Nuansa India di Little India Singapura


EMPAT HARI TIGA MALAM DI SINGAPURA (14)

Di samping etnis Tionghoa dan Melayu, etnis India juga merupakan bagian dari warga atau masyarakat Singapura. Masyarakat India di Singapura kebanyakan merupakan penganut agama Hindu. Kepercayaan, tradisi, dan budaya yang berlandaskan ajaran agama Hindu ini selanjutnya menjadi ciri khas masyarakat India di Singapura. Kawasan yang semenjak awal perkembangan negeri Singapura menjadi tempat tinggal warga India hingga saat ini dikenal sebagai kawasan Little India.

Little India1

Kawasan Little India dibelah oleh jalur utama Serangoon Road. Dari jalan utama ini di sisi kanan-kirinya terdapat gang-gang lebih kecil yang menghubungkannya ke pedalaman kampung yang dihuni warga India. Di sepanjang Serangoon Road dan gang-gang kecil inilah berderatan toko-toko dengan berbagai ragam dagangan khas Indianya. Aroma rempah-rempah yang menjadi andalan masakan ala India Selatan akan segera terhirup dengan sangat kuatnya tatkala kita menjelajahi kawasan New Delhi-nya Singapura ini.

Masyarakat India merupakan satu diantara masyarakat dengan peradaban dan kebudayaan yang sudah sangat tua. Tak mengherankan jika dimanapun keberadaan masyarakat keturunan India, identitas tradisi dan budayanya senantiasa melekat dan tak lekang ditelan jaman. Meskipun tidak benar-benar sedang berada di daratan India, kita akan merasakan auro dan nuansa India di Little India Singapura ini.

Little India2 Little India3

Bagi wisatawan yang gandrung dengan sari atau busana kaum perempuan khas India, di Little Indialah tempat yang paling pas untuk mendapatkannya dengan harga miring. Soal pilihan warna, potongan, maupun ukuran, tidak perlu khawatir karena di sini dijajakan banyak pilihan. Untuk anak-anak, dewasa, hingga nenek-nenek dengan warna hijau, biru, krem, merah, pink, bahkan kuning. Aneka warna-warni gelang dan manik-manik yang biasa menghias dan menambahkan keanggunan wanita India juga banyak dijual di kawasan ini.

Tidak hanya aneka barang khas India, keunikan cita rasa budaya India juga turut hadir melalui berbagai sajian kuliner khasnya. Banyak restoran dengan menu masakan India berada di beberapa sudut jalan. Nasi kari dengan sajian lengkap ayam bumbu pedas yang dibalur kuah santan kentalnya pasti membuat hidung kembang kempis bagi siapapun yang menghirup asap aromanya. Roti prata yang merupakan makanan berupa roti yang dicetak rata mirip dengan pizza yang dimakan dengan dicocol pada saus kental juga menjadi sajian unik tersendiri. Tentu saja aneka hidangan yang lain juga banyak tersedia. Hal ini menjadi beberapa sudut kawasan Little India menebarkan aroma semerbak bau rempah-rempah yang sangat khas.

Little India4

Sebagaimana di negara leluhur mereka, warga etnik India di Singapura juga mayoritas merupakan pemeluk agama Hindu. Nuansa religiositas khas Hindu tentu saja sangat terasa di kawasan Little India. Di beberapa sudut kawasan terdapat kuil pemujaan Hindu dengan ciri khas deretan pajangan patung dewa-dewi pada mahkota gerbang, dinding keliling, maupun di atap bangunan utama kuil. Sebagai tempat yang sakral, tentu saja akses masuk ke dalam kuil untuk ummat non-Hindu juga dibatasi. Selain harus melepas alas kaki, pengunjung juga dikenakan kain penutup bawahan khususnya untuk pengunjung wanita dan pria yang mengenakan bawahan atau celana pendek. Tentu saja kesempatan ini diberikan pada saat tidak sedang dilakukan persembahyangan di dalam kuil. Salah satu kuil terbesar di kawasan Little India terdapat di samping Hotel Imperial tepat di sisi tengah ruas Serangoon Road.

Little India5

Di samping mayoritas masyarakatnya memeluk agama Hindu, warga Little India juga ada yang memeluk agama Islam. Eksistensi golongan ini terlihat dengan adanya Masjid Angullia di ujung Serangoon Road. Dengan gaya arsitektur yang sangat sederhana, berdinding cat kuning dan bermahkota kubah juga warna kuning emas, keberadaan masjid ini seolah menjadi oase tersendiri bagi pengunjung muslim yang kebetulan sedang berkunjung ke Little India. Meskipun sederhana dan tidak terlalu besar, namun Masjid Angullia nampak anggun memancarkan kewibaannya.

Little India6

Little India7

Satu lagi hal unik dan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi kawasan Little India, yaitu keberadaan sebuah toserba yang senantiasa buka selama 24 penuh untuk melayani para pelanggannya. Itulah toserba Mustafa Center yang berlokasi tepat di belakang Serangoon Plaza. Dari barang sembako kebutuhan sehari-hari, aneka produk konveksi, perhiasan, barang antik, cinderamata, hingga peralatan elektronik tersedia di Mustafa Center. Dengan komitmen pelayanan prima terhadap setiap pelanggan, jaminan keamanan dan kenyamanan, kelengkapan aneka barang yang ditawarkan, serta layanan non stop menjadikan Mustafa Center senantiasa ramai dengan pengunjung. Jika ingin merasakan sensasi nan unik, akan lebih khitmad jika berkunjung ke Mustafa Center pada jam dini hari. Tentu hal tersebut akan menjadi momentun dan kenangan yang tidak akan pernah terlupakan.

Lor Kedhaton, 23 September 2015

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s