Makjegagik Bersama Dhe Blontank


Makjegagik! (yang ini tak ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia) berjumpa dengan senior ngeblog, pendiri Komunitas Blogger Tidar, Magelang, di mBanten. maunya minggir buat nerusin ngobrol, malah ketangkep orang KPK “, demikian tulis Pakdhe Blontank di salah satu status medsosnya hari ini.

bersama-dhe-blontank

Makjegagik memang sebuah ungkapan yang tidak bisa diwakili dengan kata apapun, baik bahasa Ngindonesya maupun bahasa planet manapun. Makjegagik adalah ungkapan tidak terduga yang seolah menghentikan detak jantung untukk sesaat. Sangat mendadak tiada terkira. Memang sudah sekian lama saya tidak pernah jagongan langsung dengan Danyangnya Blogger Bengawan ini. Terakhir bertemu beliaunya sudah dua tahun silam tatkala event Jagongan Media Rakyat 2014 silam di Jogja.

Pagi menjelang siang tadi memang saya terjadwalkan untuk ngayahi tugas ke Malang. Setelah check-in di Terminal 3 Bandara Soetta, sayapun bergegas menuju gate keberangkatan. Pikir saya lebih baik duduk menunggu santai di dekat gate, sekalian menunggu rekan-rekan lain berkumpul. Baru turun dari eskalator yang menghubungkan ke lantai dasar, makjegagik itu terjadi. Sosok berbaju kuning nyangklong tas ransel yang kebetulan sedang menengok. Sayapun segera menyergahnya, “Dhe! Meh ning ndi?” Iapun menoleh dan tersenyum.

Niat hati Dhe Blontank mengajak keluar ke sisi smoking area, namun kembali ada yang makjegagik. Kami berdua kemudian “digiring” ke meja para punggawa KPK. Makjegagik yang ke tigapun tak terelakkan. Pagi menjelang siang itu betapa terjadi beberapa kali makjegagik-makjegagik yang sangat kebetulan.

Obrolanpun segera mengalir renyah. Meski sempat lamat-lamat mengingat beberapa wajah para punggawa KPK, namun aslinya saya belum kenal lebih jauh dengan mereka. Namun dari obrolan yang mengemuka, beberapa hal ada yang nyambung juga.

Melampaui obrolan mengenai isu-isu di internal lembaga rasuah yang menjadi ujung tombak harapan publik akan terkikisnya perilaku pidana korupsi di negeri ini, tema obrolan beralih dengan aktivitas rekan-rekan komunitas blogger. Dengan mengetengahkan beberapa rekam jejak jambore atau kopdaran akbar yang pernah dilakukan dan juga kegiatan sukarelawan yang dilakukan para narablog, sempat terungkap harapan diadakannya diskusi ataupun road show untuk menggalang kembali potensi kekuatan para citizen jurnalist di jalur media blog.

Pakdhe Blontank sendiri, sebagaimana cita-cita luhurnya untuk membangun keberdayaan komunitas blogger di berbagai daerah, ia mengungkap kembali pengalaman-pengalaman bagaimana menjembatani kepentingan para relawan blogger dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti pihak sponsorship dan institusi pemerintah. Dengan positif portofolio dan rekam jejak yang dibangun komunitas blogger, dimungkinkan tumbuhnya kerja sama dengan sponsorship dalam posisi tawar setara dan sejajar secara bermartabat. Kedua belah pihak sama-sama ngewongke, duduk dan berdiri dalam kesetaraan kepentingan. Dan spirit serta virus inilah yang ingin terus dibangun Pakdhe Blontank ke berbagai jaringan komunitas blogger.

Dalam obrolan terungkap pula pengalaman keterlibatan Dhe Blontank pada beberapa kontes lomba penulisan di media blog. Dunia blog senantiasa tumbuh dan berkembang secara sangat dinamis. Bibit-bibit blogger muda terus bermunculan. Bahkan dalam sebuah kontes penulisan yang bertema cukup berat, beberapa juaranya justru blogger masih usia SMP-SMA. Sebuah fakta yang senantiasa menjadikan media blog akan tetap eksis dalam rangka memperkaya konten-konten tulisan kritis dan membangun di dunia internet.

Gayung bersambut dari rekan-rekan punggawa KPK yang ingin meneruskan rintisan kerja bareng komunitas blogger sebagaimana sudah dimulai di masa Pak Johan menjabat Deputi Pencegahan beberapa waktu silam. Di samping agenda terdekat dalam rangka Hari Anti Korupsi bulan depan, ke depannya ada itikad untuk lebih erat lagi menggandeng berbagai komunitas blogger dalam berbagai diskusi, talkshow, lomba kepenulisan maupun roadshow untuk menggemakan spirit anti korupsi ke berbagai lapisan masyarakat.

Tanpa turut banyak nimbrung secara langsung dalam obrolan singkat namun sangat sarat makna pagi menjelang siang tadi, sayapun turut mengaminkan setiap itikad mulia untuk turut berkontribusi dalam membangunan kemajuan negeri yang sama-sama kita cintai ini. Monggo keep spirit for blogging sedulurku semua. Benar-benar makjegagik yang sungguh berarti di hari ini. Matur nuwun atas traktiran ice coffenya Pak Dhe!

Malang, 2 Noovember 2016

Foto: Dipinjam dari hasil jepretannya Pakdhe Blontank.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Blogger dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s