Menunggu Buku (2)


Dasar-dasar-Keselamatan-RadiasiPenulis tanpa buku mungkin memang bisa diibaratkan masakan tanpa garam. Hambar dan pastinya terasa belum lengkap. Namun menulis memang bukan sekedar sebuah proses penyaluran hobi dan minat. Lebih dari itu, dalam tematik tertentu, menulis sejatinya juga merupakan sebuah proses pergulatan intelektual yang penuh dengan penggalian serta pengasahan kreativitas. Menulis tentu saja juga akan mengasah spesialisasi keahlian yang dimiliki seseorang.

Masih ingin melanjutkan kisah Menunggu Buku jilid 1 yang pernah saya ungkapkan sebelumnya, postingan ini merupakan klimask dari sebuah proses penantian dari meja redaksi hingga dapur percetakan.

Penantian panjang ternyata membawa kelegaan dan kebahagiaan tersendiri. Bagaimanapun sebuah proses perjuangan yang cukup menguras pikiran, waktu dan tenaga terasa terbayar lunas tatkala apa yang kita idamkan dari proses tersebut bisa benar-benar hadir menjadi sebuah kenyataan. Inilah kisah happy ending dari setiap perjuangan.

Setelah menerima kabar tentang final editing berkaitan dengan pencantuman indeks di bagian akhir buku, tak lama berselang pihak penerbitkan memberitahukan bahwa naskah buku sudah berada di antrian dapur percetakan. Sebuah kabar yang tentu saja sudah sekian lama saya nantikan. Namun demikian, masih ada satu hal yang perlu dikonfirmasikan terkait dengan desain sampul buku. Hingga kabar siap cetak, saya belum pernah sekalipun diberitahu mengenai desain sampul buku. Dan jebulnya, pihak penerbit juga kelupaan dan mengira saya telah dikonfirmasi mengenai hal tersebut.

Akhirnya pihak penerbit langsung mengirimkan desain sampul buku tak berselang waktu. Ada sedikit koreksi minor berkaitan dengan profil singkat penulis yang dinarasikan menjadi bagian informasi di sisi sampul luar bagian belakang.

Penasaran dengan buku apakah yang sebenarnya tengah saya perbincangkan ini? Berikut kira-kira intisarinya: “Keberadaan referensi dasar-dasar keselamatan radiasi pengangkutan zat radioaktif dalam bahasa Indonesia masih sulit ditemukan di tanah air. Kehadiran buku Dasar-dasar Keselamatan Radiasi; Pengangkutan Zat Radioaktif ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi semua pihak terkait, mulai dari pemegang izin penggunaan zat radioaktif, personil atau perusahaan jasa pengangkutan, termasuk para akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang pengangkutan barang atau bahan berbahaya.
Buku ini memuat materi perspektif zat radioaktif sebagai bagian barang berbahaya, acuan standar keselamatan radiasi, peristilahan pengangkutan, klasifikasi zat radioaktif, bungkusan zat radioaktif, termasuk tahapan persiapan pengangkutan yang meliputi penentuan bungkusan, penentuan indeks angkutan atau indeks keselamatan kekritisan, pemasangan tanda, label dan plakat yang sesuai hingga penempatan bungkusan di kendaraan angkut, tahapan pelaksanaan pengangkutan dan penerimaan bungkusan. Dengan kesadaran dan pemahaman yang memadai, semoga kegiatan pengangkutan zat radioaktif yang melintasi area publik dapat berlangsung dengan selamat tanpa menimbulkan bahaya radiasi bagi pekerja, anggota masyarakat, dan kelestarian lingkungan hidup.”

Buku “serius” pertama yang saya tulis ini berjudul Dasar-dasar Keselamatan Radiasi Pengangkutan Zat Radioaktif. Berikut kira-kira profil selengkapnya:

Judul Buku : Dasar-dasar Keselamatan Radiasi Pengangkutan Zat Radioaktif;

Penulis        : Nanang Triagung Edi Hermawan

Penerbit     : Teknosain Yogyakarta

ISBN           : 978-602-73914-0-6

Halaman    : XII + 118

Semoga langkah kecil yang sudah tertorehkan ini bisa menjadi sedikit sumbangsih bagi kemanfaatan bersama. Amien.

Ngisor Blimbing, 17 Februari 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Sastra dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s