Menyelami Taman Laut Bunaken


Bunaken3

Konon disebutkan dari beberapa sumber, nama Pulau Bunaken berasal dari kata punakeng yang dalam bahasa setempat diartikan sebagai tempat pemberhentian atau pelabuhan kapal di tepian pantai. Pulau inilah yang menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Bunaken yang sebenarnya meliputi lima gugusan pulau di sekitar Bunaken. Hal ini tidak berlebihan mengingat dari 20 titik penyelaman atau snorkling, 12 diantara berada di lepas pantai Bunaken.

Masih melanjutkan kisah perjalanan rombongan kecil kami ke Pulau Bunaken, setibanya kami di Bunaken kira-kira waktu tengah hari, kamipun duduk sejenak melepaskan lelah sambil menikmati sepoi angin pantai dengan suguhan kelapa muda dan pisang sisir goreng. Sungguh sebuah suasana yang merileks-kan jiwa dan raga yang membawa kepada suatu ketenangan batin yang sangat langka kita temukan di tengah hiruk-pikuk suasana tengah kota.

Bunaken1 Bunaken2

Untuk menikmati snorkling atau diving di Bunaken banyak operator layanan penyewaan peralatan yang komplit, berikut jasa para pemandunya, bahkan juga perlengkapan kamera untuk dokumentasi. Operator tersebut biasanya telah memiliki jalinan usaha dengan penyedia sewa kapal penyebarangan. Dengan demikian, kita tidak perlu bingung dan pusing untuk mendapatkan para pemberi layananan penyewaan perlengkapan yang diperlukan untuk menyelami keindahan gugusan karang dan segenap flora-fauna di dalamnya.

Karena diantara anggota rombongan kecil kami merupakan orang-orang gunung yang tidak pernah mempelajari ataupun memiliki kemampuan menyelam di laut, maka pilihan kami untuk menikmati Bunaken adalah melakukan snorkling. Snorkling secara sederhanan hanyalah melakukan aktivitas mengapung di perairan dangkal untuk menikmati pemandangan di bawah permukaan air. Perlengkapan untuk melakukan snorkling sangat sederhana. Hanya sebuah masker hidung dan kaca mata air yang dilengkapi dengan pipa untuk menunjang pernafasan.

Ketika kita mengaung tengkurap di permukaan air, maka kitapun harus mengalihkan cara pernafasan yang biasanya melalui lubang hidung menjadi menggunakan mulut. Jadi uadara pernafasan tersalur dari mulut ke pipa yang menyembul ke atas. Kamipun mendapatkan perlengkapan tersebut berikut baju khusus untuk aktivitas di laut, dan tentu saja termasuk beberapa tenaga pemandu yang menyertai aktivitas kami. Untuk setiap orang dikenakan tarif sewa sebesar 150 ribu saja.

Bunaken7

Dengan kapal yang membawa kami dari daratan Manado sebelumnya, kamipun diantar menuju titik snorkling di lepas pantai sisi barat daya yang memiliki latar pemandangan Pulau Manado Tua lengkap dengan gunungnya yang tinggi menjulang. Meskipun landscape pantai Bunaken landai, namun kelandaian itu hanya berkisar beberapa ratus meter dari bibir pantai. Selebihnya merupakan palung laut yang sangat dalam, berkisar antara 60 hingga 1.500 meter.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Sulawesi semenjak pra-jaman glasial merupakan gugusan laut pembatas antara paparan Sunda di wilayah Indonesia barat yang berbatasan dengan Asia dan paparan Sahul di wilayah Indonesia timur yang berbatasan dengan Australia. Dengan demikian ketika terjadi jaman pencairan es di kutub yang mengakibatkan kedua paparan di atas yang sebelumnya merupakan daratan menjadi lautan yang dangkal, maka laut di sekitar pulau Sulawesi menjadi bertambah dalam dengan palung-palungnya.

Bunaken4

Bunaken5

Bunaken6

Dengan panduan para ahli yang profesional, kamipun dapat menikmati aktivitas snorkling dengan lancar. Meskipun aktivitas yang kami lakukan berada di pinggiran tebing palung laut yang sangat dalam, tetapi kami dapat melakukannya dengan penuh keberanian. Berbagai warna-warni terumbu karang dengan ikan-ikan dan jenis biota laut yang lainnya dapat dilihat secara langsung. Keindahan biota laut yang selama ini hanya kita kagumi secara tidak langsung melalui berbagai gambar maupun tayangan di tivi dapat benar-benar dilihat dan dinikmati sebagai bagian dari keindahan alam raya ciptaan Tuhan Sang Maha Pencipta seru sekalian alam.

O ya, sebagai informasi tambahan, untuk mengabadikan berbagai momentum ketika berakrab ria dengan biota laut dengan latar gugusan batu karang yang menantang, kamipun diberikan fasilitas foto di bawah air dengan tambahan biaya 350 ribu rupiah untuk semua anggota rombongan.

Bunaken8

Meskipun kami baru pertama kali menginjakkan kaki dan menyelami keindahan Taman Laut Bunaken, namun kami berharap suatu saat dapat kembali ke sana. Keindahan bumi Nusantara dengan berbagai keragaman bentang alamnya terlampau sayang untuk tidak dinikmati oleh kita sendiri sebagai anak bangsa. Berjuta-juta wisatawan asing berduyun-duyun melancong ke negeri kita, tetapi justru kita sendiri masih sangat kurang mengenal keindahan tanah air tercinta.

Bumi Gumanti, 15 Maret 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s