Hemat Naik Bus Gratis di Penang


EMPAT HARI TIGA MALAM BERTUALANG KELUARGA KE PENANG (8)

Salah satu ciri kota yang menyadari potensi daya tarik wisata yang unik adalah penyediaan layanan angkutan umum gratis. Bus sebagai kendaraan umum berbasis jalan raya yang sering dijadikan layayan tersebut. Bus gratis atau free bus dioperasikan untuk mengakses tujuan tujuan wisata utama. Tujuan utamanya tentu tidak lain dan tidak bukan adalah untuk semakin mempromosikan tempat tujua wisata sepanjang rute perjalanan bus. Jika Kuala Lumpur memiliki GoKL sebagai layanan bus gratis alias bus percuma, maka Pulau Penang memiliki bus CAT. Mungkin kebijakan yang sungguh menguntungkan dan sangat membantu turis asing untuk berkeliling kota ini diterapkan di seluruh wilayah negara bagian yang ada.

Penang Free Bus, Tips berkeliling hemat di Pulau Penang

Bus CAT sendiri masih merupakan bagian dari armada bus umum yang dioperasionalkan oleh RapidPenang. Bus CAT memiliki ciri khas warna badan luar bus yang hijau pupus daun. Di bagian muka terdapat tulisan ungkapan I love Penang dengan simbolisasi love dengan bentuk daun waru berwarna merah hati. Namun demikian, layanan bus percuma selain bus CAT dengan tampilan warna hijau pupus tadi, ada juga bus dengan cat dan penampilan sebagaimana bus umum RapidPenang lainnya. Nah untuk bus dengan penampakan demikian, yang menjadikan ciri khas sekaligus sebagai penegasan busnya sebagai bus percuma adalah tulisan di lightboard depan yang menuliskan free bus.

Sama seperti halnya layanan GoKL di Kuala Lumpur, bus CAT yang ada di Pulau Penang juga dioperasikan untuk memberikan layanan pada area, wilayah, atau kawasan tertentu yang satu sama lain saling terintegrasi. Beberapa contoh layanan bus percuma di Penang adalah CAT Georgetown 1, CAT Georgetown 2, CAT Pulau Tikus, CAT Air Itam, CAT Alma, CAT Balik Pulau, CAT Batu Kawan, CAT Bayan Baru, CAT Bertam, CAT Bukit Mertajam, CAT Nibong Tebal, CAT Seberang Jaya, CAT Sungai Dua USM, dan CAT Tanjung Tokong. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai jalur bus percuma, halte atau tempat henti, hingga skedul perjalanannya, wisatawan dapat mengakses informasi di http://rapidpenang.com.my.

Titik perhentian Penang Free Bus di Terminal Komtar

Khusus untuk mengakses dan mengelilingi kawasan heritage di Georgetown, bus percuma yang melayani adalah jalur CAT Georgetown 1. Akses paling mudah untuk menggunakan jasa bus tersebut dapat dimulai dari Komtar. Berbeda dengan jalur layanan bus berbayar, bus CAT tidak berhenti di jalur perhentian utama. Jika tiba di terminal Komtar, perhatikan sebuah pos keamanan dan informasi yang ada di salah satu sudut yang berada di perempatan. Sedikit bergeser dari pos tersebut terdapat sebuah perhentian bus dengan tanda rambu khusus.Titik inilah yang menjadi awal perjalanan bus CAT Georgetown 1 dan 2.

Penang Free Bus

CAT Georgetown 2, Penang Free Bus menaikkan penumpang di halte Jalan Pangkor

Bagi wisatawan yang ingin mengelilingi Pulau Penang dari ujung ke ujung, dari sudut ke sudut, pilihan dan kombinasi menggunakan bus berbayar dan bus percuma menjadi strategi yang jitu dalam rangka menghemat biaya transportasi lokal yang harus dikeluarkan. Dengan mengoptimalkan kedua pilihan tersebut, berkeliling Penang akan terasa lebih murah meriah. Bukankah demikian. Silakan dicoba sendiri jika Anda mengunjungi Penang.

Ngisor Blimbing, 13 Januari 2019

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s