Little India Kuala Lumpur


Empat Hari Tiga Malam di Kuala Lumpur (2)

Layaknya kawasan hunian kaum China yang disebut China Town, maka kawasan hunian warga India di berbagai kota ternama di dunia disebut sebagai Little India. Malaysia, khususnya di wilayah Malaysia Barat, penduduknya merupakan kesatuan dari tiga etnik utama, yaitu Melayu, China, dan India. Maka tidaklah mengherankan jika di pusat kota Kuala Lumpur terdapat satu kawasan yang disebut sebagai Little India tadi.

Little India1  Little India2

Kawasan Little India Kuala Lumpur berada di kawasan, Brickfield, wilayah KL Sentral. Kawasan ini membentang di sepanjang segitiga jalan Tun Sambathan dan jalan rakyat dengan panjang kurang lebih 1 km. Kawasan ini sangat mudah ditemukan karena berada pada simpul jalur transportasi utama KL Sentral yang menghubungkan ke berbagai penjuru kota Kuala Lumpur ataupun antar negara bagian di wilayah Semenanjung Malaya, baik dengan moda trnasportasi jalan raya maupun kereta api.

Ciri utama penanda kawasan Little India Kuala Lumpur adalah keberadaan pilar gapura lengkung dengan warna khas merah muda, ungu dan krem bermotif khas India. Pilar gapura tersebut membentang sebagai pagar di sepanjang tepian Jalan Tun Sambathan, mulai dari titik stasiun monorail dtepat di depan NU mall hingga ke arah Jalan Rakyat. Pertemuan ruas Jalan Tun Sambathan dan Jalan Rakyat ditandai dengan keberadaan sebuah air mancur yang memancar dari belalai patung gajah lengkap dengan ornamen patung merak dan angsa khas India. Air mancur yang menari-nari setiap saat semakin membawa nuansa keceriaan di kawasan ini.

 Little India3 Little India4

Little India5

Little India6

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s