Transportasi KL – Putrajaya


EMPAT HARI TIGA MALAM DI KUALA LUMPUR (6)

Putrajaya sebagai ibukota administrasi Malaysia berjarak kurang lebih 25 km di sebelah selatan Kuala Lumpur. Putrajaya seolah menjadi titik tengah antara Kuala Lumpur (KL) dengan Kuala Lumpur International Airport (KLIA1 dan KLIA2). Meskipun Putrajaya sudah dilengkapi dengan berbagai sarana akomodasi bagi wisatawan, seperti penginapan, hotel, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya, akan tetapi kebanyakan wisatawan mancanegara yang berkunjung masih lebih memilih KL untuk tempat menginap. Hal ini dikarenakan akses transportasi ke berbagai destinasi wisata, baik di KL sendiri maupun di semenanjung Malaya lainnya lebih mudah diakses dari KL.

Nah jika kebetulan kita berkunjung dan menginap di KL namun ingin juga beranjangsana ke Putrajaya, bagaimanakah pilihan transportasi menuju the smart and green city of Putrajaya?

Sama-sama ada di jantung semenanjung Malaya dan masih sama-sama di tengah wilayah Negera Bagian Selangor, transportasi darat merupakan penghubung antara KL dan Putrajaya. Ada dua moda transportasi umum darat yang sangat bisa diandalkan, yaitu kereta api dan bus. Untuk jalur kereta api, Putrajaya langsung terhubung ke jaringan rel KL – Airport (KLIA). Ada dua kereta api yang melintasi Putrajaya, masing-masing kereta KLIA Express dan KLIA Transit. Kereta KLIA Express melayani rute KL – Airport secara langsung dan tidak transit atau singgah di Putrajaya. Nah, kereta KLIA Transitlah yang berhenti di stasiun Putrajaya Sentral, baik dari arah KL ataupun dari Airport.

KLIA Transit melayani rute KL ke KLIA2 pulang-pergi dengan singgah di tiga stasiun antara, yaitu Bandar Tasik Selatan, Putrajaya&Cyberjaya, dan Salak Tinggi. Kereta ini melayani penumpang mulai jam 04.33 pagi hingga 00.03 dinihari berangkat dari stasiun KL Sentral. Sedangkan dari KLIA2 kereta paling pagi jam 05.48 dan terakhir 00.59 dinihari. Kereta KLIA Transit diberangkatkan setiap 20 menit di waktu sibuk dan 30 menit untuk waktu lengang. Waktu tempuh antara KL Sentral ke Putrajaya Sentral hanya berkisar 15 menit, dengan harga tiket sekali jalan RM 14,00 untuk penumpang dewasa dan RM 6,30 untuk anak-anak (2-12 tahun). Balita usia di bawah 2 tahun, tentu saja masih gratis.

Nadi Putra1

Berkendara kereta api dari KL Sentral ke Putrajaya memang cepat. Namun jika Anda dalam perjalanan yang santai dan tidak tergesa, serta pastinya ingin lebih menghemat uang transportasi, pilihan bus akan terasa lebih pas di kantong. Layanan bus jurusan KL – Putrajaya dapat ditemukan di Terminal Pudu Raya, sekitar kawasan Pasar Seni (Central Market). Salah satu armada bus yang melayani rute ke Putrajaya adalah bus Nadi Putra (500). Bus dengan tampilan warna bodi merah ngejreng ini mangkal di sisi utara (belakang) terminal dan berangkat setiap 30 menit. Ongkos sekali jalan ke Putrajaya saat ini adalah RM 3,80 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Bus Nadi Putra jurusan Putrajaya akan mengantar penumpang dari KL sampai ke Terminal Putrajaya Sentral. Terminal ini menyatu dengan stasiun Putrajaya Sentral. Untuk mencapai jantung kota Putrajaya, penumpang harus melanjutkan perjalanan dengan bus Nadi Putra yang lain, yaitu bus lokal yang melayani rute keliling hampir semua titik di Putrajaya. Untuk tujuan Masjid Putra, Dataran Perdana, dsk bisa naik bus Nadi Putra 502. Tarif untuk bus lokal ini sangat bersahabat di kantong, hanya RM 0,5.

Nadi Putra3 Nadi Putra2 Putra Sentral

Satu catatan khusus untuk layanan bus Nadi Putra adalah sapaan yang ramah bin tamah dari pengemudi ketika kita menanyakan sesuatu berkaitan dengan tujuan bus dan ongkos jalannya. Bahkan rombongan keluarga kami yang terdiri dua orang dewasa dan dua anak hanya dihitung dua orang dewasa, alias gratis untuk anak-anak. Ketika dalam perjalanan pulangpun, kami telah mempersiapkan ongkos untuk tiga orang, namun oleh sang pengemudi tetap hanya dikenakan tarif dua orang. Lumayanlah untuk berhemat di negeri orang.

Anda juga ingin sekali-kali mengunjungi Putrajaya dari KL, silakan coba bus Nadi Putra 500.

Lor Kedhaton, 29 Februari 2016

Gambar KLIA Transit dipinjam dari sini

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Transportasi KL – Putrajaya

  1. Didit berkata:

    Terimakasih informasinya sngat bermanfaat,
    Hanya saja dari Putra Jaya Sentral ada bus yang langsung ke KLIA2 ga ya?

    Suka

    • sang nanang berkata:

      sepengetahuan kami, hingga saat ini belum ada mas…jalur KLIA to Putrajaya atau sebaliknya kebanyakan orang menggunakan KLIA TRansit mas

      Suka

  2. Lia berkata:

    Mas ada ga rute kl transit dari putrajaya sentral ke kl sentral? Atau harus transit dari putrajaya sentral ke klia trus transit lagi ke kl sentral?

    Lebih cepat mana kl sentral ke putrajaya sentral atau dari klia ke putrajaya sentral?

    Mas taxi kupon dari putrajaya sentral menuju marriott putrajaya tarifnya berapa?

    Suka

    • sang nanang berkata:

      kayaknya langsung dari Putrajaya sentral ke KL sentral bisa, alternatif lain bisa pakai bus Nahdi ke terminal Pudu(dekat Sentral Market, Pasar Seni)

      Suka

  3. Arif berkata:

    mas, bisa gak kalo dari KLIA2 langsung ke Putra Jaya naik bus? apa harus ke KL sentral dulu? kalau iya berapa tarif dan jenis busnya? terima kasih

    Suka

    • sang nanang berkata:

      setahu setahu saya, kalau dari KLIA2 ke Putrajaya yang ada kereta KLIA Ekspress saja (tidak ada bus langsung). Kalau dari KLIA ke KL Sentral bisa memilih antara naik kereta atau bus. Untuk ke Putrjaya dari KL Sentral dengan bus harus ke Terminal Pudu terlebih dahulu. Terminal tsb terletak di sekitar Pasar Sentral/Seni.

      Suka

    • sang nanang berkata:

      tidak ada bus langsung dari KLIA ke Putrajaya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s