Eksotika Air Terjun Lembah Anai


lembah-anai1Perjalan dari Padang menuju Payakumbuh yang kami lewati pagi itu semakin mendaki jalan-jalan berkelok dan menanjak. Kanan kiri jalanan terdapat tebing dan jurang yang menimbulkan kengerian jika membayang ada pengemudi mengantuk yang menumbuk tebing atau justru terjun ke sisi jurang yang dalam. Namun ketika jalanan memasuki sebuah dataran sebuah ngarai, dari kejauhan nampak ada curahan air terjun yang jatuh di tengah jalan. What! Air terjun di tengah jalan? Apakah jalan yang akan kami lalui melintasi sebuah batang sungai tanpa jembatan?

Demikianlah kira-kira pemikiran saya selintas saat. Rupanya dikarenakan jalanan yang membelok seolah-olah menampakkan jatuhan air terjun di sisi kiri tebing yang cukup tinggi itu jatuh di tengah jalanan. Setelah sejenak kemudian kami semakin mendekat ternyata jatuhan air terjun tersebut tepat berada di sisi kiri jalan yang memang melengkung dan sedikit menurun. It’s wonderfull, ngedap-edapi, demikian decak kekakaguman di batin saya. Inilah air terjun yang terkenal sebagai Air Terjun Lembah Anai.

Seumumnya air terjun, biasanya memang banyak terdapat di celah-celah pegunungan. Yang paling banyak kita jumpai adalah air terjun prawan selalu berlokasi di pedalaman, bahkan di tengah belantara hutan. Untuk menuju kebanyakan air terjun  kita harus manapaki jalanan setapak yang masih berupa tanah, atau kalaupun sudah dikeraskan jalanannya benar-benar sempit. Intinya sangat jarang kita jumpai sebuah air terjun berada tepat di tepian jalan raya sehingga pengunjung tidak perlu bersusah payah untuk menikmati keindahannya.

lembah-anai2

Lembah Anai, merupakan celah dataran diantara ceruk tebing-tebing kaki Gunung Marapi dan Singgalang. Lokasi Lembah Anai berada di daerah Padang Panjang, dilintasi jalur utama Padang – Bukittinggi. Keberadaannya yang tepat di pinggiran jalan menjadikan hampir setiap orang yang melintasi air terjun tersebut sejenak berhenti untuk menikmati keindahan agung anugerah alam karya cipta Tuhan Yang Maha Agung. Bahkan bagi siapapun yang sudah pernah ataupun sering melintasi air terjun yang satu ini seolah-olah tidak pernah ada rasa bosan untuk selalu menyambanginya.

Keadaan sisi tebing atas yang mengucurkan batang air terjun merupakan rerimbunan hutan belantara yang masih lebat menghijau. Pepohonan besar dan kecil berjajar rapat seolah menjadi pagar hidup yang menyejukkan. Suasana asri, rindang, dan sepoi-sepoi menjadikan sekeliling jatuhan air terjun menjadi dingin. Hempasan air yang jatuh di sebuah cekungan yang membentuk kolam yang dibentengi ribuan bebatuan terasa sangat kencang namun lembut menyapa muka dan kulit kita.

lembah-anai3

Tidak hanya sekedar menikmati panorama pemandangan yang mengundang rasa decak kagum, banyak diantara para pengunjung yang turun ke genangan air. Bahkan beberapa diantaranya menikmati kesejukan air dengan mandi beramai-ramai. Sebuah momentum kebersamaan dengan keluarga ataupun orang-orang terdekat di jaman kini tentu akan lebih berkesan jika diabadikan melalui lensa kamera.

Di samping eksotika air terjun Lembah Anai, ada sebuah pemandangan di seberang jalan dari posisi air terjun yang bagi saya cukup menarik. Di sisi lain dari jalan tersebut pada posisi tanah yang lebih tinggi terdapat jalur rel kereta api. Rel tersebut merupakan sisa peninggalan jaman Belanda. Dulunya jalur Padang hingga Bukittinggi, selain melalui jalur jalan raya biasa, juga tersambung dengan jaringan kereta api. Keunikan rel yang sempat saua amati adalah keberadaan rel bergerigi di sisi tengah dua lajur besi yang seumumnya terdapat pada jalur rel lainnya. Setahu saya rel semacam ini juga ada di jalur lintasan Ambarawa hingga Bedono ke arah Magelang.

lembah-anai4

Lor Kedhaton, 13 Januari 2017

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Alam dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s