Menikmati Hari di Bumi Gumanti


Bumi Gumanti? Sebagai orang Jawa yang sedikit-sedikit tahu tentang bahasa warisan Ibu-Bapak, tentu saja kedua kata tersebut langsung saya kaitkan dengan bahasa Jawa. Bumi, ya tanah tempat kita berpijak ini. Bumi sendiri dalam bahasa Jawa memiliki beberapa dasa nama atau sinonim kata, mulai bantala, kismo, siti, yang kesemuanya berarti tanah. Adapun kata gumanti, berasal dari kata ganti yang mendapatkan sisipan um. Gumanti berarti berganti. Dengan demikian, bumi gumanti dapat diartikan sebagai keadaan bumi yang berganti. Hal ini tentu saja sangat dekat maknanya dengan kondisi bumi yang dinamis sesuai dengan perkembangan jaman dan rentang waktu yang terus berlalu.

Penjelasan sebagaimana terurai di paragraf atas bukan bermaksud ingin menyelami lebih dalam tentang salah satu kata majemuk dalam bahasa Jawa. Bumi Gumanti ternyata merupakan sebuah nama tempat di pinggiran kota hujan Bogor, di Jawa Barat. Keberadaan tempat yang memberikan jasa hotel, convention center dan resort ini tepat di daerah Kecamatan Sukaraja yang masih bersanding dengan jalur Tol Jagorawi, sekitar kawasan Sentul.

Menikmati suasana teduh dan tenang tentu saja menjadi dambaan setiap orang. Bumi Gumanti memberikan ketenangan suasana khas kawasan pedesaan yang sunyi. Untuk alasan inilah, Bumi Gumanti resort menjadi pilihan banyak orang untuk berlibur, beristirahat, bahkan untuk rapat dan meeting yang membutuhkan konsentrasi ketenangan tingkat tinggi. Banyak perusahaan, instansi pemerintahan maupun berbagai organisasi memilih Bumi Gumanti untuk menyelanggarakan acara meeting-nya.

Selain untuk keperluan formal, Bumi Gumanti juga sangat cocok menjadi tempat penginapan keluarga. Alangkah riangnya apabila bersama satu keluarga maupun keluarga besar bersama-sama menikmati ketenangan suasana Bumi Gumanti. Halaman berumput hijau yang terbentang luas, beberapa sarana permainan anak-anak seperti ayunan dan plosotan, juga terdapat dua kolam renang berukuran standar. Lebih hebohnya bagi anak-anak, tepat di depan Bumi Gumanti terdapat arena water park dengan berbagai wahana air yang menantang. Ada kolam arus, ember tumpah, air mancur, air terjun, plosotan dengan berbagai ketinggian, bahkan kolam untuk menggelar futsal air.

Bumi Gumanti menghamparkan lapangan rumput yang luas untuk berbagai aktivitas outbond yang memang secara khusus dikelola dengan pemandu-pemandu yang profesional. Berbagai permainan dapat dilakukan secara bersama-sama untuk menguji ketangkasan gerak maupun oleh pikir masing-masing peserta. Melalui aktivitas bermain, secara tidak langsung setiap individu juga diarahkan untuk memiliki sikap kekompakan sebagai bagian dari sebuah tim melalui berbagai kegiatan team building.

Di samping menyediakan layanan outbond, pihak Bumi Gumanti juga memiliki jalinan dengan pengelola atraksi wisata air di sungai Kalibaru. Jalur aliran sungai yang berarus deras dengan berbagai kelokan alur serta jeram-jeramnya yang sempit sangat menantang bagi siapapun untuk menyusurinya dalam sebuah perjalanan rafting. Kalibaru yang merupakan salah satu anak sungai Kali Ciliwung di cabang Katulampa telah dikelola sebagai jalur rafting yang sudah terstandar untuk kalangan rafter pemula. Jalur rafting sepanjang kurang lebih 8 km menawarkan tantangan adrenalin yang mendebarkan bagi para refter pemula.

Penasaran dengan Bumi Gumanti? Ingin merasakan keteduhan dan ketenangan suasana khas pedesaan ala Bumi Gumanti? Ingin mengalami berbagai pengalaman menantang melalui outbond atau rafting yang menjadi salah satu layanan jasa yang diberikan oleh Bumi Gumanti? Lha monggo saja, sekali-kali bertandang ke Bumi Gumanti di seputaran wilayah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dijamin Anda akan memiliki sensasi pengalaman yang tidak akan mudah terlupakan.

Lor Kedhaton, 17 Maret 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Nusantara dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s