Kolaborasi Melukis Pagi Bersama Noni


Jumat pagi di medio November. Sebagaimana November Rain-nya GNR, pagi itupun cuaca sedikit mendung. Dalam keremangan terbitnya sang fajar, kebetulan saya buka plastik buku berjudul Sekolah Biasa Saja karya catatan Toto Rahardjo dari Sanggar Anak Alam (Salam) Yogyakarta. Selepas membaca bagian pengantar, tersembul sebuah gambar anak-anak yang erat berangkulan sebagai latar sebuah lukisan rumah dengan gambaran anak-anak sedang bermain sudamanda, layangan, dan membuat gunung tanah di latar halaman depan.

Seketika itu pula terbersit niat untuk mengambil spidol dan menggoreskan lukisan di whiteboard miliki si Noni. Begitu saya mulai mencorat-coret. Lha si Genduk Noni langsung berinisiatif untuk turut nimbrung dan bergantian menggambar sesuatu. Jadilah pagi itu kami awali dengan aktivitas kolaborasi bersama duet lukis ala bapak dan anak perempuannya.

Anak-anak menggambar adalah hal yang tentu saja lumrah. Salah satu mata kurikulum pendidikan, mulai di tingkat PAUD, TK, SD, SMP, hingga SMA mencatumkan mata ajar seni lukis alias menggambar. Aktivitas menggambar konon merupakan salah satu metode untuk mengaktifkan dan memacu syaraf otak kanan. Menggambar bisa mengasah rasa. Dengan demikian menggambar merupakan aktivitas olah rasa.

Ketika anak-anak kita menggambar, lalu apakah yang sebaiknya dilakukan orang tua yang kebetulan berada dan Bersama sang buah hati? Tentu aktivitas olah rasa dengan menggambar itu akan lebih bermakna apabila orang tua dapat turut terlibat secara aktif dan proaktif. Di sinilah kebersamaan itu benar-benar terasa. Aktivitas yang sederhana bisa berubah menjadi sangat menggembirakan. Bukankah kebersamaan dalam kegembiraan, dan kegembiraan itu merupakan sebuah nafkah batin yang sangat bernilai tiada tara. Sensasinya sungguh luar biasa. Apakah Anda pernah merasakan hal yang sama?

Ngisor Blimbing, 16 November 2018

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Kenyung dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s