Taman Sari, Hotel Hijau di Sukabumi


Mengunjungi sebuah tempat tujuan baru untuk pertama kali tentu membawa rasa penasaran untuk mengeksplorasi berbagai sudutnya. Sejam dua jam, tentu tidak akan cukup sehingga kita membutuhkan waktu untuk menginap. Menikmati suasana pagi, siang, senja, hingga malam di suatu tempat baru tentu merupakan pengalaman yang sungguh lengkap dan utuh.

Hotel Taman Sari1 Hotel Taman Sari4

Dalam kunjungan keluarga kecil kami ke kota kelahiran Desi Ratnasari alias Sukabumi, kami sempat menginap dua malam di Hotel Taman Sari. Hotel yang terletak di ujung Jalan Suryakencana arah Selabintana ini merupakan hotel dengan konsep taman hijau. Istilah kerennya green hotel. Seperti apakah nuansa alam yang dihadirkan di hotel yang juga mengusung arsitektur unik perpaduan gaya sunda dan eropa sekaligus? Berikut sedikit gambarannya.

Dari informasi yang tersaji di internet, baik kesan atau ulasan yang ditulis oleh para pengunjung sebelumnya, maupun yang disampaikan melalui situs resmi hotel di sini, kami memutuskan untuk menginap di Hotel Taman Sari Sukabumi ini. Ada beberapa pertimbangan yang mendasarinya. Pertama, tentu saja tertarik dengan konsep green hotel sebagaimana diperlihatkan dari berbagai foto yang mengeksplorasi setiap sudut area hotel yang nampak ijo royo-royo, sangat segar, sangat hidup, sangat asri dan pastinya so nature. Jadi unsur kedekatan nuansa yang sealamiah mungkin menjadi pertimbangan utama kami.

Kedua, letak Hotel Taman Sari menurut hemat kami cukup strategis di sudut kota Sukabumi. Hotel ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, namun sudah sedikit minggir di sisi utara dan mengarah ke jalur Selabintana yang terletak di lereng Gunung Gede. Dari stasiun kereta api, terminal, mapun pusat kota jarak hotel tidak lebih dari 2 km. Untuk bermobilisasi dengan kendaraan umum, ada beberapa jurusan angkutan kota yang sangat bisa diandalkan. Kamipun senantiasa bepergian dengan angkot andalan yang berwarna merah maupun kuning.

Hotel Taman Sari3

Pertimbangan selanjutnya, keasrian hotel dengan konsep greeny garden semakin nampak eksotik dengan paduan gaya arsitektur yang unik. Beberapa bangunan dirancang dengan gaya kastil khas istana maupun benteng di Eropa. Dengan paduan dinding bata merah yang sengaja tidak diplester, gaya ini memberikan kesan klasik sekaligus modern. Kamar-kamar ditata sedemikian dalam flat bertingkat dengan atap tumpang khas Nusantara maupun bergaya minimalis, dan ada pula yang dibangun sebagai pondok asri di tengah rerimbunan pepohonan serta semak perdu yang semakin memberi kesan asri nan sejuk.

Ada pula keunikan mengenai penamaan kamar penginapan yang ada. Untuk lebih membumikan kesan alamiah dan kesegaran hijaunya suasana taman sari, kamar-kamar diberi nama dengan nama-nama bebungaan. Ada bougenvile, edelweis, teratai, flamboyan, juga area swan valley di sisi ujung bawah.

Hotel Taman Sari7  Hotel Taman Sari8

Hotel Taman Sari2

Di sisi tengah yang berseberangan dengan kastil resepsionis dan area parkir kendaraan tamu, terbentang area taman hijau. Di bagian depan terdapat beberapa gasebo yang berdiri anggun dan menghadirkan keakraban khas urang sunda dengan menyandang nama para tokoh punakawan, ada Semar, Dawala, Cepot, dan Bagong. Ada pula saung-saung kafe yang juga diberi nama para tokoh wayang. Tepat di belakang deretan gasebo terdapat lapangan rumput hijau yang dilengkapi dengan beberapa sarana permainan untuk anak-anak, seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan kursi putar.

Di bagian tengah agak ke belakang terbentang kolam renang. Ada kolam renang berbentuk lingkaran dengan kedalaman dangkal yang dikhususkan untuk anak-anak balita. Arena ini sangat cocok sebagai tempat anak-anak bermain riang penuh keceriaan dengan berbasah ria. Adapun bagian yang lain merupakan kolam renang dalam yang dipergunakan untuk para remaja maupun orang tua yang memang ingin berenang.

Hotel Taman Sari5  Hotel Taman Sari6

Sebagai hotel berkelas, Hotel Taman Sari tentu saja memiliki berbagai fasilitas sesuai standar internasional. Ada meeting room, sport and health centre, bisnis center, restoran, bahkan fitness and spa. Dengan mengusung berbagai keunikan dalam nuansa asri taman yang segar menghijau, Hotel Taman Sari merupakan hotel dengan tarif yang terjangkau. Jika bersempatan mengunjungi Sukabumi, tiada salahnya jika mencoba menginap di hotel ini. Rasakan sensasinya dan nikmati suasananya.

Lor Kedhaton, 30 Desember 2015

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s