Rekreasi Murah Meriah ala Untung Jawa (3)


Menikmati Sensasi Keindahan Pantai Arsa – Untung Jawa

Belum sempat menuntaskan keseluruhan postingan mengenai rekreasi murah merial ala Untung Jawa di akhir tahun lalu, tersiar kabar mengenai tragedi terbakarnya KM Zahro Express yang melayani rute pelabuhan Kaliadem(Muara Angke) menuju Pulau Tidung pada 1 Januari 2017 pagi hari. Tentu saja kabar tersebut sempat membuat perasaan merinding karena seminggu sebelumnya kami sekeluarga tepat berada di sekitar jalur tempat terjadinya kecelakaan tersebut.

pantai-arsa4

Berbeda dengan KM Zahro Express yang lebih besar dan merupakan kapal cepat, kapal yang kami tumpangi dalam lawatan kami “hanyalah” kapal nelayan kecil bermesin biasa. Sebuah kapal yang sangat sederhana. Tidak ada tiket resmi, tidak ada manifes penumpang, bahkan pelampung keselamatan penumpang. Ditambah lagi pada saat kepulangan, kapal kecil kami sempat diterjang ombak ganas yang meninggi bahkan sampai mencipratkan air ke muka dan tubuh para penumpang. Namun kasih Tuhan masih menyertai kami semua. Ya, puji syukur alhamdulillah kami diberikan keselamatan untuk tetap berkumpul bersama keluarga tercinta.

Kembali kepada inti cerita menikmati sensasi keindahan Pantai Arsa. Pulau Untung Jawa, meskipun tidak seberapa luas, namun memiliki beberapa pantai yang indah nan elok. Diantara pantai-pantai tersebut, Pantai Arsa merupakan pantai paling favorit yang dipilih pengunjung untuk menikmati Untung Jawa. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang bermandi ria, menikmati berbagai wahana permainan air yang ada, maupun hanya sekedar duduk-duduk di tepian pantai menikmati semilir angin laut yang membuat siapapun terkantuk-kantuk di siang bolong.

pantai-arsa3

Hal-hal apa sajakah yang menjadikan Pantai Arsa menjadi pantai paling favorit bagi para pengunjung Pulau Untung Jawa? Berikut beberapa alasan menurut pendapat saya pribadi:

  1. Letak Strategis

Pantai Arsa membentang di sisi barat Pulau Untung Jawa tepat di sisi dermaga kedatangan. Hal tersebut menjadikan Pantai Arsa menjadi gerbang sekaligus muka selayaknya etalase sebuah toko. Tidak mengherankan jika pengunjung merapatkan kapal dan mendaratkan kaki pertama kali di Untung Jawa, maka di depan mata langsung disuguhi bentangan Pantai Arsa. Turun dari dermaga, pengunjung hanya perlu berjalan beberapa langkah menuju Pantai Arsa. Tidak perlu berlelah jalan jauh dan tidak perlu berkeringat di bawah terik matahari.

2. Kondisi Pantai

Panjang pantai mungkin tidak lebih dari 200 meter, namun pasir putihnya yang lembut serasa sangat menggoda telapak kaki bagi siapapun yang ingin menyusurinya. Hampir di sepanjang hari sisi Pantai Arsa senantiasi diterpa angin laut yang semilir kencang. Meskipun diterpa terik sinar matahari tatkala hari cerah terang benderang, namun terpaan angin yang kencang tidak menjadikan udara terasa sangat gerah. Hal ini sangat jauh berbeda dengan pesisir pantai di sisi timur Pulau Untung Jawa yang nihil hembusan angin hingga udara terasa sangat gersang saking sangat panasnya.

pantai-arsa1

pantai-arsa6

Pantai Arsa berada di landaian daratan yang rata. Hal ini tentu saja memberikan dampak ombak yang meskipun dinamis naik-turun ketinggiannya namun tetap dirasa nyaman dan tidak membahayakan. Bibir pantai yang terendam basahan air cukup memberikan ruang leluasa untuk berbagai aktivitas menikmati suasana pantai. Hamparan pasir putih pasah bisa dinikmati anak-anak untuk bermain pasir-pasiran, sepak bola, ataupun sekedar duduk-dudukan santai.

3. Wahana Permainan Air

Berada di suatu pantai tanpa menikmati air asinnya sangat disayangkan. Bagaikan air laut tanpa garam, sangat terasa hampar dan pastinya sangat tidak jangkep. Air laut dengan gulungan ombaknya senantiasa menantang siapapun untuk mencumbuinya. Bisa sekedar basah-basahan kaki, atau bahkan sekalian mandi di pantai. Ibarat sudah basah, tanggung kalau tidak basah seluruh badan alias mandi. Bukankah tidak setiap saat kita bisa mandi di pantai?

Bagi pengunjung yang ingin sekedar berbasah badan ataupun mandi, pengunjung tinggal bermodal celana kolor bisa langsung terjun bebas. Bagi anak-anak maupun juga pengunjung dewasa yang ingin merasa lebih aman dan nyaman, di sepanjang Pantai Arsa berderetan lapak penyedia penyewaan pelampung dengan beragam bentuk dan ukuran.

pantai-arsa5

Di samping sekedar ciblon air laut di bibir pantai, bagi pengunjung yang merasa tertantang untuk menikmati air laut di lepas pantai yang lebih ke tengah, ada beberapa wahana wisata permainan laut yang bisa dilakukan. Ada banana boat ataupun donat boat. Keduanya merupakan pelampung balon berukuran besar yang bisa dinaiki pengunjung. Banana boat, tentu saja berbentuk pisang raksana memanjang. Sedangkan donat boat, justru tidak berbentuk lingkaran berlobang sebagaimana kue donat yang kita bayangkan. Donat boat lebih mirip bentuk bantal dengan beberapa lobang di bagian tengahnya. Pada lobang-lobang itulah penumpang duduk dengan ikatan sabuk pengaman yang cukup erat.

