Back to Tradition, Back to Traditional Games


Tradisi sebenarnya mengacu kepada suatu perbuatan yang dilakukan secara sadar dan berulang ulang. Tidak saja dilakukan secara individu,  perbuatan berulang itu dilakukan dalam suatu kelompok, bahkan satu kelompok masyarakat yang lebih luas. Tradisi ataupun tradisional sama sekali tidak ada hubungannya dengan sesuatu yang kuno melawan sesuatu yang baru, sesuatu yang ndeso dengan yang modern. Sekali lagi tradisi dan tradisional berhubungan dengan keberulangan suatu perbuatan.

 

Diantara salah satu yang berkaitan dengan tradisi yang telah lahir dan mandarah daging di kalangan leluhur serta pendahulu kita adalah permainan tradisional. Siapa yang masih ingat dengan gobak sodor, petak umpet, jamuran, benthik, betengan, sudamanda, egrang, engsreng, bakiak, lompat tali atau karet, dakon, dan segudang puluhan bahkan ratusan jenis permainan tradisional yang lainnya.

Anak jaman dulu tentu sangat berbeda dengan anak jaman now. Jika anak jaman dulu memainkan aneka permainan yang dilakukan secara fisik dan kebanyakan diantaranya yang dilakukan secara beregu atau berkelompok, maka anak anak jaman now lebih akrab dengan aneka permainan atau games berbasis dunia maya. Hal ini tentu sangat erat hubungannya dengan sarana dan prasarana yang ada. Jika anak anak dahulu bermain dengan memanfaatkan segana rupa barang atau benda yang ada di sekitarnya, anak jaman now tinggal memainkan produk mainan yang sudah jadi, tinggal dibeli dan dimainkan. Di sinilah kemudian yang menyebabkan perbedaan kreativitas yang bertumbuh kembang seiring seorang bocah memainkan suatu permaian juga menjadi sangat berbeda.

 

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Kenyung dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s