Among Rogonya Alam Sutera


Di dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Semboyan atau nasehat bijak yang dulu kami percayai semenjak di bangku sekolah dasar tersebut konon kini sudah tidak begitu valid. Namun setidaknya kita semua pasti yakin bahwa kesehatan bagi tubuh kita mencakup kesehatan jiwa dan raga, lahir dan batin, fisik dan psikis, jasmani dan ruhani. Dengan demikian, olah raga sebagai salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh menjadi penting untuk dilakukan secara rutin.

Berbicara tentang olah raga, mungkin untuk alasan dan keperluan tertentu kita memerlukan tempat serta sarana prasarana yang khusus. Lapangan olah raga, sasana, bahkan sebuah stadion merupakan beberapa contoh tempat yang dibangun khusus untuk kepentingan olah raga. Di desa atau kawasan pinggiran mungkin masih banyak dijumpai lapangan olah raga, seperti lapangan bola volley dan sepak bola. Meskipun sasana olah raga dan stadion pada umumnya merupakan fasilitas olah raga yang berada di kota, namun bagi masyarakat perkotaan dengan lingkungan ruang publik yang serba terbatas, kehadiran suatu fasilitas olah raga merupakan suatu kemewahan tersendiri.

Mengingat fungsi dan kebutuhan gaya hidup sehat bagi masyarakat kota, banyak pengembang perumahan-perumahan modern di perkotaan melengkapi fasilitas publik di suatu lingkungan permukiman dengan sarana olah raga khusus bagi warga penghuninya. Hal demikian tentu memang menjadi fasilitas yang diberikan secara prioritas utama keada penghuni. Adapun bagi masyarakat umum di luar penghuni perumahan tidak secara serta merta dapat turut memanfaatkannya.

Tidak semua kawasan permukiman perumahan modern membangun fasilitas olah raga hanya khusus warganya. Ada pula beberapa kawasan publik yang merupakan bagian dari suatu perumahan maupun kawasan bisnis yang didedikasikan secara terbuka untuk dipergunakan bagi kalangan umum. Salah satu contoh sarana olah raga bagi masyarakay umum yang ingin saya ceritakan kali ini terletak di samping gerai IKEA yang menyatu dengan kawasan Alam Sutera Tangerang. Sebuah tempat bertuliskan Decathlon.

Decathlon sendiri sebenarnya merupakan sebuah megastore alias supermarket yang khusus mendistribusikan berbagai peralatan atau sarana prasarana penunjang kegiatan olah raga. Berhubung kegiatan bisnisnya memang berkaitan dengan olah raga, tidak mengherankan jika salah satu strategi untuk menarik orang dating ke gerainya, ataupun dalam rangka peran aktif memajukan olah raga sebagai salah satu bentuk CRS perusahaan, dilengkapilah sport megastore yang dikelolanya dengan sasana  atau playground untuk beberapa olah raga di area terbuka.

  

Ada lapangan bola basket. Ada lapangan futsal. Ada pelataran untuk aerobic dan yoga. Juga ada arena skateboard dan trampolin. Lengkap pula beberapa peralatan pendukung oleh raga, seperti bola basket, bola futsal, sepatu roda, skateboard, otopad dll. Dengan slogan “Kami Membuat Olah Raga Mudah Diakses Semua Orang”, playground milik Decathlon tersebut dapat dinikmati oleh semua orang secara percuma alias gratis. Monggo yang ingin berolah raga secara gratis, fasilitas yang ada dapat digunakan bersama-sama dengan kelompok olah raga masing-masing .

Ngisor Blimbing, 5 Agustus 2018

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Ngisor Blimbing dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s