Gong Xi Momoking


Perasaan terompet tahun baru belum lama bersautan memekakkan telinga di malam pergantian tahun. Tanpa terasa perjalanan di awal tahun sudah satu bulan kita lalui. Namun yang hampir belum berubah adalah curah hujan yang belum teratur, bahkan bisa dibilang kurang dan belum merata. Januari berlalu, Februaripun datang di depan mata.

Berkaitan dengan datangnya bulan baru, di minggu ke dua sudah menanti sebuah tanggal merah di hari Senin. Libur lagi? So pasti lah! Kali ini sebagaimana yang sudah tertera dan beredar di setiap kalendar, tanggal 8 Feberuari ini bertepatan dengan perayaan Tahun Baru China atau yang lebih tenar dengan sebutan Imlek.

Imlek konon senatiasa identik dengan hujan yang lebat. Kedatangan tahun baru yang diiringi dengan turunnya hujan yang deras, konon bagi saudara kita bangsa Tionghoa dianggap sebagai pertanda baik akan berlimpahnya rejeki. Hujan berarti hoki. Hujan tidak turun di malam tahun baru berarti amsiong. Nah ini dia,  kenapa sedari awal tulisan ini saya kaitkan dengan hujan. Akankah dalam seminggu ke depan akan terjadi peningkatan turunnya hujan secara signifikan?

Lepas dari soal hujan, Tahun Baru Imlek kali ini termasuk unik bin nyentrik. Secara peredaran tahun, hitungan tahun baru kali ini bertepatan dengan shio monyet. Binatang yang enerjik ini konon melambangkan kelincahan dan keceriaan. Semarak suasana penyambutan Tahun Monyet sudah mulai nampak dengan gemerlapan warna-warni berdasar warna merah dan berbagai ornamen khas Tionghoa. Hal ini paling nampak di lingkungan klenteng maupun di pusat perbelanjaan. Uniknya lagi gemebyar suasana penyambutan Imlek dihadiri tokoh maskot yang unik, dialah si Momoking. Gong Xi Fa Choi, Gong Xi Momoking!

Setidaknya saya akan turut menikmati hari liburnya.

Lor Kedhaton, 1 Februari 2016

Gambar Momoking dipinjam dari sini.

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Budaya dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s