Tarhib Ramadhan Kelurahan Panunggangan


Waktu memang terus berjalan. Tanpa terasa kita kembali dipertemukan dengan bulan mulia, bulan penuh berkah, bulan Ramadhan 1437 H. Sebagai bagian dari ummat Islam sudah seyogyanya kita menyambutnya dengan penuh suka cita. Rasa, niat, ungkapan kata, perbuatan yang penuh kegembiaraan dalam menyambut Ramadhan inilah yang kini populer dengan istilah Tarhib Ramadhan.

Pawai Tarhib

Dengan keragaman masyarakat yang ada di negara kita, sesungguhnya setiap daerah hampir memiliki tradisi yang berkembang dari nilai-nilai kearifan lokal dalam rangka men-tarhib datangnya bulan Puasa. Tradisi seperti nyadran, munggahan, cucurah, padusan di tengah masyarakat kita sebenarnya merupakan beberapa bentuk ungkapan kegembiraan atau persiapan dalam memasuki gerbang bulan Ramadhan.

Sedikit lebih istimewa dari tahun-tahun sebelumnya, Tarhib Ramadhan 1437 di Kelurahan Panunggangan lingkungan tempat kami tinggal, digelar dalam wujud Tablikh Akbar sekaligus pendeklarasian Kampung Ramadhan. Acara yang langsung dihadiri oleh Walokota Tangerang ini dihadiri oleh ribuan ummat Islam di lingkungan Kecamatan Pinang yang memadati area Masjid Al Mubarok, Ahad 5 Juni 2016.

Kampung Ramadhan merupakan gagasan untuk lebih menghidupkan nuansa tempat tinggal kami dengan nilai-nilai luhur sebagaimana diajarkan dalam ibadah puasa, maupun rangkaian ibadah-ibadah sunnah lainnya. Selama sebulan penuh, setidaknya nuansa ketenangan, ketertiban, kesemarakan beribadah, pemakmuran masjid, harus menjadi spirit dan semangat bersama.

Di samping puasa yang dilaksanakan pada siang hari, semenjak sore masjid akan lebih semarak dengan acara-acara seperti kajian-kajian, takjilan, sholat tarawih, kultum, tadarus Al Qur’an, hingga qiyamul lail, dan kuliah Subuh. Tidak hanya terhenti di bulan Ramadhan semata, semangat keberagamaan yang dilatih pada bulan tersebut diharapkan akan tetap menjadi tradisi luhur yang terus dilakukan di sepanjang sebelas bulan selanjutnya. Inilah niat kuat atau azzam yang digagaskan para pengurus DKM Masjid Mubarok maupun para tokoh pemuka setempat.

Pawai Tarhib1

Selain diisi dengan beberapa ceramah dari para alim ulama, sambutan wali kota, hal yang semakin membuat tarhiban di Panunggangan lebih meriah adalah pelaksanaan pawai simpatik yang mengelilingi wilayah lingkungan setempat. Pawai yang diikuti segenap komponen masyarakat mulai dari, siswa-siswi TK, PAUD, RA, SD, MI, SMP, MTs, MA, para remaja dan pemuda masjid, bahkan kalangan masyarakat secara umum. Iringan pawai sepanjang lebih dari dua kilometer mengular di sepanjang jalanan Kyai Maja, melintasi Kampung Sawah Dalam, Kompleks Perumahan Setneg, dan kembali ke Masjid Al Mubarok.

Segenap peserta pawai tarhib nampak bersemangat, berjalan tertib sambil menyenandungkan sholawatan sambil sesekali diselingi dengan teriakan takbir yang menggema. Sengatan terik sinar matahari yang membuat sekujur badan basah dengan keringat tidak menyurutkan sedikitpun langkah untuk menyapa semua saudara di sepanjang jalanan guna menebarkan kegembiraan bersama akan datangnya bulan Ramadhan. Lebih bersemangat lagi, di penghujung acara pawai semua peserta berdebar-debar menyimak pengumuman berbagai hadiah dooprize dengan hadiah utama sepasang sepeda gunung.

Tidak hanya kemeriahan acara tarhib, mudah-mudahan suasana Ramadhan tahun ini lebih semarak dengan syiar dan amalan ibadah yang benar-benar menghadirkan Kampung Ramadhan yang didambakan bersama. Apabila spirit Ramadhan benar-benar kita hayati dan kita amalkan, pasti Tuhan YME akan mengangkat derajat bangsa besar ini untuk keluar dari berbagai kompleksitas masalahnya untuk menjadi negeri dengan mayoritas penduduk muslim terbesar yang baldatun thaiyibatun wa rabbun ghafur. Amien. 

Marhaban Ya Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk segenap saudara seiman di seluruh penjuru dunia.

Lor Kedhaton, 6 Juni 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Budaya dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Tarhib Ramadhan Kelurahan Panunggangan

  1. jarwadi mj berkata:

    Selamat berpuasa mas

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s