Sensasi Ayam Geprek Bogor


Bogor merupakan kota terbesar yang paling dekat dengan ibukota Jakarta. Selain dikenal sebagai kota hujan dan Wisata Hutan Kebun Raya, Bogor juga memiliki beragam kuliner khas yang menjadi suguhan andalan bagi para wisatawan yang berkunjung. Selain beragam makanan olahan serba talas atau buah pala, Bogor juga menyajikan beberapa menu pilihan, seperti ayam geprek khas Bogor.

Ayam Geprek1   Ayam Geprek2

Ayam Geprek3         Ayam Geprek4

Meskipun cukup sering menyambangi kota hujan untuk berbagai keperluan, kuliner ayam geprek masih merupakan menu kuliner yang belum lama saya kenal. Perkenalan dengan ayam geprek Bogor justru terjadi di kampung halaman Magelang, sekitar lebaran tahun lalu. Bagaimana kisahnya?

Ayam geprek Bogor tentu saja menu kuliner istimewa dari Bogor. Lha jelas-jelas dari nama yang disandangnya kan ayam geprek Bogor. Namun usut punya usut, terjadi pengusaha kuliner di balik nama besar ayam geprek Bogor justru bukan orang Bogor asli. Kebetulan sang pengusaha tersebut masih satu kampung halaman dengan saya, bahkan ia merupakan salah satu teman sekolah di bangku SMP 1 Muntilan dua dekade silam.

Jadi perkenalan saya dengan kuliner ayam geprek Bogor ya diawali dengan kisah yang dituturkan oleh teman saya yang notebene pemilik rumah makan yang kini semakin terkenal dari kota hujan itu. 

Adalah Triyono Adi Nugroho, seorang alumnus Teknik Elektro UGM yang pernah bekerja di bidang pertambangan justru kemudian banting stir ke usaha kulineran. Berawal dari resep keluarga dan membuka warung kecil di garasi. Ternyata menu ayam geprek makin disukai ibu-ibu tetangga di kanan-kiri rumah. Dari situlah nama Ayam Geprek Istimewa semakin punya nama. 

Setelah hampir setahunan mengenal nama menu ayam geprek istimewa Bogor, selama itupula saya belum pernah sekalipun mencicipi rasanya. Hingga akhirnya di akhir pekan lalu kebetulan saya berkesempatan singgah di Bogor dan mengontak sang tuan pengusaha ayam geprek. Selepas waktu Jum’atan, sayapun digelandang ke daerah Bangbarung, sedikit menyempal dari Jalan Pajajaran. Tentu saja sebuah kesempatan bersilaturahmi dan sekaligus mencicipi untuk pertama kalinya menu spesial ayam geprek istimewa khas Bogor ditemani langsung oleh sang juragannya.

Kesempatan pertama mencicipi ayame geprek Bogor, saya disuguhi menu ayam legit ditemani dengan oseng genjer yang legendaris, ditambah gorengan bakwan dan tahu isi yang menggigit. Meja makan kami semakin semarak dengan sajian minuman es jeruk yang semakin menyejukkan siang yang sedikit gerimis tersebut. Sungguh sebuah suguhan yang sangat mengundang kegembiraan diantara teman sekolah yang sekian lama terpisah ruang dan waktu.

Di rumah makan Ayam Geprek Istimewa, pilihan menu ayam-ayaman yang ada meliputi ayam geprek, ayam pencok, ayam bakar, ayam lombok ijo, ayam goreng legit, ayam bakar dan pedas. Di samping itu ada pula menu iga dan daging, terdiri atas daging geprek, empal lombok ijo, iga asem pedas, iga lombok ijo, iga sambel wangi, iga bakar, sambel iga, juga sop iga. 

Menu nasi ayam atau nasi iga tentu tidak akan lengkap tanpa sayur. Adapun untuk menu sayur-sayuran, terdapat banyak pilihan, diantaranya ada oseng buncis ebi, tumis kangkung, oseng genjer ebi, oseng toge teri, sayur asem, sop istimewa, trancam dan urap daun pepaya. Untuk menu camilan gorengan, Anda bisa menikmati sajian tahu susur, tempe kemul/mendoan, jamur goreng, tahu bandung, serta bakwan jagung. 

Makan, minum, ngemil, tentu harus diserta dengan minuman untuk pendingin maupun pelancar pencernaan. Banyak pilihan tersedia di rumah makan ayam geprek istimewa Bogor, sebut saja mulai teh manis, air jeruk, es campur, capuccino, jus jambu, jus jeruk, jus lemon, jus strawberry, jus sirsat, jus tomat, kopi hingga lemon tea. Dengan banyak menu pilihan, tentu akan semakin terasa sensasi kelezatan menu ayam gepreknya sebagaimana sensasi yang saya rasakan atas suguhan teman lama.

Untuk Pak Tri dan keluarga di Bogor, terima kasih bin matur nuwun atas kehangatan jamuannya. Semoga senantiasa sukses dan berkembang usaha ayam gepreknya. Dan pastinya selalu sumringah dan barokah. Amien.

Monggo bagi yang belum pernah merasakan sensasi kelezatan ayam geprek khas Bogor, jangan lupa singgah di beberapa cabang yang sudah tersebar di Bogor. Informasi selengkapnya dapat disimak di halaman ini.

Lor Kedhaton, 1 Juni 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s