Orange Bus, Cara Cerdas Kelilingi Sentosa Island


EMPAT HARI TIGA MALAM DI SINGAPURA (11)

Orange Bus1

Sentosa Island mungkin memang bak selebar daun kelor. Secara keseluruhan luas pulau kecil di sisi selatan pulau utama Singapura ini mungkin tidak lebih besar dari satu luasan kelurahan. Namun demikian, untuk dapat mengelilingi dan menapaki setiap sudut yang memiliki atraksi wisata menarik tentu saja sangat melelahkan bila dilakukan dengan jalan kaki. Terlebih di bagian tengah, pulau tersebut memiliki kontur topografi yang tidak rata alias naik-turun. Lalu adakah trik yang jitu bagi pengunjung yang ingin sekedar shopping windows di semua sudut pulau tanpa terlalu lelah dan berbiaya murah meriah?

Bagi pengunjung Sentosa Island yang mengendarai mobil sendiri, tentu tidak ada masalah untuk beralih dari satu destinasi wisata ke destinasi yang lain. Demikian halnya untuk pengunjung yang datang bersama rombongan dengan paket wisata yang diantar dengan mobil travel. Tetapi bagaimana dengan perseorangan maupun rombongan yang sedari awal datang dengan moda transportasi umum di Sentosa Island? Keliling naik taksi? Tentu saja bisa, tetapi kita semua tahu tarif taksi di Singapura lumayan menguras kantong traveler jika tidak benar-benar ada alternatif sarana transportasi yang lain.

Jawaban dari berbagai pertanyaan di atas adalah Orange Bus. Bus angkutan khusus yang melayani rute keliling sudut-sudut Sentosa Island ini memang benar-benar berwarna orange khas seperti warna buah jeruk yang telah masak. Hebatnya lagi, tidak hanya bertarif murah nan terjangkau, justru Orange Bus ini dioperasikan sebagai Sentosa Shuttle Bus dengan tarif percuma alias gratis atau free. Sungguh sebuah rejeki nomplok bagi para wisatawan luar negeri berbadjet pas-pasan sebagaimana umumnya para personal traveler.

Orange Bus4

Jika untuk memasuki Sentosa Island dari pulau utama Singapura, ada pilihan jalan kaki melalui Bridge Walk yang menyehatkan raga dan kantong, maka kehadiran Orange Bus merupakan fasilitas yang tentu diapresiasi sangat tinggi oleh para pengunjung.

Untuk dapat menggunakan jas transportasi Orange Bus sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa titik lokasi strategis yang menjadi terminal ataupun tempat pemberhentian Orange Bus. Terminal utama Orange Bus yang sekaligus berfungsi sebagai transfer hub yang menyambungkan Orange Bus dengan Sentosa Express adalah Beach Station di ujung selatan pulau yang merupakan stasiun monorail terakhir. Dari lokasi ini, pengunjung dapat mempergunakan Orange Bus dengan tiga jalur layanan yang berbeda. Orange Bus yang bernama resmi Sentosa Bus memiliki tiga jalur, masing-masing Sentosa Bus 1, Sentosa Bus 2, dan Sentosa Bus 3.

Orange Bus2

Sentosa Bus 1 melayani rute dari Beach Station, melewati Siloso Point, Artillery Avenue, Resort World Sentosa (Basement 1), serta Merlion Sentosa. Adapun Sentosa Bus 2 dari Beach Station melayani rute ke Artillery Avenue, Resorts World Sentosa (Basement 1), Merlion Sentosa, dan Imbiah lookout. Adapun jalur terkakhir yaitu Sentosa Bus 3 merupakan shuttle bus dengan jangkauan layanan yang paling lengkap, dari Beach Station akan melewati Artillery Avenue (opp Amara Sanctuary), Serapong (Inbound), W Singapore, Sentosa Cove Village, Serapong (Outbound), Allanbroke (Inbound), Palawan Beach, Allanbroke (Outbound), Sentosa Golf Club, The Singapore Resorts and Spa, Ficus, Artillery Avenue (Amara Sanctuary), Merlion Sentosa, dan kembali ke Beach Station. Selain naik di terminal utama Beach Station, di setiap pemberhentian bus pengunjung dapat naik-turun dengan leluasa. Tempat pemberhentian bus dapat dikenali dengan halte di pinggiran jalan yang dilengkapi dengan rambu bergambar Orange Bus.

Mengenai ketepatan waktu kedatangan, keberangkatan, dan perjalanan, Orange Bus dengan jumlah armada yang cukup banyak tentu saja sangat handal. Untuk Sentosa Bus 1, bus akan datang dalam selang waktu antara 10-15 menit. Untuk Sentosa Bus 2, frekuensinya antara 15-20 menit. Adapun Bus Sentosa 3 dengan rute perjalanan yang paling panjang menetapkan frekuensi layanannya setiap 35 menit. Jangan bandingkan dengan Jakarta, tentu sistem transportasi di Singapura jauh lebih presisi dan disiplin dalam memberikan kepuasan layanan kepada setiap pelanggannya. Terlebih untuk para wisatawan luar negeri yang mengalir deras untuk mengucurkan devisa ke negeri terkaya di Asia Tenggara ini.

Orange Bus3

Keberadaa shuttle bus yang memeberikan layanan prima secara gratis di Sentosa Island merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pengunjung yang sekaligus akan berdampak positif sebagai promosi yang sangat efektif. Setiap pengunjung akan memiliki kesan dilayani sebagaimana layaknya seorang tamu terhormat. Dengan tidak harus menguras kocek lagi, tentu saja layanan gratis akan menjadi sebuah kenangan manis yang tidak terlupakan. Hal yang sama juga dilakukan pemerintah Bandar Raya Kuala Lumpur dengan bus GoKL-nya.

Hal sederhana sebagaimana contoh layanan Orange Bus di Sentosa Island ini seharusnya mulai dipikirkan untuk diterapkan di berbagai lokasi wisata dengan kawasan yang luas, semisal di Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Candi Borobudur ataupun Prambanan, ataupun tempat lain sejenis. Kalau mereka mampu dan mau memberikan layanan gratis yang memanusiakan pengunjung tersebut, kenapa di tanah air belum ya? Semoga bisa menjadi bahan renungan para pembuat kebijakan dan pengelola wisata di tanah air.

Ngisor Blimbing, 13 September 2015

Iklan

Tentang sang nanang

Hanyalah seorang anak kecil yang belajar menelusuri lika-liku kehidupan di jagad maya
Pos ini dipublikasikan di Jagad Wisata dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s