Mangkatnya KH Abdul Rozak Pengasuh Ponpes Nurul Falah Magelang


Belum genap sepasar dina atau lima hari, ummat Islam tanah air kehilangan KH Hasyim Muzadi mantan Ketua Umum PB NU, Ahad 19 Maret 2017, wabil khusus ummat Islam di wilayah Magelang bertambah haru biru dengan mangkatnya KH Abdul Rozak. KH Abdul Rozak merupakan pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Nurul Falah, Tegal Randu, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Menurut penuturan beberapa pelayat, Mbah Kyai sama sekali tidak sakit sebelumnya. Selepas memimpin sholat dan mengisi pengajian Ahad pagi itu, Mbah Kyai merasa sakit di bagian perutnya. Demi memastikan apa yang dirasakan, KH Abdul Rozak segera dibawa ke rumah sakit. Namun di tengah perjalanan ke rumah sakit tersebut, Allah SWT berkehendak lain. KH Abdul Rozak kapundhut ing kasedan jati.

Ribuan santri dan ummat Islam di Magelang dan sekitarnya turut melayat KH Abdul Rozak. Nampak jajaran para alim ulama, baik kerabat maupun teman sejawat almarhummah  turut melayat dan larut dalam bela sungkawa. Tak ketinggalan jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Magelang, termasuk Bupati Zaenal Arifin, juga melepas kepergian ulama ternama dari lereng Merapi tersebut ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Sekitar pertengahan tahun 2000-an, saya pernah sowan dan berbincang langsung dengan Mbah KH Abdul Rozak. Waktu itu beliau adalah Ketua Asosiasi Penambang dan Pengusaha Pasir Merapi (APPPI). Tentu saja tema diskusi kami pada waktu itu berkaitan dengan kegiatan penambangan pasir di daerah Jurang Jero yang sangat berdekatan dengan tempat tinggal kami. Salah satu misi utama APPPI adalah menjembatani kepentingan penambang pasir tradisional dan manual yang berhadapan dengan penambang pasir modern yang menggunakan perlengkapan bighoe. Tentu saja tujuan utama di samping soal penegakan keadilan ekonomi, juga berkaitan dengan kelestarian lingkungan hidup.

Interaksi antar keluarga kami dengan KH Abdul Rozak berlanjut. Bahkan pada saat kedua orang tua kami menunaikan ibadah haji pada tahun 2013 silam,  KH Abdul Rozak pulalah yang memberikan bimbingan manasik hingga memimpin rombongan di tanah suci.

Sugeng kondur Mbah KH Abdul Rozak. Mugi tansah minulya ing kasedan jati.

Gladak Surakarta, 21 Maret 2017

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Tokoh dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Mangkatnya KH Abdul Rozak Pengasuh Ponpes Nurul Falah Magelang

  1. kusumah wijaya berkata:

    Innalillahi wainna ilaihi rojiun, omjay dan keluarga turut berduka cita

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s