Hotel Bangi Putrajaya


Rekam Jejak Menyambangi Bandar Baru Bangi (8)

Pada saat menerima undangan untuk mengikuti sebuah Regional Workshop yang akan digelar di Bandar Baru Bangi, saya menganggapnya sebagai sebuah peluang pengalaman baru. Beberapa kali sempat mengunjungi Negeri Jiran Malaysia, dua diantaranya menginap di Kuala Lumpur (KL) dan satu yang lainnya di Melaka. Demikian mendengar tempat menginap kami di Hotel Bangi Putrajaya, saya langsung membayangkan sebuah kesempatan baru untuk lebih mengenal Putrajaya, ibukota pemerintahan yang baru.

hotel-bangi-putrajaya

Alih-alih lokasi hotel di tengah ataupun setidaknya di sekitar Putrajaya, ternyata Hotel Bangi Putrajaya sudah di luar tapal batas kota Putrajaya. Hotel tersebut berada sekitar 10 km di sisi timur laut dari Putrajaya. Jarak 10 km sebenarnya tidak terlampau jauh. Namun demikian, ternyata letak Hotel Bangi Putrajaya tidak berada tepat di dekat jalur akses transportasi umum. Hal inilah yang saya anggap sangat mengurangi aksesibilitas tamu yang menginap di hotel tersebut.

Jika mengacu informasi resmi yang menyatakan alamat Hotel Bangi Putrajaya di Off Persiaran Bandar, 43650 Bandar Baru Bangi, Selangor, Malaysia. Hotel ini terlatak pada puncak sebuah bukit yang dikelilingi dengan hamparan rumput hijau padang golf yang sangat luas. Akses jalanan yang menuju hotel mungkin berjarak lebih dari 1,5 km dair jalanan utama. Kanan-kiri lingkungan hotel tentu saja menjadi sangat sepi dan tenang. Mungkin kata off itu merupakan indikasi wilayah di pinggiran atau bahkan luar kota.

hotel-bangi-putrajaya1

Hotel Bangi Putrajaya merupakan hotel bintang lima terbesar di Bandar Baru Bangi, bahkan mungkin di sekitaran wilayah Putrajaya. Terdapat pilihan banyak tipe kamar, mulai dari delux, premier, premier family, palm suite, hingga pool suite. Kisaran rate setiap kamarnya antara RM185, RM220, RM280, RM440. Adapun fasilitas pendukung untuk setiap kamar yang ada di  hotel ini terdiri antara lain jaringan free wireless untuk akses internet, sambungan telepon nasional maupun internasional, televisi flat 30 inchi, minibar dan mini refrigerator, miniheater, haridryer dll.

Adapun fasilitas pendukung untuk kegiatan meeting atau conference yang ada di hotel ini meliputi ruang meeting berbagai standar, juga ballroom. Selain untuk kegiatan meeting biasa, hotel ini juga menjadi pilihan untuk penyelenggaraan conference. Bahkan di sini pula sering diselenggarakan acara graduation atau wisuda dari berbagai kampus besar di sekitar Bangi dan Putrajaya.

Untuk fasilitas layanan hotel lainnya, sebagai hotel kelas bintang lima, tentu saja Hotel Bangi Putrajaya juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang di tengah taman yang dipagari deretan rumpun pohon kelapa yang menambah indah suasana. Terdapat berbagai kedalaman kolam yang akan memanjakan pengunjung anak-anak hingga orang dewasa. Ada pula fasilitas fitnes center untuk menjaga kebugaran fisik para tamu hotel.

hotel-bangi-putrajaya2

Bagi tamu atau pengunjung yang menginap di hotel tersebut tentu saja ada plus minusnya tersendiri jika kita tinjau dari posisi hotel yang berada di kawasan rural area tadi. Bagi tamu yang ingin sengaja menikmati suasana keheningan dan ketenangan dari hiruk-pikuk kota besar, lokasi hotel ini merupakan pilihan yang tepat sebagai tempat peristirahatan. Dengan keheningan suasana, dengan kasrian hutan kecil di lereng bukit, dengan hamparan hijau rumput lapangan golf yang berpagar deretan pohon kelapa sawit, tamu akan menikmati suasana yang menentramkan. Hotel inipun sangat sesuai untuk dijadikan tempat bulan madu bagi pasangan baru maupun pasangan suami istri yang sengaja ingin menikmati suasana berdua saja.

Hal yang berbeda bagi para tamu yang bertujuan untuk perjalanan traveling. Bagi tamu tipe ini, aksesibilitas mungkin sedikit sulit didapatkan dari lokasi hotel ini. Untuk menuju halte atau terminal terdekat, juga stasiun kereta api terdekat, dibutuhkan ekstra biaya transportasi. Bahkan untuk sekedar mencari makan malam di luar, pengunjung juga sedikit direpotkan. Memang hotel tersebut menyediakan free shuttle bus tujuan IOI City Mall di Bandar Baru Bangi bahkan bisa diantar hingga pusat KL di Bukit Bintang. Namun demikian keberadaan bus tersebut tidak stand by setiap jam. Hal ini membuat calon penggunanya tidak fleksibel untuk menggunakan fasilitas layanan ini.

Tamu hotel dengan mobilitas tinggi yang sewaktu-waktu perlu pulang-pergi atau keluar-masuk Hotel Bukit Bangi tetapi ingin menghemat ongkos jalan mungkin sedikit terbantu dengan adanya layanan jasa taksi online, seperti Grabcar. Namun demikian, layanan ini hanya bisa diakses dengan penggunaan kartu prabayar yang berlaku di Malaysia. Dengan demikian, tamu luar negeri harus membeli terlebih dahulu nomor kartu Malaysia.

Kesan mendalam yang saya rasakan setelah selama enam malam menginap di Hotel Bangi Putrajaya tentu saja lumayan nyaman. Terlebih lagi karena saya dan beberapa rekan yang lain dibayari secara gratis untuk menginap di sana.

Lor Kedhaton, 27 Oktober 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s