Senja di Putrajaya


Rekam Jejak Menyambangi Bandar Baru Bangi (1)

Bangi, dan juga Bandar Baru Bangi merupakan bagian wilayah Negara Bagian Selangor. Kawasan yang satu ini merupakan daerah penyangga yang memagari sisi timur Bandar Putrajaya sebagai ibukota pusat Pemerintahan Diraja Malaysia. Maka menyambangi Bandar Baru Bangi tentu akan terasa tidak utuh tanpa sekaligus mampir di Putrajaya. Hal inilah yang mendorong beberapa kolega untuk menikmati senja di Putrajaya pada suatu kesempatan senja yang cerah bin terang benderang.

putrajaya1

Dari segi bentangan jarak, Bandar Baru Bangi ke Putrajaya tidak melebihi 10 km. Dengan memesan Grabcar melalui aplikasi online, rombongan kecil kami meninggalkan base camp di puncak Bukit Bangi. Akhirnya kamipun turun bukit menyusuri jalanan mulus nan lebar mengejar senja di Putrajaya. Kurang lebih setengah jam kamipun memasuki gerbang Bandar Putrajaya. Kamipun turun di sisi selatan Dataran Putrajaya, sebuah lapangan terbuka berbentuk lingkaran (boulevard) tepat di depan Masjid Putrajaya sekaligus kantor Jabatan Perdana Menteri Negara Diraja Malaysia. Turun mobil kami membayar tarif RM 19, sangat murah untuk kami berempat.

Berbeda dengan kesempatan menyambangi Putrajaya bersama keluarga beberapa waktu sebelumnya yang bertepatan Hari Jumát, kedatangan kali ini justru berbarengan dengan saat menjelang senja. Ternyata dari waktu ke waktu, mulai dari pagi hari, siang hari, senja hingga malam hari, Dataran Putrajaya dengan Masjid Putra-nya, dengan Prime Minister Office-nya, ternyata menghadirkan beragam sensasi suasana dan nuansa dengan keindahan serta kekhasannya masing-masing.

Senja Rabu petang di Dataran Putrajaya saat kami datang bersambang, meskipun banyak mobil parkir berbaris rapi melingkari dataran, namun suasananya tentu saja tidak seramai menjelang Jumátan maupun di hari akhir pekan. Jadilah senja itu bisa dibilang Dataran Putrajaya sedikit lengang. Praktis senja itu hanya nampak satu pasangan muda-mudi yang sibuk berfoto dan difoto dalam rangka pre-wedding, beberapa muda-mudi berpakaian toga yang barangkali sehabis acara wisuda, dan beberapa yang sekedar santai menikmati suasana sambil menunggu waktu Maghrib.

masjid-putrajaya

Menuruni tangga sisi Masjid Putra, tibalah kami di tepian Tasik Putrajaya, sebuah danau luas yang menjadikan tata kota Putrajaya bagai pulau-pulau di tengah perairan yang mahaluas. Terang cahaya senja matahari memantulkan cahayanya di atas permukaan air tasik membiaskan pemandangan yang sangat khas. Jadilah beberapa kolega yang datang bersama kami tidak menyia-yiakan kesempatan untuk berfoto ria.

Berjalan mengelilingi tepian tasik sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi benar-benar menghadirkan kenikmatan tak tergambarkan. Hamparan dataran Bandar Putrajaya yang dua puluh tahunan silam hanyalah hamparan kolam-kolam raksasa sisa-sisa aktivitas pertambangan timah yang menganga, kini tersulap menjadi kota dengan tata kota yang sangat eksotik. Inilah salah satu jejak karya besar Dato’ Tun Mahathir Muhammad, sosok perdana menteri paling ternama dalam sejarah Malaysia.

Sejenak menikmati tepian tasik, kamipun menyusuri tepian bawah jembatan. Di sisi kiri terdapat sebuah kedai yang menjajakan berbagai merchandise dan souvenir khas Putrajaya maupun Malaysia. Beberapa langkah selanjutnya kami menjumpai deretan anak tangga memanjang yang menghubungkan tepian sisi bawah tasik menuju sisi selatan Dataran Putrajaya. Lengan dan bersih serta sangat terawat baik. Begitulah anak tangga yang mungkin jika ada di Jakarta sudah dipenuhi dengan deretan para pedagang asongan yang mengais rejeki dengan menawarkan dagangan kepada para pejalan yang melintas.

putrajaya2

Tibalah kami selanjutnya di Dataran Putrajaya kembali. Dataran bisa disetarakan maknya dengan lapangan ataupun mungkin lebih tepatnya alun-alun. Dataran inilah titik sentral dan sekaligus ikon Putrajaya yang terpenting. Tepat di sisi utara Dataran Putrajaya inilah kendali pemerintahan Negara Diraja Malaysia dijalankan. Saat ini yang tengah memangku kursi pucuk pimpinan Negeri Jiran adalah Paduka Dato’ Muhammad Najib. Dia adalah putra dari Perdana Menteri ke-dua, Tun Abdul Razak.

putrajaya3

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Raya dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s