Demokrasi ala Kampung Kami


Demokrasi biasa dipahami dengan berbagai versi dan persepsi. Di tingkat kelompok masyarakat tertetu, sebagaimana di kampong kami, pemilihan pemimpin lingkungan adalah wujud sebuah demokrasi. Tidak dengan musyawarah mufakat untuk mencari sosok pimpinan RT, di lingkungan kami diadakan pemilihan Ketua RT secara langsung yang diikuti oleh seluruh warga yang memiliki hak pilih secara syah.

Seakan tidak mau kalah dengan gegap gempitanya pemilihan kepala daerah, baik di tingkat kabupaten, kota, ataupun provinsi pada tahun ini, kampong kami khususnya di lingkungan RT 04 mendahului perayaan pesta demokrasi. Sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan pemangku Ketua RT yang lama, maka diselenggarakannlah pemilihan Ketua RT yang baru untuk masa bakti 2018-2021.

Meskipun skop wilayah kekuasaan seorang Ketua RT hanya sebatas puluhan atau paling banyak ratusa warga, namun antusiasme beberapa orang yang mencalonkan diri cukup ramai. Setidaknya ada empat orang calon yang turut berlaga pada kontestasi pemihan Ketua RT kami yang baru.

Tidak berbeda dengan mekanisme pemilihan kepada daerah ataupun anggota legislative, semua tahapan pemilu juga dilangsungkan di lingkungan kami. Mulai dari pendataan dan pemutahiran data calon pemilih, verifikasi, termasuk pemberian undangan kepada warga yang berhak memilih. 

Akhirnya hari penentuan itupun datang. Semenjak pagi para panitia pemilihan  telah bersiap siaga di lapangan salah satu warga yang disulap sebagai tempat pemungutan suara. Semenjak pagi pula, ratusan warga yang memiliki hak pilih datang berbondong-bondong untuk menunaikan hak pilihnya.

Setelah paruh hari terlewati, sebagaimana aturan yang telah disepakati maka penghitungan suarapun dilakukan. Satu per satu surat yang terlipat itu dibuka dan dilihat calon siapakan yang tercoblos. Hingga akhirnya penghitungan surat suara selesai dilakukan secara tuntas, maka diketahuilah kemenangan salah satu diantara keempat calon Ketua RT yang turut dalam kontes. Rupa-rupanya Ketua RT baru kami justru merupakan calon yang termuda diantara para calon lainnya. Kemenangan tersebut disambut gembira oleh kami semua. Setidaknya kami berpengaharapan akan ada perubahan yang jauh lebih baik dan progesif atas kepemimpinan RT di tangan anak muda.

Usai secara syah dinyatakan sebagai pemenang pemilihan RT, wargapun berpesta. Bunyi rentetan petasan segera membahan ke angkasa. RT baru kamipun dengan diiringi pendukung dan warga yang lain segera bersafari mengelilingi kampong kami. Satu per satu gang-gang disambangi. Jadilah sebuah pawai arak-arakan yang mengundang kemeriahan tersendiri. Satu per satu rumah warga disambangi, Satu per satu warga, baik bapak-bapak maupun ibu-ibu disalami agar memberikan doa dan restu bagi Ketua RT baru kami. Semoga nuansa kegembiraan tersebut akan membawa kemajuan bagi lingkungan tempat tinggal kami.

Ngisor Blimbing, 12 Februari 2018

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Ngisor Blimbing dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s