Kalender Sontoloyo


Semenjak beberapa hari lalu si Ponang sudah laporan bahwa hari Kamis dan Jumát ini sekolahannya libur. Tentu saja saya sudah mafhum dengan dua tanggal merah berderetan yang membuat pekerja pabrik seperti saya sangat sumringah. Bagaimanapun libur panjang bersama keluarga adalah dambaan setiap insan di dunia. Kenikmatan apalagi yang masih akan kita pertanyakan?

Isra MirajSebagai sebuah diplomasi edukasi, tentu saja saya tidak serta merta menerima informasi dari si Thole. Sayapun kemudian bertanya kepadanya dengan serius, “Emang kenapa kok tanggal merah?”

Akhirnya si Ponang langsung lari melihat tanggalan yang ada di dinding belakang tivi. Dengan seksama ia segera menyelidik. Sesaat kemudian, raut mukanya mengembangkan senyum. Tentu saja ia merasa sudah menemukan jawaban atas pertanyaan dari bapaknya. Dengan yakin ia menjawab, “Tanggal 5 kan libur karena peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Pak!”

Wuaduh? Saya langsung terkaget-kaget. Setahu saya tanggal 5 Mei itu bertepatan dengan peringatan Kenaikan Isa Al Masih! Bukan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad. Daripada mengecewakan si Ponang, saya bertanya lagi, “Lha kalau tanggal 6-nya peringatan hari apa Le?”

Si Ponang kembali lari ke tanggalan. Dengan raut muka penuh keyakinan ia kemudian setengah berteriak menjawab, “Tanggal 6 Mei juga libur peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Pak!”

“Wuaduh! Welah dalah, lha kok hari Isra’ Mi’raj-nya ada dua hari Le? Gimana caranya to?”sergah saya sambil geleng kepala.

Si Ponang tetap kekeh dengan keyakinannya. Akhirnya demi menghargai pendapat anak, sayapun mendekat ke tanggalan yang menjadi acuan jawaban anak saya. Jagad dewa batara! Ternyata di sisi bawah deretan lajur angka-angka tanggal yang menyatakan keterangan tentang beberapa tanggal merah yang ada memang terdapat di keterangan bersebelahan. Tanggal 5 peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Tanggal 6 peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Oalah jebul tanggalannya yang keliru cetak! Dasar tanggalan sontoloyo!

TanggalanNamun demikian, agar pemahaman si Ponang dengan keberadaan hari libur berturut-turut tersebut tidak salah kaprah, saya kemudian meminta dia menengok tanggalan lain yang ada di dinding dapur tepat di samping kulkas. Iapun dengan tetap semangat setengah berlari. Menengok lagi, dan apa jawaban yang didapatkannya?

“Lha bener kan Pak, tanggal 5 peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Tanggal 6 peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW!”suaranya setengah berteriak.

Ha? Apakah benar yang saya dengar? Apakah si Ponang tidak sedang ngayawara alias bercanda saja? Akhirnya sayapun turut bergegas ke dapur. Dan memang sontoloyo bener! Rupanya dua tanggalan yang kami miliki di rumah dua-duanya salah cetak dalam menginformasikan liburan tanggal merah 5 dan 6 Mei ini! Ini mungkin rejeki akibat istri yang mborong kalender murah meriah di Pasar Asemka! Tetapi sungguh justru sebuah pengalaman yang sungguh mengelikan!

Ngisor Blimbing, 4 Mei 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Kenyung dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s