Mampir Duduksampeyan Sejenak


DudukSampeyanFoto di samping tentu saja bukan sekedar hasil editan bantuan photoshop. Saya jamin, foto tersebut asli dan tanpa rekayasa. Seratus persen original wis! Lha  kalau memang asli, apakah Sampeyan melihat ada sesuatu yang janggal, atau mungkin unik? Ini sama sekali bukan bicara tentang salah satu institusi alat negara juga lho ya!

Nah, tepat sekali! Jika Sampeyan cukup jeli mengamati foto tersebut, tentu di belakang kata “Polsek” ada kata “duduksampeyan“. Sampeyan percaya jika saya katakan bahwa duduksampeyan adalah nama suatu daerah? Bagi orang yang paham dengan bahasa Jawa, tentu saja hal ini sangat menarik untuk ditelaah lebih lanjut. Pun demikian halnya jika Sampeyan tahu bahasa Indonesia.

Kata duduk dalam bahasa Indonesia tentu saja kita semua tahu maknanya. Duduk merujuk kepada kata kerja yang menyatakan posisi badan yang menempatkan titik berat tubuh di kedua pantat. Duduk tidak hanya berlaku bagi manusia, namun binatangpun bisa duduk di atas kedua pantatnya. Nah kalau Sampeyan, tentu saja salah satu khasanah kata dalam bahasa Jawa yang berarti Anda atau kamu. Kata ini merujuk kepada orang kedua tunggal dalam sebuah pembicaraan maupun komunikasi dua arah.

Adapun kata duduk, selain merupakan anggota kosa kata dalam bahasa Indonesia, kata duduk juga menjadi bagian dari kosa kata bahasa Jawa. Dalam bahasa Jawa, duduk atau tepatnya nduduk diartikan sebagai aktivitas menggali lubang di permukaan maupun dalam tanah.

Nah ketemu kan uniknya kata duduksampeyan ketika disematkan menjadi nama suatu daerah? Lalu artinya menurut Sampeyan apa coba?

Dalam kaidah tata bahasa, urutan penulisan maupun penyebutan duduksampeyan sungguh sangat rancu dan tidak baku. Jika kalimat “Sampeyan nduduk kowen” berarti Anda menggali lubang sampah, maka sampeyanduduk merupakan kalimat yang tidak lengkap ataupun rancu karena kata kerja duduk merupakan kata kerja yang membutuhkan obyek. Lalu apakah lebih tepat jika duduksampeyan diartikan dengan duduk Anda? Lah kok semakin ruwet ndak karuan ya? Sebenarnya mau membahas apa to ya?

DudukSampeyan1

Oke deh Kakak! Daripada bingung membahas makna kata duduksampeyan, mungkin akan lebih berguna untuk menambah pengetahuan kita bersama, jika Duduksampeyan merupaka nama sebuah daerah, lalu dimanakah daerah tersebut?

Duduksampeyan merupakan nama sebuah kecamatan yang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Gresik yang berbatasan dengan daerah Lamongan. Jika kita melintas dari arah Bojonegoro dan melewati jalur Lamongan, tentu kita akan melewati tempat yang bernama Duduksampeyan. Mencermati keunikan nama daerah ini, sangat banyak para pelintas yang sengaja menghentikan diri di beberapa titik yang terpajang tulisan Duduksampeyan. Salah satu spot unik untuk mengabadikan perlintasan kita di daerah yang unik ini adalah depan Kantor Polsek Duduksampeyan sebagaimana yang saya lakukan beberapa waktu lalu. Lumayanlah sebagai tambahan khasanah nama daerah unik yang kita kenal.

Jolali alias jangan lupa untuk menyempatkan diri berhenti di Duduksampeyan jika Sampeyan merasa lelah ketika melintasi wilayah Gresik dari arah Lamongan. Rasakan sensasi keunikannya sebagaimana yang pernah saya rasakan. Hal ini mungkin tidak berlaku bagi warga asli daerah sekitar Gresik.

Surabaya Plaza, 20 April 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Nusantara dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Mampir Duduksampeyan Sejenak

  1. Muh.Ahsan berkata:

    Lha nek duduk sampeyan terus sopo mas?

    Suka

  2. Irfan Chamami berkata:

    Salam buat sobatku yang lama menghilang, Bapak Saptadji Rohman dari Oyexs

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s