Aplikasi Smartphone untuk Petani


Pernah dengar Plantix? Aplikasi cerdas pada smartphone untuk membantu kerja para petani. Lho, ada po? Ha rumangsane jadi petani itu alatnya hanya cangkul dan sabit terus? Jaman semakin modern masbro! Internet dan android juga telah merambah karang padesan. Tidak perlu heran jika petanipun sudah mahir menggunakan smartphone. Soal telpon, sms, dan kini WA-an, mereka tidak ketinggalan dengan sedulur-sedulurnya yang di kota. Dan aplikasi yang satu inipun mulai dikenal oleh petani kita di beberapa tempat.

Mendengar berita ibu saya yang semalam diundang untuk penyuluhan soal pemberantasan hama oleh para mahasiswa yang kebetulan tengah KKN di kampung halaman kami, saya jadi ikut-ikutan googling dan ketemulah dengan si Plantix ini. Plantix merupakan sebuah aplikasi berbasis android untuk mengenali jenis-jenis penyakit pada tanaman. Bagaimana penggunaannya?

Melalui playstore smartphone kita bisa men-download Plantix dengan gratis. Setelah download berhasil, lanjutkan dengan proses install aplikasi tersebut. Setelah terinstal, aplikasi Plantix-pun siap untuk digunakan. Caranya, setelah aplikasi diaktifkan maka akan ditampilkan beberapa pilihan menu. Dapat dipilih jenis tanaman apa yang dintanyakan perihal penyakit yang dialami ataupun hama yang menyerangnya. Setelah itu pengguna dapat langsung mengambil foto tanaman yang tidak sehat tersebut ataupun mengakses file foto tersimpan. Tunggu hingga sistem menampilkan informasi secara lengkap mengenai penyakit tanaman yang dialami.

Plantix sejatinya merupakan aplikasi komputasi yang memadukan pengetahuan biologi dan pertanian dengan mesin cerdas computer (computer machine learning).  Pada awalnya pada sistem computer dibangun bank data berbasis image/foto yang menampilkan profil tanaman yang terserangg penyakit ataupun hama. Foto-foto tersebut kemudian ditautkan dengan basis data katalog yang berisi informasi detail mengenai gejala penyakit, penyebab, hingga bagaimana cara memberantasnya.

Plantix sendiri pada awalnya digagas oleh beberapa ilmuan dari German yang tengah melakukan penelitian doktoral di area pertanian negara Brasil. Hingga saat ini akurasi aplikasi Plantix dalam pengenalan penyakit tanaman mencapai tingkat akurasi 80-90%. Dengan demikian masih ada celah probabilitas Plantix tidak dapat menginformasikan suatu fenomena penyakit tanaman dari suatu foto yang diunggah pengguna. Namun demikian, aplikasi tersebut tetap memberikan alternatif solusi dengan fitur untuk meneruskan suatu foto tanaman yang gagal teridentifikasi kepada komunitas para ahli penyakit tanaman maupun kepada para petani berpengalaman yang tergabung di dalam grup.

Sebagai negara besar yang berbasis negeri agraris, aplikasi sejenis Plantix ini tentu sangat berguna untuk para petani kita. Kecanggihan teknologi komunikasi dengan hadirnya smartphone hingga ke pelosok dusun tentu akan lebih terasa kegunaan untuk menunjang aktivitas petani-petani kita. Daripada para petani turut terlarut dalam hiruk-pikuk debat politik dan ujaran kebencian, bukankah lebih baik jika handphone lebih didayagunakan untuk menunjang kegiatannya bertani? Tentu Anda semua setuju. Monggo.

Tepi Merapi, 29 Agustus 2018

 

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Alam dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Aplikasi Smartphone untuk Petani

  1. layangseta berkata:

    Wajib download nih

    Suka

  2. mastop berkata:

    Mas nanang ini magelangnya mana?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s