Perpanjang SIM Antar Daerah Tanpa Perlu Mutasi Lagi


Pindah domisili dari suatu daerah ke daerah lain, biasanya harus disertai dengan berbagai keribetan mengurus surat-surat penting. Yang KTP-lah. Yang KK-lah. STNK-lah.Termasuk SIM. Kepindahan kewargaan seseorang di negeri ini mengharuskan setiap kita harus berjibaku dengan urusan mutasi berbagai surat-surat penting tersebut. Capeknya lagi, meskipun konon kini sudah eranya layanan serba on-line, namun suka tidak suka, mau tidak mau, urusan mutasi surat penting masih direpoti dengan berbelitnya lika-liku birokrasi di berbagai lini.

Untuk urusan mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi alias SIM, saya masih membayangkan harus menguruskan mutasi keluar dari daerah asal di kepolisian resort masing-masing. Berbekal surat mutase asal, di tempat kepindahan kita mengurus pembaruan SIM berdasarkan KTP domisili yang baru. Betapa terasa ribet bin rempong bukan? Wira-wiri kesono-kemari. Habis waktu, biaya, dan butuh nyali untuk menembus ribetnya birokrasi pelayanan SIM secara resmi. Tidak mengherankan jika memikirkan rasa ribet yang akan dihadapi, lebih banyak orang yang memilih untuk pasrah kepada pihak jasa pengurusan mutasi SIM. Sebut saja melalui calo. Lebih praktis, tidak ribet meskipun harus keluar ongkos sedikit lebih banyak.

Halo? Ribet ngurus mutasi SIM? Rupanya bayangan keribetan yang harus kita hadapi tersebut kini sudah menjadi masa lalu. Melalui kebijakan pengaturan yang baru dari Polri, tidak ada lagi istilah mutasi SIM dalam rangka perpanjangan dan perpindahan domisili seseorang pemegang SIM. Dengan sistem online yang telah terintegrasi di seluruh Polres yang ada di tanah air, layanan perpanjangan SIM secara prinsip dapat dilakukan dimanapun. Kok bisa?

Seseorang yang akan memperpanjang SIM yang akan habis masa berlakunya tinggal datang ke unit layanan perpanjangan SIM. Dengan berbekal KTP asli (terkini) dan SIM lama, pemohon tinggal mengisi form untuk pembaruan data. Petugas selanjutnya akan langsung melakukan verifikasi data-data pemegang SIM. Apabila data dapat diakses (timbul), maka pihak Kepolisian akan langsung menerbitkan SIM baru dengan penyesuaian data domisili sesuai dengan KTP yang berlaku. Hal ini berlaku untuk semua jenis SIM untuk pengemudi kendaraan angkutan jalan raya.

Mengenai lama pemrosesan? Tentu tergantung banyak sedikitnya antrian. Namun jika segala persyaratan dan prosedur dilalui tanpa ada kekurangan, proses perpanjangan SIM online dilakukan tidak lebih dari 5 menit. Setelah data terverifikasi dengan benar, petugas akan memanggil pemohon untuk pengambilan foto. Dari pengambilan foto, pencetakan SIM-pun dilakukan tanpa jeda waktu yang lama. Justru dari sekian prosedur yang harus dilalui, mungkin proses pengisian formulir dalam rangka pemutakhiran data oleh pemohon itu yang memakan waktu paling lama. Dengan demikian secara umum sistem layanan ini sangat menggembirakan semua orang.

Tentu urusan menjadi sederhana bin simpel, jika tidak ada permasalahan dengan status SIM yang diajukan perpanjangannya. Namun untuk SIM yang sudah kadaluarsa atau pada saat pengajuan perpanjangan sudah terlampaui masa berlakunya, sesuai ketentuan tentu harus mengikuti mekanisme pengurusan tersendiri. Demikian halnya, jika pada saat dilakukan verifikasi oleh petugas data-data pemohon tidak muncul, tidak dapat diakses, atau tidak timbul, maka proses perpanjangan SIM akan diarahkan ke Polres dimana SIM lama tersebut diterbitkan.

Woow, it’s amazing. Di samping semakin luasnya jangkauan unit layanan perpanjangan SIM keliling, kini di berbagai tempat strategis Kepolisian juga telah banyak membuka gerai layanan perpanjangan SIM secara online. Bahkan di dekat tempat tinggal kami, gerai layanan perpanjangan SIM online menyatu di sebuah mall pusat perbelanjaan yang semakin mendekatkan kemudahan layanan kepada masyarakat. Sebuah inovasi dan terobosan layanan yang akan semakin meningkatkan profesionalisme kepolisian kita. Angkat topi tinggi-tinggi kepada Polri untuk hal ini.

Kami sedikit tahu informasi mengenai sistem layanan perpanjangan SIM terkini dari sedikit nguping pada saat kami melakukan pembayaran pajak kendaraan di gerai layanan SIM online di Mall @alamsutera, salah satu mall tetangga kampung kami.

Semoga layanan sistem online yang semakin cepat, hemat, dan tidak ribet ini nantinya juga dapat diterapkan untuk jenis-jenis layanan kepolisian yang lain, seperti pengurusan STNK, mutasi kendaraan antar daerah, SKCK, dan lain sebagainya.

Ngisor Blimbing, 7 Agustus 2018

Gambar dipinjam dari sini.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Nusantara dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s