Menyambangi Bukit Bangi


Bangi? Ya, bukan tangi lho ya! Bangi? Iya, Bangi! Beda dengan Bangli ataupun Bangli. Bangli adanya memang di Bali. Sedangkan Bangli, jelas di Situbondo Jawa Timur rek! Lha Bangi? Dimanakah Bangi? Anda percaya jika tempat bernama Bangi berada di luar negeri? Tepatnya lagi adalah di wilayah Negeri Selangor, bahagian dari Negeri Jiran Malaysia.

hotel-bangi1

Bangi konon menjadi penanda nama sebuah bukit di antara Prang Besar dan Kajang. Kawasan ini kini lebih berkembang dengan Bandar Baru Bangi di sebelah utara daerah yang sebenarnya “hanya”bernama Bangi. Salah satu aset strategis Negeri Malaysia yang ada di sekitar Bandar Baru Bangi adalah University Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Malaysia Nuclear Agency (dulu bernama Malaysia Institute of Nuclear Technology Research, MINT).

Beberapa kali berkesempatan mengunjungi Malaysia, tentu saja saya belum pernah menyambangi Bangi. Ini kali pertama kalinya, saya menginjakkan kaki di wilayah Bandar Baru Bangi. Lokasi terdekat dari Bangi yang pernah saya kunjungi adalah Putrajaya yang merupakan ibukota pemerintahan (administrasi) Kerajaan Diraja Malaysia. Bandar Baru Bangi kurang lebh berada 9 km sisi timur laut wilayah Persekutuan Putrajaya.

Bukan sekedar menyetir keberadaan nama Bangi yang berasal dari nama sebuah bukit, kenyataannya selama beberapa hari saya memang menempati sebuah penginapan yang berdiri anggun di puncak sebuah bukit. Berada di kemiringan lereng bukit, tempat yang saya maksudkan inipun bernama Hotel Bangi Putrajaya. Sebuah hotel dengan konsep alam perbukitan yang dipagari dengan lapangan golf yang menghijau di belakang dan sisi seberangnya.

Keberadaan bangunan Hotel Bangi Putrajaya di puncak bukit mengingatkan kita kepada konsep sebuah mandala ataupun pertapaan yang biasanya dibangun di daerah terpencil yang jarang dirambah orang kebanyakan. Dan memang jarak antara hotel dengan jalur jalan utama tidak kurang dari 2 km. Itupun jalanan yang ada merupakan jalan menanjak yang sama sekali belum terjangkau dengan jaringan transportasi umum. Jadilah para tamu atau orang yang menginap di hotel ini bagaikan sengaja mengasingan diri untuk menikmati kedekatan dengan alam.

Bandar Baru Bangi dapat dicapai dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dengan kendaraan taksi bandara hanya dalam waktu kurang lebih 30 menit. Dari arah Kuala Lumpur Sentral ( KL Sentral), kota satelit baru ini dapat dicapai dengan train KTM arah Seremban. Stasiun kereta api terdekat yang menjadi pintu gerbang Bangi adalah stasiun Serdang, UKM, maupun stasiun Bangi itu sendiri.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Jagad Raya dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Menyambangi Bukit Bangi

  1. Ping balik: Jum’atan di Bandar Baru Bangi | Sang Nananging Jagad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s