Akses Transportasi dari Penang International Airport ke Komtar


EMPAT HARI TIGA MALAM BERTUALANG KELUARGA KE PENANG (2)

Setelah menempuh perjalanan udara selama kurang lebih dua jam dari Jakarta, tibalah kami di Penang International Airport. Bandara ini merupakan salah satu pintu gerbang memasuki Pulau Penang. Cara lain dapat melalui jalur laut maupun darat via Butterworth di Seberang Perai, kawasan yang menjadi kesatuan dengan daratan Semenanjung Malaya. Perlu diketahui bahwa wilayah Negeri Penang  terdiri atas Pulau Penang di sisi barat dan Seberang Perai yang menjadi kesatuan dengan daratan Semenanjung Malaya di sisi timur. Penang International Airport berada di sisi tenggara Pulau Penang. Lalu bagaimanakah akses transportasi dari airport menuju ke pusat Kota Penang?

George Town merupakan ibukota Negeri Bagian Penang. Jika Kuala Lumpur memiliki KL Sentral, Penang juga memiliki Penang Sentral. Namun demikian, Penang Sentral berada di Butterworth wilayah Penang daratan atau Seberang Perai. Untuk wilayah Pulau Penang, Komtar dapat dikatakan sebagai Penang Sentral yang sesungguhnya. Kawasan Bus Station Komtar di Jalan Raya Penang dapat dikatakan sebagai pusat akses ke berbagai tempat di Kota Penang.

Dari Penang International Airport, Komtar dapat dicapai dengan kendaraan angkutan darat. Pilihannya bisa menggunakan taksi ataupun bus umum. Untuk bus umum, ada bus RapidPenang. Bus ini menjangkau keseluruhan titik strategis di Penang. Untuk jalur airport ke Komtar ada beberapa jalur layanan, seperti bus nomor 102, 401, dan 401E. Dari pintu keluar airport setelah pemeriksaan imigrasi dan kustom, bus station terdapat di sisi kiri pintu keluar. Bus station sendiri hanyalah sebuah halte perhentian yang tidak terlalu ramai. Sekiranya ragu, lebih baik tanyakan kepada petugas airport.

Berhubung kami menginap di Gurney Resort and Residence yang berada di sisi barat laut dari George Town, pada awalnya kami berencana naik bus 102 jurusan Airport – Teluk Bahang yang melewati daerah Gurney. Namun dikarenakan setelah lama ditunggu busnya tidak muncul dan yang muncul duluan bus 401 jurusan Balik Pulau arah Jetty dan melewati Komtar, maka kami memutuskan untuk transit dulu di Komtar. Tarif ke Komtar untuk penumpang dewasa dikenakan RM 3,4 dan anak-anak RM 1,7. Komtar dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 1 jam perjalan.

Setiba di Komtar, kami menyambung perjalanan dengan bus 103 untuk mencapai Gurney. Karena Gurney tergolong kawasan yang tidak terlalu jauh dari Komtar kami dikenakan tarif RM 1,4 untuk dewasa dan RM 0,7 untuk anak-anak. Tidak lebih dari 20 menit kami tiba di Jalan Kelawai dimana kawasan Gurney berada. Oya, Jalan Kelawai merupakan salah satu akses Utama menuju Pantai Batu Ferringhi dan Teluk Bahang di sisi pesisir utara Pulau Penang.

Tips naik bus umum di Penang:

  1. Pastikan tahu tempat tujuan Anda.
  2. Menunggu bus di tempat yang sudah ditentukan (bus station, halte bus, atau bus stop).
  3. Persiapkan uang pas untuk ongkos bus karena tidak ada layanan uang kembalian jika penumpang membayar dengan uang pecahan besar.
  4. Menjelang naik bus, tanyakan kembali tujuan Anda dan tarif yang dikenakan kepada pengemudi bus.
  5. Bayar ongkos sesuai tarif, dan simpan karcis bis (sewaktu-waktu ada pemeriksaan secara acak).
  6. Perhatian papan pengumuman di layer tivi kecil mengenai keberadaan bus ketika berhenti maupun pemberhentian selanjutnya.
  7. Tidak di setiap halte bus singgah (tergantung ada tidaknya penumpang naik atau turun), pastikan ancang-ancang tempat turun dengan tepat agar tidak kebablasan.
  8. Tekan tombol pemberitahuan, menjelang halte tujuan Anda.

Informasi selengkapnya mengenai bus di Penang dapat diakses di http://www.rapidpg.com.my/

Pulau Penang, 4 Januari 2018

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s