Mangut Lele Mantap Sedunia dari Magelang


Mangut lele? Pernah merasakan sensasi menu masakan special tersebut? Mangut lele mungkin memang tidak sepopuler pecel lele. Hampir di setiap sudut kota di seantero Nusantara kita dapat menemukan dengan mudah warung tenda pinggir jalanan yang menyajikan menu pecel lele. Sangat beda halnya dengan menu mangut lele. Hal ini lah yang menjadikan menu mangut lele menjadi spesial karena jarang dijumpai di berbagai daerah.

Berbeda dengan menu peecel lele dimana setelah lele digoreng kering langsung siap disantap bersama lalap dan sambal, pada menu mangut lele mengharuskan lele yang sudah digoreng menjalani proses masak lanjutan. Aneka bumbu dan rempah, seperti cabe, bawang merah, bawang putih, kuncir, kunir, dan lengkuas dihaluskan dengan diuleg. Bumbu tersebut ditumis hingga membangkitkan aroma sedap nan menantang. Untuk menambah rasa sedap dan aroma harum ditambahkan pula daun salam. Sejurus kemudian tumisan bumbu tersebut dilarutkan ke dalam larutan santan secukupnya. Santan sengaja tidak terlalu banyak untuk mendapatkan kuah yang kental nan nyemek.

Santan yang menghangat senantiasa diaduk agar buihnya tidak pecah. Setelah semua bumbu meresap ke dalam santan dan santan sudah mendidih, barulah ikan lele yang sebelumnya digoreng dimasukkan ke dalam larutan santan. Tidak perlu menunggu terlalu lama, proses selanjutnya hanyalah meresapkan bumbu dan kaldu. Mangut lelepun siap memanjakan lidah para pemujanya.

Menu mangut lele merupakan salah satu menu khas di daerah Jogja dan Magelang. Di seputaran wilayah Magelang, tempat paling spesial untuk menikmati sajian kuliner mangut lele ya di Rumah Makan Purnama yang berada di pinggir Jalan Utama Magelang-Jogja. Letaknya memang sedikit masuk tepat di sisi kiri sebelah utara jembatan Kali Pabelan dari arah Magelang.

Rumah makan dengan andalan menu spesial mangut lele ini sudah terkenal semenjak 1965. Semua kalangan penikmat mangut lele pasti tahu tempat ini. Di samping resep rempah dan bumbu turun-temurun andalan keluarga, mangut lele di warung tersebut tetap bertahan kenikmatannya dengan satu rahasia cara masak yang tidak pernah berubah. Ya, setiap tahapan pembuatan mangut lele dilakukan di atas tungku berbahan bakar kayu bakar. Cara ini tidak pernah berubah dan masih dipertahankan hingga kini.

Selain menu mangut lele, di Warung Makan Purnama juga dilengkapi dengan berbagai menu yahut lainnya. Ada pecel sayuran, ada wader iwak kali, ada tahu-tempe bacem, opor puyuh atau bebek, dan lainnya. Soal harga tentu sangat murah meriah (terlebih jika dibandingkan dengan sensai rasanya). Tidak mengherankan jika warung sederhana ini senantiasa menjadi langganan dari berbagai kalangan yang sekedar lewat dan mampir, maupun yang benar-benar secara khusus menyambangai tempat tersebut. Adalah pemandangan lumrah ada sopir, pegawai, birokrat, politisi, juga para turis makan dengan sumringah dan kenyang.

Beberapa hari silam, ketika beberapa kolega dari ibukota menyambangi Magelang, saya sengaja memabawa mereka untuk mampir menikmati menu spesial mangut lele di sana. Dan dugaan saya tidak salah, rekan-rekan tersebut benar-benar terhajar oleh sensasi gurih, sedap, dan pedasnya menu mangut lele. Secara spontan mereka mengungkapkan baru kali tersebut menyantap menu lele yang sungguh membuat ketagihan. 

Tepi Merapi, 13 November 2017

Foto-foto atas dipinjam dari Tribun Jogja.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Magelangan dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Mangut Lele Mantap Sedunia dari Magelang

  1. abu4faqih berkata:

    Mantap… menu kesukaan saya sejak SD ini, Mas. Sesekali mesti coba warung itu… insya’Allah. Saya sendiri pingin suatu ketika nanti buka warung sendiri di Jakarta/Depok untuk menu2 khas Magelang yang belum ada di sini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s