Menikmati Kerindangan Taman Selabintana


Selabintana3

Bentang alam Sukabumi merupakan perpaduan dua unsur alam sekaligus, yaitu alam pegunungan dan alam pantai atau pesisir. Sisi utara Sukabumi dipagari dengan kegagahan gunung Salak di sebelah barat dan gunung Gede Pangrango di sebelah timur. Bentang pegunungan menghadirkan banyak mata air yang menjadi hulu berbagai sungai yang mengalir ke arah dataran dan pantai si sisi selatan. Berbagai aliran mata air atau sungai tersebut menghadirkan berbagai sensasi wisata air, mulai situ atau telaga, curug atau air terjun, termasuk kerimbunan hutan lindung di sekitar daerah aliran sungai.

Selabintana merupakan nama suatu kawasan di sisi timur laut Kota Sukabumi. Meskipun secara topografi tempat tersebut sudah menanjak di kaki gunung Gede, namun jaraknya dari pusat kota tidak lebih dari 7 km. Jalan penghubung menuju kawasan tersebut juga merupakan jalan beraspal yang cukup memadai bagi pengunjung yang berkendaraan sendiri, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Adapun bagi pengunjung biasa yang tidak berkendaraan sendiri, Selabintana dapat diakses menggunakan angkot berwarna merah ngejreng jalur nomor 10. 

Lalu apa menariknya Selabintana? Karena letaknya di kaki gunung, Selabintana menghadirkan kesejukan dan keasrian yang terhembus dari kawasan hutan rimba raya yang menghijau di sekitarnya. Udaranya yang segar dan bersih menjadikan tempat ini sangat dirindukan oleh pengunjung yang dalam rutinitas kesehariannya senantiasa bergumul dengan panasnya udara perkotaan. Tempat ini sangat cocok untuk merefresh jiwa dan pikiran kita dari berbagai beban pekerjaan ataupun rutinitas lainnya. Kembali ke alam, demikian barangkali ungkapan yang paling pas ketika kita memutuskan untuk berkunjung ke Selabintana.

Selabintana5  Selabintana4

Sebagai sebuah daerah tujuan wisata, Selabintana menghadirkan Taman Rekreasi Selabintana. Ada apa saja di taman tersebut?

Selabintana merupakan taman wisata yang merakyat. Hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5.000.,-, pengunjung dapat menjelajah area taman sepuasnya. Sebagai taman rekreasi yang terbuka untuk masyarakat umum, sajian utama taman ini adalah padang rumput luas yang dipagari keteduhan pepohonan di tepiannya. Pepohonan hijau nan tinggi menjulang yang ada diantaranya pohon pinus, damar, cemara, beringin, mahoni, dan lain sebagainya.

Pengunjung dapat mengitari luasnya padang rumput sambil bersenda gurau dengan keluarga atau teman sambil menguhirup udara segara yang tiada habis-habisnya. Jika lelah menjelajah dan merasa haus, tidak perlu khawatir karena di area terbuka tersebut terdapat puluhan penjaja minuman dan makanan ringan. Pengunjung juga dapat beristirahat santai, melepas lelah, menikmati sajian minuman dengan berlesehan di atas tikar yang tergelar di bawah kerindangan pepohonan. Harga sewa tikar sangat terjangkau, hanya Rp 15.000,-.

Selabintana6

Selabintana1 Selabintana7

Taman Wisata Selabintana juga dilengkapi dengan dua buah kolam renang ukuran besar, masing-masing diperuntukkan bagi pengunjung anak-anak dan orang dewasa. Di area kolam renang terdapat berbagai wahana air yang siap memanjakan keceriaan pengunjung yang ingin berbasah ria. Ada plosotan tinggi, ember tumpah, ayunan, air mancur, hingga jalur terowongan air. Meskipun dikenakan tiket tambahan untuk memasuki area wisata air, namun pengunjung tetap membludak karena wahana ini merupakan salah satu tujuan favorit bagi pengunjung.

Taman Wisata Selabintana sebenarnya merupakan sarana dan prasarana pelengkap bagi Hotel Selabintana. Hotel dengan konsep kesatuan antara penginapan, tempat meeting, gathering, dan alam ini senantiasa dipenuhi oleh pengunjung dari luar kota Sukabumi. Setiap kesempatan libur sekolah atau akhir pekan, banyak pengunjung luar kota yang sengaja ingin menikmati sensasi menginap di tengah keteduhan alam gunung Gede dengan menginap di Hotel Selabintana. Di samping diperuntukkan menjadi sarana meeting, hotel ini juga sangat friendly untuk memanjakan keluarga lengkap dengan semua anggotanya.

Pensaran dengan sensasi Taman Selabintana? Jangan lupa mampir ke tempat ini jika Anda dan keluarga berkesempatan mengunjungi Kota Sukabumi.

Lor Kedhaton, 4 Januari 2016

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Alam dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s