Reuni 20 Tahun SMA 4B Yogyakarta


Tiga tahun memang penggalan waktu yang teramat singkat, bahkan jika dibandingkan rentang waktu dua puluh tahun yang telah melewatinya. Namun siapapun tidak akan dapat menyangsikan kenyataan bahwa dalam rentang waktu yang terlihat singkat tersebut telah menggoreskan ribuan bahkan mungkin jutaan kenangan abadi yang tidak akan pernah dapat lekang oleh waktu. Masa itu adalah masa sekolah di bangku SMA tercinta, SMA 4B Yogyakarta.

Resto Iwak Kalen

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran senantiasa menjadi momentum penting untuk kembali mempererat tali siaturahim. Tali indah anugerah kasih Tuhan Yang Maha Pengasih tersebut tidak hanya terbatas terhadap sesama saudara sedarah dari trah leluhur yang sama. Persaudaraan melewati batasan darah, batasan trah, agama, suku, asal-usul dan lain sebagainya. Persaudaraan adalah fitrah suci manusia itu sendiri.

Setelah melewati masa perjalanan waktu 20 tahun, momentum Lebaran tahun ini yang terasa paling istimewa adalah merasakan kembali berkumpul bersama dengan sahabat sealmamater di bangku SMA dulu. Melalui undangan yang ditebar di grup dunia maya, beberapa kawan berinisiatif secara aktif untuk mandegani mengumpulkan kembali balung saudara yang terpisah sekian lama. Maka terselenggaralah perhelatan Reuni Temu Alumni Angkatan ’96 SMA 4B Yogyakarta pada Ahad, 17 Juli 2016 bertempat di Resto Iwak Kalen, Pangukan, Sleman, Yogyakarta.

Pada kesempatan acara reuni dalam nuansa halal bi halal tersebut, kawan-kawan yang sudah berserakan menjalani karya dan pengabdian di berbagai bidang serta bebagai daerah menyempatkan waktu untuk bertemu. Ada yang masih eksis hingga kini di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, ada yang merantau ke daerah lain seperti Jakarta dan luar Jawa, bahkan ada pula yang menggemakan kabar dari luar negeri.

Dari bidang profesi atau pekerjaan, nampak pula keragaman profesi berdasarkan disiplin ilmu yang ditekuni selepas masa SMA yang juga berbeda-beda. Ada yang menjadi pamong pemerintah daerah. Ada yang menjadi pengusaha sukses. Ada yang menjadi pustakawan. Ada yang menjadi teknisi ahli di perusahaan BUMN. Ada yang menjadi guru ataupun dosen. Ada yang menjadi polisi. Ada pula yang mengabdi di pusat pemerintahan negara republik ini. Sungguh sangat membanggakan memiliki sugudang teman-teman yang sukses dan menjadi figur-figur berguna untuk nusa dan bangsa.

Di samping melepas kangen dengan sesama alumni, acara Temu Alumni ’96 ini menjadi sangat istimewa dengan kehadirang beberapa Bapak dan Ibu Guru yang turut mendidik kami waktu dulu. Ada Pak Prapto pengampu pelajaran PMP. Ada Pak Sri Panggung, guru pengampu pelajaran Fisika. Ada Ibu Siti Mulyani pengajar Bahasa Indonesia. Ada Ibu In pengajar pelajaran Bahasa Inggris. Ada Pak Muslichudin guru Biologi. Pak Supriyadi pengajar Matematika. Dan tidak ketinggalan Pak Makruf Siregar, guru agama kami.

Alumni A-1-1Di samping dihadiri sesamateman alumni dan para guru, hadir pula beberapa karyawan yang hingga kini masih bekerja aktif. Ada Mbak Nur, pustawakan yang kini menjadi tenaga tata usaha. Ada pula dua bapak-bapak penjaga keamanan yang saya lupa namanya karena pada saat kami dulu sekolah beliau berdua belum bekerja di sekolah kami.

Acara temu alumni yang bernuansa melepas rindu dan kangen-kangenan tentu saja penuh riuh dengan obrolan sana-sini diantara sesama alumni. Ada yang selepas masa sekolah dahulu sama sekali tidak pernah bertemu dan kontak dengan teman-teman yang lain dan baru muncul dalam kesempatan reuni tersebut. Ada beberapa diantara kawan yang kuliah barengan, bahkan bekerja di tempat yang terkait. Bahkan ada pula beberapa pasangan suami istri yang tumbuh dari benih-benih selama masa studi SMA dan kini tetap setiap membina rumah tangga bersama.

Di samping acara inti kangen-kangenan tadi, dalam kesempatan Temu Alumni ’96 yang pertama kalinya tersebut juga dirembug kepengurusan alumni yang merupakan gabungan dari beberapa personil perwakilan setiap kelas. Dalam waktu dekat, semua kawan-kawan yang lainpun diharapkan dapat aktif untuk berkonsolidasi dan merapatkan barisan yang diharapkan dapat bertemu dalam suatu pertemuan yang lebih besar di akhir tahun ini.

Selain mengagendakan pertemuan reuni selanjutnya, ke depannya ikatan alumni yang sudah terbentuk dapat menjadi wahana silaturahim yang efektif dalam menggagas hal-hal berguna untuk mendukung kemajuan sekolah, menjalin silaturahim dengan komponen keluarga besar bapak-ibu guru yang masih aktif maupun sudah purna tugas, maupun hal lain yang berkenaan dengan kesempatan magang, kelanjutan studi, maupun kesempatan dan peluang kerja. Dengan demikian sangat diharapkan silaturahim yang terjalin kembali ini menjadi momentum untuk menggali potensi-potensi kemanfaatan kolektif yang lebih besar lagi.

Terima kasih teman-teman. Matur nuwun Bapak dan Ibu guru tercinta. Sampai bertemu di lain kesempatan. Panjang umur dan sukses selalu untuk kita semua. Salam 4 Bhe!

Ngisor Blimbing, 24 Juli 2016

Foto pinjam dari sini dan sini.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Jagad Raya dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s