Berlomba Sambut Ramadhan


Ramadhan akan segera tiba. Waktu satu minggu bukanlah waktu yang lama. Ya, seminggu lagi kita akan dipertemukan lagi dengan bulan mulia, bulan suci Ramadhan. Saya jadi teringat nasehat dari para ustadz dan penceramah, “Barang siapa ummat Islam yang tidak bergembira akan kedatangan Ramadhan, maka ia bukan termasuk dari golongannya ummat Nabi Muhammad SAW.”

Sudah tentu dikarenakan kita ingin tergolong sebagai ummatnya Nabi Muhammad, kita bergembira menyambut Ramadhan. Kegembiraan tersebut seringkali kita ungkapkan dalam kalimat Marhaban Ya Ramadhan. Nah kalau kita benar-benar bergembira atas datangnya Ramadhan tahun ini, adakah persiapan-persiapan yang sudah kita lakukan? Ataukah kita hanya sampai pada ungkapan Marhaban Ya Ramadhan tanpa ada tindakan-tindakan nyata yang kita lakukan?

Berpikir tentang antusiasme ummat Islam menyambut kedatangan Ramadhan dan menganalogikakannya sebagai sebuah perlombaan, sepertinya ummat Islam di hari-hari ini sudah kalah telak dengan berbagai perusahaan penyedia produk barang maupun jasa. Mungkin masih banyak diantara saudara kita yang masih punya hutang puasa di tahun lalu dan kini baru sengkut untuk menebus hutangnya, sementara layar tivi kita sudah diserbu dengan sirup segar, sarung tenun, obat magh, kurma, menu buka puasa, bahkan sudah tersaji kue lebaran.

Sesiap-siapnya ummat Islam menyambut dan bergembira atas kedatangan Ramadhan, ternyata para pengusaha, para kaum kapitalis, para produsen, para pemasok dan distributor telah jauh lebih siap dalam rangka “mengeksploitasi” nafsu ummat Islam yang tetap tidak terkendali, bahkan dengan puasa sebulan penuh sekalipun. Kita tentu tidak heran ketika banyak pernyataan para ibu rumah tangga yang mengalami lonjakan anggaran belanja kebutuhan sehari-hari justru pada Bulan Puasa. Bulan Puasa bukannya bulan yang penuh keiritan. Bulan Ramadhan justru menjadi bulan berbudget tinggi.

Kenapa bisa demikian. Monggo untuk tahun ini hal tersebut bisa menjadi bahan perenungan kita yang mendalam, bahkan pada hari-hari dimana kita tengah menyongsong kedatangan Ramadhan tahun ini. Ya, di hari-hari ini. Monggo…..

Ngisor Blimbing, 18 Mei 2017

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Religi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s