Transportasi dari dan ke Bandara Hang Nadim


Batam sangat dekat dengan negeri tetangga Singapura. Keberadaan pulau Batam yang sangat strategis di persilangan jalur pelayaran dan penerbangan internasional yang melintasi selat Malaka menjadikannya pusat industri sekaligus tujuan wisata yang terus menggeliat. Di samping memang bertujuan mengunjungi Batam, Batam juga menjadi pintu keluar masuk dari dan ke negeri tetangga, terutama Singapura dan Malaysia.

Geliat pembangunan kawasan Batam dimulai semenjak pulau kosong di Selat Malaka ini dikembangkan sebagai kawasan industri oleh pemerintah pusat melalui Badan Otorita Batam (kini Badan Pengusahaan Batam; BP Batam), kurang lebih 44 tahun silam. Kedekatannya dengan Singapura menjadikan Batam menjadi titik transit WNI yang ingin mengunjungi Singapura. Hal ini berkaitan dengan mahalnya fiskal yang harus dibayarkan apabila kita masuk negeri Lee Kuan Yew melalui jalur lain seperti Jakarta.

Meskipun kebijakan pembayaran fiskal sebagaimana disinggung di atas sudah tidak lagi seketat dulu, bahkan untuk berkunjung ke Singapura dan negara ASEAN lainnya telah dibebaskan persyaratan visa, Batam tetap menjadi tujuan maupun perlintasan wisatawan yang sangat ramai. Peluang sebagai daerah tujuan dan transit menjadikan Pemerintah Kota Batam terus berbenah dalam mengembangkan infrastruktur layanan transportasinya. Diantara jasa layanan trasnportasi umum yang sangat strategis adalah rute Bandara Hang Nadim menuju Kota Batam.

Sebagaimana kita ketahui Bandara Internasional Hang Nadim terletak di kawasan Batu Besar, sisi timur Pulau Batam, kurang lebih 40 km dari pusat Kota Batam. Sebagaimana bandara-bandara di kota lain di Indonesia, saat ini transportasi penumpang yang pulang-pergi Batam-Bandara Hang Nadim telah dilayani dengan armada bus Damri. Bus ini menjadi alternatif yang lebih murah jika dibandingkan dengan layanan taksi yang sebelumnya telah hadir di Bandara Hang Nadim.

Bus Damri dari dan ke Batam dari Bandara Hang Nadim melayani dua rute, yaitu Bandara-Batu Aji dan Bandara-Jodoh. Dengan tarif juah-dekat sebesar Rp.22.000,- untuk saat ini, bus Damri diberangkatkan setiap 30 menit sekali. Untuk menikmati layanan bus dengan tarif terjangkau ini, penumpang dapat memesan tiket dan naik di sisi lobby terminal tepat di depan Rumah Makan Singgalang.

Di awal bulan Agustus kemarin, saya berkesempatan menikmati layanan bus Damri dari dan ke Batam-Bandara Hang Nadim. Dari bandara tujuan saya di Kota Batam adalah ke kawasan Batam Center. Dari bandara kita dapat naik bus rute ke Batu Aji maupun ke Jodoh. Memasuki batas Kota Batam, kita perlu transit di Halte Kepri Mall. Dari sini untuk menuju ke Batam Center kita dapat menaiki bus Trans Batam yang akan melewati jalan Ahmada Yani yang merupakan jalan protokol menuju kawasan Batam Center. Enaknya naik bus Trans Batam, di samping standar bus ber-AC, tarif jauh-dekat ke semua jurusan bus ini sangat murah, hanya Rp.4.000,- untuk penumpang umum.

Selain menjadi pusat pemerintahan Kota Batam, Batam Center juga menjadi lokasi keberadaan perkantoran maupun pusat perdagangan yang sangat penting di Batam. Selain kantor Pemerintah dan DPRD Kota Batam, di kawasan ini terdapat kantor imigrasi, kantor BP Batam, kantor Telkomsel, juga Mega Mall maupun Batan Center Mall. Selain itu, sebagai fasilitas penyeberangan kapal fery ke Singapura, tepat berseberangan dengan Mega Mall dan Kompleks Pemda terdapat Pelabuhan Batam Center Point yang sudah beroperasi selama lebih dari 10 tahun.

Lor Kedhaton, 8 Agustus 2016

Gambar bus Damri dipinjam dari sini

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Jagad Nusantara dan tag , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Transportasi dari dan ke Bandara Hang Nadim

  1. eni berkata:

    kalau dr hang nadim mo ke pelabuhan batam centre jauh ga? brp menit? naik apa yg plng murah? mksh

    Suka

    • sang nanang berkata:

      sebagaimana cerita dalam blog saya, naik Damri (bisa ke arah Batu Aji maupun Jodoh) Rp 22.000, turun di Kepri Mall ganti bus Trans Batam arah Batam Center Rp 4.000. Kira-kira hanya butuh 1 jam perjalanan

      Suka

      • sary berkata:

        Kak kalau Dr batu aji ke bandara ada taxi gak kak?

        Suka

        • sang nanang berkata:

          Taksi sih ada, meskipun mungkin jarang. Namun yang disebut “taksi” di Batam pada umumnya adalah mobil plat hitam yang digunakan utk taksi. Jadi harus pintar-pintar tawar-menawar harga, dan jangan heran jika naik taksi tiba-tiba di tengah jalan mereka menaikkan penumpang dengan arah yang sama.

          Suka

  2. wawan berkata:

    kalau dari hang nadim k komplek ruko greenland… bisa naik damri ndak??… thx

    Suka

    • sang nanang berkata:

      Komplek ruko Greenland berada di area/arah Batam Center. Jadi dari bandara naik Damri, turun di Kepri Mall. Menyeberang dan nyambung dengan TransBatam (arah Jln Ahmad Yani).

      Suka

  3. Rei berkata:

    tanya bang. kalo dari hang nadim. ke pelabuhan telaga punggur. bisa naik damri ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s