Transportasi Irit dari KLIA ke KL Sentral


Bandar udara Kuala Lumpur International Airport atau KLIA (baik KLIA1 maupun KLIA2) merupakan salah satu pintu gerbang keluar-masuk negeri Malaysia. Bandara ini menggantikan bandara Kuala Lumpur sebelumnya yang digeser kurang lebih 50 km sisi selatan Kuala Lumpur atau 25 km dari Putrajaya, ibukota administrasi Kuala Lumpur yang baru. Nah mengingat jarak yang sedemikian lumayan jauh, pilihan transportasi apakah yang paling irit dan efisien untuk mencapai KL Sentral dari KLIA, maupun sebaliknya dari KLIA ke KL Sentral.

Pilihan saran transportasi dari KLIA ke KL Sentral yang paling cepat nan nyaman tentu saja kereta api KLIA Express maupun KLIA Transit. Untuk perjalanan searah dari KLIA ke KL Sentral maupun sebaliknya sebelumya masih dikenakan tarif RM 35 untuk orang dewasa adan RM 15. Namun demikian, semenjak awal tahun 2016 ini tarif tersebut mengalami kenaikan menjadi RM 55 untuk dewasa dan RM 25 untuk anak-anak. Sebuah kebijakan kenaikan tarif yang secara cukup signifikan menjadi pertimbangan para traveller berbudget paket hemat. Cepat sih cepat Bro, tetapi sangat tidak ramah di kantong.

Di samping keberadaan KLIA Express dan KLIA Transit yang menjadi sarana transportasi penghubung dari bandara ke Kuala Lumpur, sesungguhnya ada pula layanan bus dari KLIA ke KL Sentral. Beberapa bus di jalur tersebut diantaranya Aerobus, Skybus, dll. Dengan jarak tempuh sejauh kurang lebih 50 km, perjalanan dengan bus memakan waktu sekitar 1 jam. Untuk soal tarif, tentu saja sangat lebih murah dibandingkan naik kereta api. Untuk saat ini tarif bus yang berlaku di jurusan tersebut adalah RM 11 untuk penumpang dewasa dan RM 5 untuk anak-anak. Gimana? Jauh lebih murah dan tentu saja lebih hemat bukan?

Untuk menikmati layanan bus di KLIA2, setelah menjalani cek passport di counter imigrasi kita bisa keluar dan lurus menyusuri lorong hingga mencapai ujung. Di bagian ujung ini tengoklah sisi kiri, di sana akan kita jumpai loket penjualan tiket bus. Di tempat inilah para calon penumpang harus memesan tiket. Setelah tiket di tangan, di sisi depan loket akan kita temukan sebuah petunjuk arah yang mengarahkan kita ke escavator menuju bagian basement. Ikuti saja arah tersebut karena terminal atau halte bus memang terdapat di lantai dasar alias basement tersebut.

Di terminal tersebut kita dapat menjumpai beberapa platform atau peron tempat dimana bus yang akan berangkat menunggui penumpangnya. Pastikan bus dengan melihat nama bus dan nomornya. Kita juga dapat menanyakan bus yang akan segera berangkat sesuai dengan tiket yang sudah kita pesan sebelumnya kepada pak cik para kru bus yang senantiasa siap sedia membantu calon penumpang.

Setelah memastikan bus yang akan kita naiki, naiklah ke dalam bus secara tertib. Barang bawaan berukuran besar, seperti koper, dapat ditempatkan di bagasi sisi samping bus. Tiket yang kita beli biasanya tidak mencantumkan nomor kursi secara khusus. Maka pilihlah kursi sesuai dengan kondisi bus yang ada. Jika kita masuk ke dalam bus ketika bus masih relatif kosong, kita dapat secara leluasa memilih tempat duduk sesuai dengan keinginan kita. Namun jika ketika kita masuk kondisi bus sudah hampir penuh, sebaiknya menyesuaikan dan duduklah pada kursi penumpang yang masih kosong.

Soal kenyamanan bus, kita tidak perlu khawatir. Bus jurusan KLIA ke KL Sentral dijamin menerapkan standar kenyamanan kelas wisatawan internasional. Semua bus dilengkapi dengan AC dengan kursi recycling seat berjajar dua-dua di masing-masing sisi kanan dan kiri lorong bus. Perjalanan ke KL Sentral akan ditempuh melewati jalan tol penghubung antar kota yang lebar nan beraspal mulus. Dengan pemandangan khas perkebunan kelapa sawit dan karet, serta melintasi sisi luar kota Putrajaya dan Cyberjaya, perjalanan menuju KL Sentral memerlukan waktu sekitar satu jam. Maka tibalah kita di jantung kota Kuala Lumpur.

Manado, 10 Maret 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s