Baik banana maupun donat boat selanjutnya akan ditarik dengan kapal motor cepat ke sisi tengah lautan. Tentu saja untuk memastikan keselamatan, setiap penumpang dilengkapi dengan pelampung. Hembusan angin laut yang kencang, ditambah dengan hempasan air yang terbelah sepanjang lintasan boat tentu menjadi sensasi yang dapat memacu adrenalin pengunjung. Terlebih untuk para penumpang banana boat, sensasi pengalaman akan bertambah dahsyat tatkala perahu penarik tiba-tiba berbelok sangat tajam untuk kemudian berhenti secara mendadak. Dalam keadaan demikian, banana boat langsung miring dan mengguling sehingga seluruh penumpang di atasnya langsung dihempaskan ke badan air. Semuanya menjadi basah kuyup sambil terapung-apung di tengah laut.

pantai-arsa2

Ada lagi satu kegiatan air yang diawali dari Pantai Arsa, yaitu snorkling. Snorkling merupakan aktivitas menikmati panorama dasar pantai atau laut dengan cara mengapungkan badan di permukaan air. Pengunjung dilengkapi dengan peralatan khusus yang memadukan dua fungsi sekaligus, yaitu kaca mata pembesar dan peralatan pernafasan sederhana. Kegiatan snorkling tidak dilakukan di pesisiran Pulau Untung Jawa. Wisata snorkling dilakukan di Pulau Rambut, sebuah pulau di sisi barat laut Pulau Untung Jawa. Namun titik keberangkatan dan kembali dilakukan dari dermaga utama tepat di sisi depan Pantai Arsa.

4. Fasilitas Pendukung

Pantai tentu saja sangat identik dengan berbagai permainan air. Pantai Arsa menyediakan banyak lapak penyewaan berbagai peralatan penunjang yang diperlukan. Ada pelampung, mainan anak-anak, peralatan snorkling, mancing, baju renang, kaca mata air, papan selancar, dll. Selain jasa penyewaan alat, banyak pula penyedia jasa pemandu untuk membimbing berbagai permainan air yang ditawarkan. Ada paket-paket wisata dengan harga yang sangat terjangkau. Misalnya dengan merogoh kocek sebesar Rp 100.000,- pengunjung dapat menikmati paket naik banana dan donat boat, serta snorkling di Pulau Rambut.

Selain penyedia jasa peralatan permainan air, di sepanjang Pantai Arsa juga berderetan warung maupun penjaja makanan dan minuman. Panas-panas menikmati panorama dan suasana pantai, tentu saja lama kelamaan menjadikan perut lapar dan keroncongan. Pengunjung dapat menikmati makan siang istimewa. Ada banyak tawaran menu makanan yang bisa dicoba untuk memanjakan lidah yang kelaparan. Ikan bakar, ikan goreng, sambal lengkap dengan lalapannya hadir dengan harga bervariasi, mulai Rp. 20.000,- hingga Rp.200.000,-. Harga berbagai menu makanan maupun minuman di Untung Jawa tergolong standar murah, sangat berbeda dengan harga di tempat wisata lain yang biasanya dipatok lebih mahal.

untung-jawa-homestay

Fasilitas pendukung lain yang sangat diperlukan oleh penikmat wisata pantai adalah tempat bilas. Di sepanjang jalanan kampung di sekitar Pantai Arsa berjajar banyak sekali rumah warga yang disulap menjadi tempat bilas yang disewakan. Selain kamar mandi untuk bilas dan bebersih badan, tentu saja fasilitas tersebut dilengkapi dengan wc serta toilet yang senantiasa terjaga kebersihannya.

Bagi para pengujung atau wisatawan yang merencanakan untuk menikmati eksotika Pulau Untung Jawa dalam beberapa hari sekaligus dan ingin menginap di sana, tersedia puluhan rumah warga yang juga difungsikan menjadi homestay. Tarif homestay di Untung Jawa bervariasi dari Rp. 150.000,-  per kamar hingga Rp. 600.000,- untuk sewa rumah buat sekeluarga. Ada fasilitas kamar mandi dalam, tempat tidur berbagai ukuran, televisi, juga AC. Untuk kunjungan keluarga, biasanya diberikan sarapan secara gratis.

Untuk keperluan ibadah, Pantai Arsa tidak begitu jauh dengan Masjid Jamik Untung Jawa yang berdampingan dengan Kantor Kelurahan. Hanya dengan tiket Rp. 50.000,- per orang untuk menyeberang pulang-pergi, Pulau Untung Jawa menjadi pilihan wisata berbasis pantai dan laut yang sangat murah meriah untuk dikunjungi. Belum pernah ke sana? Tertarik untuk ke sana? Saya jamin Anda akan ketagihan untuk tidak hanya sekali menyambangi Pulau Untung Jawa.

Lor Kedhaton, 5 Januari 2017

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s