Terbesar se-Asia Tenggara di Penang


EMPAT HARI TIGA MALAM BERTUALANG KELUARGA KE PENANG (11)

Sesosok patung seorang Dewi senantiasa berdiri tegar di kaki bukit. Patung berukuran raksasa itu nampak dengan jelas dari puncak-puncak gedung yang ada di seluruh penjuru Kota Georgetown. Dengan atap segi delapan dan enam belas pilar yang memagarinya, patung itu memancarkan pesona welas asih dan cinta kasih sayang seorang dewi. Dialah patung Dewi Kwan Im, dan tempat keberadaannya dikenal sebagai Kek Lok Si Temple.

Kek Lok Si Temple

Patung Dewi Kwan Im setinggi 30 meter, daya tarik utama Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple 

Kek Lok Si Temple

Deretan patung Budha di batas taman Pagoda Sepuluh Ribu Budha

Penang memang sebuah negeri bagian dari Federasi Malaysia yang berpenduduk mayoritas etnik Tionghoa. Dua kepercayaan dipeluk oleh golongan penduduk mayoritas tersebut, yaitu Budha dan Kong Hu Chu. Jika di kawasan Gurney Drive terdapat Budha Reclining dan Dhamikarama Burmese Temple sebagai tempat peribadatan utama ummat Budha beretnik Thailand dan Myanmar, maka untuk ummat Budha sekaligus Kong Hu Chu dari etnik Tionghoa memiliki Kek Lok Si Temple, alias Kuil Kebahagiaan Agung (Temple of Sureme Bliss) di kaki Bukit Bendera.

Kek Lok Si Temple merupakan tempat suci bagi ummat Budha, Kong Hu Chu, serta Tao. Daya tarik utama Kek Lok Si Temple adalah keberadaan patung Dewi Kwan Im dengan ketinggian 30 meter. Patung Dewi Welas Asih dalam posisi telapak tangan terbuka ke depan sedang memberikan restu itu dapat dilihat dari lokasi yang jauh. Kompleks kuil yang luas dan keberadaannya di lereng perbukitan menjadikan pengunjung harus memiliki stamina dan tenaga yang ekstra untuk dapat menikmati setiap sudut kuil. Untuk lebih praktisnya, pengelola menyediakan jasa dua jalur sky lift yang dapat membawa pengunjung antar terap.

 

Dari profil kemiringan bukit, kompleks kuil ini terdiri atas beberapa terap dan kompleks bangunan. Pada prinsipnya pengunjung tidak dikenakan tiket sama sekali untuk mengunjungi setiap sudut kuil. Tiket hanya dikenakan untuk pengunjung yang menggunakan jasa sky lift maupun mobil antar. Dari pelataran parkir, pengunjung dapat menyusur jalanan berkelok dan menanjak di sisi kolam “penjara” kura-kura untuk selanjutnya menyusuri jalur ke bagian atas. Guna berjalan kaki ke atas, tentu membutuhkan tenaga dan waktu lebih ekstra.

Cara lain untuk ke atas adalah dengan menaiki sky lift yang ada. Pada bangunan terdepan sekaligus terbawah, pengunjung dapat langsung masuk menuju ke meja penerima tamu. Di tempat tersebut dapat dibeli tiket untuk menaiki sky lift. Pengunjung dapat membeli tiket untuk naik dan turun sekaligus, ataupun hanya membeli tiket untuk naik saja. Dari dasar kaki bukit, sebuah sky lift akan membawa pengunjung untuk langsung mencapai terap ke dua. Sebuah kotak lift layaknya sebuah lift di kebanyakan gedung bertingkat mampu membawa pengunjung antara 12-13 sekali jalan. Jika sebuah lift bergerak secara vertikal untuk membawa manusia naik-turun, maka sky lift di tempat ini membawa penumpang naik-turun dengan menyusur sepasang rel yang miring pada sebidang lintasan di lereng bukit.

Pada saat kunjungan kami ke Kek Lok Si Temple, kami memutuskan untuk langsung membeli tiket naik dan turun sekaligus. Untuk dua orang dewasa dan dua anak-anak, kami membayar total RM 40. Dengan menggunakan sky lift kami berencana untuk naik terlebih dahulu ke terap paling atas dimana patung dan pelataran Dewi Kwan Im berada.

Sky lift mengantar hingga ke terap ke dua. Dari sini kami berpindah ke mobil pengantar untuk mencapai terap ke tiga. Setelah turun dari mobil antar, kami memasuki pintu yang di dalamnya terdapat ruang pajang dan toko beragam souvenir. Di sudut ruang pajang tersebut terdapat loket untuk berganti sky lift selanjutnya. Sama seperti sky lift pertama, kamipun sebentar antri untuk menunggu lift turun sambil menunggu penumpang lain. Setelah menaiki sky lift ke dua ini, kami tiba di terap ke empat.

