Redalah Jakarta Kita


Hiruk pikuk Pilkada Jakarta telah mengaduk-aduk emosi kita. Tidak hanya warga Jakarta, hawa panas suasana ibukota bahkan menyebar sampai ke pelosok-pelosok desa dan gunung. Berbagai perdebatan telah membawa perbedaan pendapat yang cukup tajam. Tidak di dunia nyata, bahkan hawa panas itu semakin terasa di ranah dunia maya. Hampir seluruh elemen masyarakat terseret kepada arus pro dan kontra.

Hari penentuan telah berlalu. Hasil pungutan suara pilihan warga yang memiliki hak pilih telah kita ketahui bersama (setidaknya hasil penghitungan cepat dari beberapa lembaga survei, meski bukan versi resmi KPUD). Kontestasi di antara dua kandidat yang turut serta dalam sebuah pemilihan, tentu hanya akan memunculkan dua kemungkinan bagi masing-masing kandidat. Satu menjadi yang terpilih, dan lainnya menjadi yang tidak terpilih. Di sinilah kemudian dibutuhkan sikap kedewasaan politik diantara kedua pihak tersebut. Yang terpilih jangan jumawa, dan yang tidak terpilih jangan pula nelangsa. Semua ini hanyalah sekedar permainan dunia.

Masa beradu argumen, beradu pendapat, berbeda pilihan dalam rangka memilih pemimpin terbaik di Jakarta telah usia. Siapapun yang terpilih itulah hasil sebuah proses demokrasi yang kita sepakati bersama. Terlepas dari segala rupa dan macam kekurangan yang menyertainya, kini saatnya kita kembali bersatu padu untuk membangun Jakarta, membangun daerah kita masing-masing, dan pastinya membangun negara yang sama-sama kita cintai. Indonesia bukan hanya Jakarta. Indonesia lebih daripada sekedar Jakarta. Indonesia bagian terkecil dari desa saya.

Gajah Mada, 20 April 2017

Gambar dipinjam dari sini.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Bubrah dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s