Grabcar Malaysia, Pilihan Murah Berpusing di Bandar Baru Bangi


Rekam Jejak Menyambangi Bandar Baru Bangi (3)

Bukan hanya di Indonesia saja demam penggunaan jasa transportasi via aplikasi online. Di Negeri Jiran tetangga kitapun ternyata sedang marak Grabcar, jasa layanan transportasi taksi pribadi berbasis online yang relatif praktis dan sederhana. Di samping kemudahan sistem booking atau reservasinya, tarif layanan ini tentunya jauh lebih murah dibandingkan taksi konvensional. Tidak mengherankan jika kemudian layanan Grabcar menjadi pilihan favorit bagi para pelancaong maupun anak pelajar dan studen di Malaysia.

grabcar-malaysia

Keterbatasan akses keluar-masuk ke penginapan kami di Hotel Bangi Putrajaya pada kesempatan keikutsertaan dalam satu event di Malaysia seminggu lalu mengharuskan kami harus berstrategi untuk urusan pergi dan kembali ke hotel. Daripada setiap kali harus mengandalkan shuttle bus “percuma” gratisan yang sangat terbatas frekuensi datang-perginya, ataupun menggunakan jasa taksi VIP hotel yang pastinya sangat mahal, pilihan kami jatuh kepada Grabcar Malaysia.

Sebagaimana Grabcar yang ada di Indonesia, layanan Grabcar Malaysia juga berbasis online dengan pemanfaatan teknologi GPS untuk mendeteksi titik keberangkatan, titik tujuan akhir, jalur atau rute perjalanan yang paling dekat, dan tentu saja perhitungan tarif jasa yang dikenakan. Di samping itu, keberadaan nomor mobil kendaraan dan nama pengemudi yang akan membawa serta menghantarkan penumpang juga dapat diketahui oleh calon penumpang. Syarat utama hanya satu, calon penumpang harus mengakses aplikasi layanan Grabcar melalui sarana komunikasi seperti smartphone.

Bagi para pelancong ataupun pendatang dari luar negeri yang kebetulan sedang mengunjungi Malaysia, jika ingin mendapatkan layanan Grabcar Malaysia tentu saja harus mengakses terlebih dahulu jaringan online setempat. Kita dapat membeli kartu perdana Telcom Malaysia. Pilih saja kartu yang paling murah dan feksibel dengan kebutuhan kita selama berada di Negeri Jiran. Setelah smartphone kita terhubung dengan sistem koneksi komunikasi setempat, dapatlah kita memesan dan menikmati layanan Grabcar Malaysia.

Sebagaimana aplikasi jasa transportasi berbasis online di kebanyakan negera, Grabcar Malaysia juga baru beroperasi kurang lebh satu-dua tahun. Sistem berbasis online yang mudah, murah, serta praktis menarik para pemilik mobil pribadi untuk “mendayagunakan” mobilnya dengan menjadi pengemudi Grabcar. Di samping pengemudi yang memang menyandarkan pendapatan dari layanan Grabcar, banyak pula pengemudi yang sifatnya hanya mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan utama yang telah ditekuninya. Dengan demikian pengalaman dan pengetahuan para pengemudi mengenai berbagai tempat serta jalur aksesnya menjadi sangat beragam. 

grabcar-malaysia1

Ada pengemudi yang sangat berpengalaman sehingga ketika mengantarkan penumpang ke suatu tempat tujuan, ia sudah mengenal bahkan hafal dengan tempat tujuan sekaligus jalur jalan yang harus dlewati.  Ada pula pengemudi yang masih awam dan belum begitu mengenal medan yang akan ditempuhnya. Beruntunglah kita jika bertemu dengan pengemudi model yang pertama tadi. Namun demikian, keterbatasan yang dimiliki pengemudi ke dua sebenarnya masih sangat terbantu dengan aplikasi penunjuk arah berbasis online juga, semisal GPS maupun waysist.

Bandar Baru Bangi merupakan kawasan baru di sisi utara sebagai hasil pengembangan dari Bandar Lama Bangi di sisi selatan. Kawasan yang berpusat di Bangi Sentral ini sangat berdekatan dengan Bandar Putrajaya yang merupakan pusat pemerintahan Negeri Diraja Malaysia dimana Perdana Menteri dan beberapa jabatan negara lainnya berkantor. Bandar Baru Bangi menjadi sentral kegiatan ekonomi dan bisnis, serta permukiman di wilayah Bangi.

Sebagaimana kawasan yang masih terus berkembang dengan sangat pesat, Bandar Baru Bangi menjadi sangat dinamis. Salah satu infrastrutur penunjang aktivitas masyarakat yangpaling mendapat perhatian adalah sarana dan prasarana transportasi berbasis jalan raya. Beberapa titik utama seperti Bandar Sentral, Universitas Kebangsaan Malaysia, IOI City Mall, stasiun train di UKM, Kajang, maupun Serdang sudah terhubung dengan layanan bus rapidKL. Namun demikian, luasnya wilayah Bangi serta keterbatasan jumlah armada bus menjadikan belum semua titik penting di Bandar Baru Bangi terlayani dengan baik, termasuk posisi Hotel Bangi Putrajaya tempat kami menginap. Hal ini menjadi peluang tersendiri untuk layanan transportasi berbasis kendaraan pribadi, termasuk layanan Grabcar yang saya uraikan tadi.

Dalam beberapa kesempatan kami dengan beberapa kolega senantiasa menggunakan jasa Grabcar Malaysia tatkala menikmati waktu senggang di luar penginapan. Untuk jarak dekat seperti dari hotel menuju kawasan resto makan malam di Bangi Sentral, kami hanya terkena tarif RM 6. Adapun dari hotel ke Stasiun Train di UKM, tarifnya hanya RM 9. Jarak antara hotel dengan Dataran Putrajaya yang terbentang sekitar 10 km dapat kami capai dengan Grabcar bertarif RM 19. Jika kebetulan kita senantiasa pergi secara berombongan, tentu saja kita dapat saling berbagi dengan teman lain sehingga ongkos perorang yang kita keluarkan akan semakin murah.

Grabcar Malaysia dapat kami katakan sebagai layanan jasa transportasi berbasis online yang paling visibel, fleksibel, praktis dan pastinya murah untuk menjelajahi wilayah Bangi hingga Putrajaya. Jika pada suatu kesempatan Anda berkesempatan menyambangi wilayah Bangi, gunakanlah jasa Grabcar Malaysia jika ingin menghemat uang transportasi Anda. Selamat mencoba!

Ngisor Blimbing, 16 Oktober 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Raya dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Grabcar Malaysia, Pilihan Murah Berpusing di Bandar Baru Bangi

  1. Ping balik: Jum’atan di Bandar Baru Bangi | Sang Nananging Jagad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s