Nonton Janthilan


Pada siang hari, selepas tiba di rumah Mbah Kakung, saya diajak Daffa menonton janthilan. Akhirnya kamipun berangkat. Saya menonton janthilan di Dusun Larangan. Saya menonton janthilan bersama Daffa, Nadya, dan Bulik. Perjalanan dari Dusun Kronggahan ke Dusun Larangan tidak begitu lama. Di jalan udaranya sangat dingin. Di jalan kami melihat petani yang sedang membajak sawahnya dengan kerbau.

Setibanya di Dusun Larangan, Bulik langsung memarkir motor. Ternyata di sana sudah banyak orang. Kami segera mencari tempat untuk menonton. Setibanya di tempat untuk menonton, ternyata pertunjukannya segera dimulai.

Para pemain itu mulai berjoget-joget. Pertunjukannya sangat seru. Akhirnya baronganpun keluar. Kamipun segera berpindah tempat karena Daffa takut. Barongan itu juga ikut menari-nari.

Seketika barongan itu jatuh terguling-guling ke luar area pertunjukan. Ternyata orang yang ada di dalam barongan itu kesurupan. Akhirnya orang-orangpun membantu membukakan barongan tersebut. Setelah itupun orang yang menjadi barongan itu menari-nari sambil kesurupan.

Akhirnya dalangpun menaburkan bunga di area pertunjukan. Ada dua orang yang kesurupan. Salah satu pemain yang kesurupan ada yang memakan daun.

Selepas itu cuacapun hujan. Sayapun menunggu sampai hujan reda. Akhirnya hujanpun reda. Ternyata kaki saya kotor karena terkena pasir.

Setelah itu saya membeli permen gulali dan pop-ice. Setelah membeli pop-ice, Bapak dan mamapun datang. namun sayang, kami sudah ingin pulang. Akhirnya kamipun pulang.

Tulisan by Si Ponang

Foto jatilan dipinjam dari sini.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Kenyung dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Nonton Janthilan

  1. rumahpintar256 berkata:

    Dulu, sewaktu saya kecil sering sekali lihat jathilan.

    Seru klo pas ada yg kerasukan dan ngejar2 penonton yg pake kaos merah..😎😎

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s