Penang Hill, Sensasi Kereta Bukit, Hawa Sejuk dan Panorama Penang dari Ketinggian


EMPAT HARI TIGA MALAM BERTUALANG KELUARGA KE PENANG (10)

Meskipun daratan Pulau Penang bisa dibilang tidak sebegitu luas, namun profil lanskap geografisnya cukup lengkap. Ada lautan, pantai, dataran rendah, dataran tinggi, hingga pegunungan. Berbicara mengenai destinasi wisata ala bukit dan pegunungan dari Pulau Penang, orang sepakat untuk menyebut Penang Hill.

kereta penang hills

Kereta dengan rancangan khusus mengangkut pengunjung ke puncak bukit

Penang Hill merupakan sebuah lokasi yang merupakan bagian dari deretan pegunungan yang berada di tengah Pulau Penang. Di masa awal pendudukan Kolonial Inggris di Pulau Penang, bukit ini langsung menarik hati para ningrat Iggris untuk menjadikannya sebagai tempat peristirahatan. Pesanggrahan, demikian istilah yang kita kenal di Jawa. Bukan tanpa sebab tanda alasan, sebagai titik pegunungan yang tinggi, Penang Hill menyajikan kesegaran hawa khas pegunungan yang sejuk dan bersih, serta hutan hujan tropis yang masih perawan. Di samping letaknya di ketinggian menjadikannya sebagai lokasi yang memiliki panorama lanskap Pulau Penang yang paling lengkap. Mulai lautan, pantai, kawasan jantung kota, hingga wilayah pinggiran dapat dinikmati dari ketinggian Penang Hill.

 

Penang Hill

Panorama lanskap sisi timur Pulau Penang dari atas Penang Hill

Sisi tengah daratan Pulau Penang merupakan pegunungan yang terdiri atas  beberapa deretan perbukitan. Penang Hill merupakan puncak bukit tertinggi dengan ketinggian 332 meter dari permukaan air laut. Penang Hill memiliki nama sebenarnya Bukit Bendera (Flagstaff Hill). Di samping nama Bukit Bendera, Penang Hill masih memiliki sebutan lain, yaitu Western Hill, Bukit Laksamana (Malay for Admiral Hill), Tiger Hill, Flagstaff Hill, Haliburton’s Hill and Government Hill.

Secara administratif, Penang Hill berada di kawasan Air Itam. Dari pusat kota Georgetown, Bukit Bendera dapat dicapai dengan bus RapidPenang jalur 204 yang melayani rute Jetti hingga Bukit Bendera. Meskipun dari sisi jarak dari Georgetown hanya kurang lebih 10 km, namun perjalanan bus umum memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Terminal Komtar melintasi Masjid Negeri, kawasan Kampung Melayu dan lapangan tembak,  serta Pekan Air Itam yang berdekatan dengan wisata Kek Lok Si Temple. Perhentian terakhir bus 204 langsung berada di depan gerbang loket obyek wisata Penang Hill.

Setelah membeli tiket, pengunjung harus antri untuk menaiki kerata khusus. Meskipun sama-sama berjalan pada rel-rel besi, namun kerata Penang Hill dirancang untuk melaju pada lajur rel yang mendaki sepanjang kemiringan tebing bukit. Jalur tebing bukit yang dilintasi memiliki kemiringan sekitar 45 derajat. Dengan kemiringan tersebut, maka kereta berjalan secara miring. Namun demikian tentu saja penumpang tetap dalam posisi tegak, baik untuk penumpang yang duduk maupun berdiri. Kabin kereta dirancang hanya untuk memuat penumpang tidak lebih dari total 60an.

Sesaat ketika kereta mulai berjalan, memang ada sedikit rasa kekhawatiran. Bagaimana jika tali baja yang menjadi tumpuan pergerakan kereta tiba-tiba terputus. Namun beberapa saat kemudian, mulai terbentang pemandangan alam yang memikat seiring laju kereta yang menanjak. Kekhawatiran pengunjung sontak sirna berganti dengan decak rasa kekaguman akan indahnya ciptaan Sang Maha Pencipta. Bagaimana mungkin orang-orang awal yang mengunjungi Penang Hill berpikir dan merancang cara untuk membuat suatu kereta khusus tersebut.

Perjalanan dengan kereta mendaki bukit hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 6-10 menit. Tibalah pengunjung di puncak bukit. Lalu sensasi dan daya Tarik seperti apakah yang dapat dinikmati di atas?

Tiba di stasiun atas Penang Hill, pengunjung langsung berhambur keluar kereta. Satu spot yang langsung menjadi ramai dan rebutan adalah spot balkon untuk melihat pemandangan Penang. Dengan pembatas pagar pengaman, pengunjung dapat berfoto ria dengan aman dan leluasa. Namun dikarenakan favoritnya spot selfie berlatar pemandangan atas Penang ini, para pengunjung harus sedikit bersabar untuk saling antri dengan pengunjung lain jika ingin mendapatlan latar pemandangan yang tidak terganggu oleh rombongan pengunjung lain.

Selanjutnya pengunjung dapat meneruskan kunjungan ke sisi atas bukit. Ada jalur khusus yang telah tersedia. Di awal jalur tersebut, tepat di sisi kanan tersedia beberapa teropong untuk mengamati pemandangan dengan lebih seksama. Untuk menggunakan teropong-teropong tersebut dikenakan sewa hanya RM 1. Tepat di bawah deretan teropong terdapat spot topselfie lain dengan gerbang-gerbang love yang romantis.

Berjalan terus ke sisi atas, ada pula jasa lukis sketsa wajah ala kartun oleh seorang pelukis jalanan yang selalu ramai oleh antrian pengunjung yang minta dilukis. Sekali lukis, set-set-set, hanya dalam 10 menitan sebuah  lukisan kartun unik langsung selesai. Sungguh sebuah sensasi menemukan seraut wajah khas nan unik versi kartun lucu. Sebuah pengalaman yang terabadikan sebagai lukisan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Untuk meminta dilukis, pengunjung hanya dikenakan tarif RM 10. Lalu apa lagi?

Penang Hill alias Bukit Bendera, masih memiliki banyak spot menarik untuk berfoto ria. Ada Museum Burung Hantu, sebuah Meriam kuno, sebuah taman bermain untuk anak-anak, sebuah bangunan masjid berkubah warna kuning emas, sebuah kuil Hindu yang unik, villa kuno, taman gembok cinta, dan lain sebagainya. Penang Hill sebagai wisata bukit dengan jalur jalanan yang melingkar berputar tentu memerlukan stamina dan tenaga yang prima. Namun bagi pengunjung yang merasa Lelah atau tidak kuat berjalan kaki lama, ada pula layanan antar mobil mini. Semua rasa lelah dan keirngat yang mengucur ketika kita mengunjungi Penang Hill seakan sirna dan menjadi tidak berarti tergantikan oleh kesejukan dan kesegaran hawa udara yang alamiah, serta pemandangan yang ekstra indah. Tentu, berkunjung ke Penang menjadi tidak terasa berkunjung ke Penang tanpa mengunjungi Penang Hill.

Kulon Balairung, 16 Januari 2019

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Penang Hill, Sensasi Kereta Bukit, Hawa Sejuk dan Panorama Penang dari Ketinggian

  1. Titik Asa berkata:

    Mas, itu keretanya khusus dirancang untuk kegiatan wisata ya? Keren banget…

    Salam.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s