Kek Lok Si Temple

Salah satu klenteng teratas di Kek Lok Si Temple

Terap ke empat merupakan kompleks kuil tertinggi. Dengan pelataran yang luas, melalui sisi pinggirnya kita dapat menikmat pemandangan lanskap Kota Penang dari sisi atas. Semilir angin nan sejuk dan sinar mentari yang sedikit redup tertutup awn tipis benar-benar memanjakan kunjungan kami. Kami dengan sepuas hati mengambil foto dari berbagai sudut dengan berbagai latar yang khas.

Daya tarik utama terap ke empat ini tentu saja Patung Dewi Kwan Im yang berdiri ramah memberikan restunya kepada setiap pengikutnya yang berkunjung. Di bawah atap berbentuk segi delapan dan berpagar enam belas pilar berwarna abu-abu berukir naga-naga langit semakin menambahk keanggunan Dewi Kwan Im. Tepat di bawah patung sebenarnya terdapat sebuah pelataran aula yang dikhususkan untuk bermeditasi dan berdoa. Tentu saja untuk memasukinya hanya dapat dilakukan oleh ummat pada saat-saat tertentu dimana digelar upacara pemujaan, ataupun pada hari raya.

Bungalow di atas kolam air Kek Lok Si Temple

Di samping patung utama Dewi Kwan Im, di sisi kiri terdapat sebuah kuil dengan struktur dan arsitektur bangunan selazimya klenteng di tanah air. Pada jalur utama kea rah pintu masuk utama di sisi kanan kiri jalan terdapat berbagai patung yang melambangkan berbagai sio yang ada dalam kepercayaan masyrakat Tionghoa. Ada macan, kambing, babi, monyet, ular, ayam, naga, kerbau, kuda, dan lainnya. Adapun ruang utama pemujaan di dalam kuil terdapat sebuah altar besar berlatar patung dewa yang memancarkan aura menyeramkan. Mungkin ia dewa perang atau semacamnya.

Di sisi kiri bangunan klenteng terhampar sebuah taman yang asri. Keasrian dan keindahan taman terpancar dari sebuah bungalow berarsitektur khas Tiongkok, dengan ukiran dan bentuk atap yang khas, dengan dominasi warna merah menyala berdiri dengan teduh di tenga sebuah kolam yang dipenuhi banyak ikan. Bungalow semakin membawa kesejukan dengan gemericik air yang jatuh pada sebuah air terjun tepat di belakangnya. Pengunjung tentu betah berlama-lama duduk dan beristirahat di tempat ini.

 

Setelah puas dan cukup lama menikmati panorama di terap teratas, kami turun ke terap ke tiga dengan sky lift. Dari terap ke tiga menuju terap kedua, kami memutuskan untuk berjalan kaki dengan megikuti lorong-lorong kuil dan pagoda dalam berbagai bangunan peribadatan. Ada ruang pemujaan, ruang meditasi, runag museum, taman, bahkan kompleks pagoda dengan deretan patung budha yang berjajar di tepian sebuah taman. Sungguh mempesona untuk dinikmati.

Antar bangunan pada masing-masing bagian lereng bukit terhubung melalui puluhan anak tangga yang membuat pengunjung harus senantiasa ekstra hati-hati. Pada sebuah pelataran lembah antara dua sisi bukit, terdapat sebuah menara pagoda yang sungguh unik. Jalur jalan yang mengelilingi beratap genteng dengan ratusan lampion merah menyala bergelantungan memberikan keindahan warna tersendiri. Di beberapa titik jalur tersebut mulai dipasang lampu warna-warni untuk menyambut kedatangan Tahun Baru Implek sebulan kemudian. Puncak keramaian dan kemeriahan Kek Lok Si Temple memang hadir pada detik-detik peringatan Imlek yang diakhiri dengan peringatan Cap Go Meh.

Pagoda sepuluh ribu Budha Kek Lok Si Temple

 

Tidak semua sudut komplek kuil dapat kami kunungi. Namun kesan dan kenangan mengunjungi kompleks Kek Lok Si Temple tentu aka senantiasa melekat menjadi kenangan indah di ingatan kami.

Kek Lok Si Temple berada di wilayah Air Itam. Jalur ke tempat ini berada pada arah yang sama untuk menuju Penang Hill atau Bukit Bendera. Dengan menaiki bus 203, 204, 205 dari terminal Komtar penumpang hanya terkena tarfi sekitar RM 5. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit, bus akan tiba di Pekan Air Itam. Turunlah di sekitar pasar ini, pada sebuah jalan yang langsung menuju ke Kompleks Kek Lok Si Temple. Pagi hari atau sore hari adalah waktu yang paling pas untuk berkunjung agar terhindar dari panas matahari yang menyengat.

Jalan utama Pekan Air Itam ke Kek Lok Si Temple

 

Ngisor Blimbing, 20 Januari 2019

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kek Lok Si Temple, Kuil Dewi Kwan Im Terbesar se-Asia Tenggara di Penang

  1. Ping balik: Masjid Negeri, Masjid Bundar di Pulau Penang | Sang Nananging Jagad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s