Old and New


Roda waktu memang tak pernah main-main. Ia terus bergerak. Terus berputar tanpa kenal waktu itu sendiri. Seakan tak mempedulikan apapun, ia terus berputar. Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, tanpa terasa kini sudah tiba kembali di ujung tahun.

Tahun lama segera berlalu. Tahun barupun segera datang menjelang. Tahun lama telah menjadi saksi bahkan sejarah perjalanan setiap anak manusia. Ia telah menjelma menjadi masa lalu. Masa-masa yang hanya akan tinggal sebagai kenangan. Sesungguhnya sesuatu yang terasa senantiasa dekat namun tidak akan pernah dapat diraih kembali, tidak akan dapat diulang lagi, itulah masa lalu.

Adapun esok adalah tahun depan. Esok adalah masa depan. Ia tidak bias ditunda Ia tidak bias dihalang-halangi. Ia akan tetap datang tanpa meminta persetujuan dari siapapun. Ia datang dengan membawa sejuta bahkan teramat banyak kesempatan dan kemungkinan. Ia bisa menjadi kebaikan, namun sebaliknya iapun dapat mejadi malapetaka. Ia laksana pedang bermata dua. Di satu sisi menawarkan kemanfaatan, namun di sisi lain ia juga dapat mendatangkan bencana. Semua kembali kepada niat dan itikad manusia sebagai pelaku hakiki dari perjalanan sang waktu itu sendiri.

Old and New. Yang lama dan yang baru. Yang lama akan segera tergantikan dengan yang baru. Pergantian adalah sebuah keniscayaan. Ialah simpul sebuah perubahan. perubahan senantiasi membawa sebuah pengharapan akan sesuatu yang lebih baik. Adalah akan bijak sekiranya momentum pergantian dan perubahan tahun ini menjadi titik refleksi pada setiap diri manusia.  Ambillah hal-hal yang baik dari masa lalu. Pertahankan dan tingkatkan benih kebaikan tersebut. Adapun dari kesalahan di masa lalu, kitapun dapat mengambil hikmah dan pelajaran untuk tidak kita ulangi di masa depan.

Monggo kita saling merenungkan diri masing-masing. Semoga Gusti Allah, Tuhan Yang Maha Esa senantiasi melindungi kita semua.

Gambar dari sini.

Ngisor Blimbing, 31 Desember 2018

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Alam dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s